Ternak Belatung BSF

Ternak Belatung Pakan Ikan dan Unggas – Bagi Anda yang belum mengenal magot atau maggot atau belatung atau magot yang jika disederhanakan adalah anak lalat BSF. Budidaya Belatung BSF bisa menggunakan bermacam-macam media, Ampas tahu salah satunya

Lalat BSf atau black soldier fly adalah serangga dengan segudang manfaat dan banyak di kembangbiakan di berbagai negara sejak puluhan tahun yang lau secara profesional

Budidaya Belatung BSF di Indonesia

ternak-belatung

Sebenarnya di Indonesia sendiri, Ternak belatung sudah ada sejak lama, namun sayangnya belum di kembangkan dengan baik, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk budidaya belatung BSF yang umumnya kotor, jorok, bau dan hasilnya cuma sedikit.

Selama ini masyarakat dalam benaknya hewan nini sangat menjijikan. Hal ini tidak salah karena belatung hidupnya di tempat kotor seperti tempart sampah, di kotoran ternak atau limbah busuk yang berserakan dimana-mana.

Di habitat aslinya magot hiidup dengan memakan semua jenis sampah organik seperti sampah, limbah, kotoran hewan dan lain sebagainya yang bersifat organik termasuk bangkai.

Budidaya Belatung Jaman Now

Budidaya larva jaman now sudah tidak sama lagi dengan budidaya magot BSF jaman sebelumnya. Budidaya larva jaman now yaitu budidaya larva tanpa bau.

Dengan metode yang telah disempurnakan dengan teknologi dan metoda yang sangat sederhana saat ini sudah ada ternak magot tanpa bau, tanpa obat-obatan tanpa mesin .

Yang hasil berlimpah untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak ikan danunggas, murah biaya produksinya dan di jamin pemasarannya.

Jenis Belatung

Jenis magot atau maggot sangat banyak , Namun yang di maskud disini adalah ternak magot bsf atau black soldier fly. Lalat BSf di budidayakan banyak orang bahkan di berbagai negara karena lalat BSF tidak membawa wabah penyakit seperti lalat hijau dan lalat rumah yang berwarna abu-abu.

Sehingga lalat BSF aman bagi manusia dan bermanfaat bagi peternak uantuk diambil maggotnya dan dijadikan pakan ternak ikan dan unggas.

Lalat BSF Bukan Yang Lain

ternak-belatung

Perlu di perhatikan sejak awal bahwa yang dikembangkan adalah lalat bsf bukan lalat hijau yang membawa wabah penyakit. Mengapa ternak belatung menjadi solusi bagi peternakan ikan dan unggas, selain karena lalat BSf aman bagi manusia, magot atau magot mengandung kaya nutrisi lengkap asam amino dan tinggi proteinnya mencapai 56%.

Budidaya Belatung Tidak Sulit

Untuk budidaya larva BSF tidak sulit, Cukup sediakan bahan bahan organik seperti sampah pasar atau sampah rumah tangga atau limbah pabrik dan kotoran hewan. NBahan ini biasanya berlimpah dimana mana yang cukup menyediakan uang bensin untuk mengambilnya.

Dengan bahan organik tersebut yang cenderung nyaris gratis kita bisa memulai ternak magot. Ternak belatung selain menggunakan bahan tersebut juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti ampas tahu misalnya.

Budidaya Belatung Ampas Tahu

ternak-belatung

Mengapa budiidaya larva dengan bahan ampas tahu? Karena selain membantu mengurangi pencemaran sungai (pabrik-pabrik pembuat tempe yang tidak bertanggung jawab sering membuang ampas tahu dan limbahnya ke pabrik dan mencemarisungai). Padahal ampas tahu kering masih mengandung nutrisi yang cukup baik untuk di jadikan media budidaya magot seperti:

  • Protein (22,55 persen),
  • Lemak (5,74 persen),
  • Karbohidrat (28,92 persen),
  • Abu (17,73 %),
  • Serat kasar (16,73 %) dan
  • Air (11,43 %).

Cara Budidaya Belatung BSF Untuk Pakan Ternak

ternak-belatung

Alat dan Bahan

  • 1 Buah ember atau wadah lain
  • 60 kg Ampas tahu
  • 30 Kotoran ternak (ayam atau kambing atau sapi)
  • Air secukupnya
  • Pengaduk kayu

Cara Pembuatan

  • Campur semua bahan ke dalam wadah dan aduk-aduk
  • Tutup wadah dengan daun pisang untuk lalatbsf bertelur
  • Simpan ditempat teduh dan terlindung dari hujan
  • Setelah 2-3 minggu larva sudah siap dipanen.

Cara Panen Maggot

ternak-belatung

Cara panen magot bisa menggunakan cara mencampurkan air ke dalam media kultur, lalu disaring dan pisahkan antara larva dengan media kultur. magot segar siap diberikan pada ternak

Tips:

Jika Anda ingin menhasilan 60 sampai 70 kg maggot maka setidaknya Anda harus menyiakan bahan-bahan diatas sebanyak totalnya sekitar 100 – 110kg media kultur

Baca Juga:

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This