Logo Yurie Budidaya Maggot

Free Download APK

Telur Maggot BSF Untuk Hasil Maximal Jangan di Kerok

oleh | Jul 28, 2020

Telur Maggot BSF

BSF setelah memasuki usia dewasa, kemudian akan kawin dan beberapa hari kemudian akan bertelur. Induk lalat BSF ini kemudian akan mencari tempat yang cocok untuk meletakan telur-telurnya.

Dalam satu telur biasanya berisi antara 500 sd 900 ekor maggot. Telur ini disebut juga dengan cluster. Jumlah tersebut akan bervariasi tergantung pada pola pakan saat BSF selama masih dalam fase maggot / larva / belatung.

Tidak seperti layaknya lalat rumah / lalat hijau, Telur BSF di letakan oleh induknya tidak diatas media langsung tetapi diatas media. Hari pertama telur-telur BSF ini masih berwarna putih bersih. Kemudian berangsur-angsur berubah berwarna kuning. Setelah kurang lebih 2 sd 3 hari kemudian telur ini akan menetas.

Alat Telur BSF

Alat atau bahan untuk menampung telur BSF bisa menggunakan berbagai jenis bahan seperti:

  • Kardus
  • Daun pisang kering,
  • Bambu,
  • Kayu
  • Plastik
  • Dll

Yang di buat sedemikian rupa untuk menampung telur BSF

Ciri Telur Maggot BSF Sudah Menetas

Untuk mengetahui telur BSF sudah menetas, dapat dilihat dari fisik telurnya, Telur BSF akan terlihat pecah berantakan dan berwarna orange tua dan kering.

Untuk menjaga kualitas telur ini, sebaiknya disediakan alat berupa daun pisang kering / potongan kardus / infra board / potongan kayu atau apa saja yang mudah didapat disekitar rumah.

Dalam budidaya BSF, alat yang manapun digunakan selalu berorientasi kepada penggunaaan jangka panjang, dan ekonomis. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya kerusakan / kegagalan telur dalam proses penetasan.

Induk Lalat BSF Terbaik

Induk BSF sebaiknya diperoleh dari:

  • Telur terbaik sebenarnya yang berasal yang dari alam. Hanya saja disebagian tempat BSF agak sulit ditemukan.
  • Atau telur BSF yang berasal dari peternakan yang membudidayakan dengan pola modern, Biasanya dapat dilihat dengan mendatangi langsung peternakan BSF tersebutAtau bisa juga dengan melakukan pencaharian di google atau youtube atau facebook.
  • Penting untuk memastikan mendapatkan telur unggul karena hasilnya juga bisa lebih terjamin.
  • Hindari membeli telur dari peternak yang cara peternakan masih tradisional, Karena selama masa pemeliharaan maggot hingga menjadi bibit hanya diberi makan sampah saja / limbah saja / kotoran hewan saja.
  • Pola manajemen pakan seperti ini akan menghasilkan indukan yang mudah mati dan kualitas telurnya juga rendah. Belum lagi tingkat kematian maggot saat menetas.
  • Harap dipertimbangkan masak-masak jika ingin membeli telur dari peternak yang menggunakan media bekatul atau dedak, bekatul rendah nutrisi.
  • Bekatul tidak diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup untuk memacu pertumbuhan maggot. Walaupun bekatul tersebut sudah melalui proses fermentasi.
  • Maggot juga membutuhkan nutrisi yang cukup, untuk itu bisa diberikan pakan campuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi maggot.

Maggot GUTLOAD

Maggot memiliki kemampuan yang sering disebut dengan GUTLOAD. Artinya apa yang dimakan maggot maka nutrisi nya juga akan terbawa dalam tubuh maggot. Sehingga saat diberikan sebagai pakan ternak lele atau lainnya nutrisinya akan maximal.

Maggot yang seperti ini nantinya menghasilkan kualitas telur yang unggul.

Faktor Penentu Kualitas Telur

Faktor yang perlu diperhatikan dalam perawatan telur-telur BSF adalah

  • Suhu
  • Kelembaban udara
  • Terhindar dari predator
  • Kualitas media dan lain lain

Fase perawatan telur-telur BSF ini sering juga disebut dengan nursery. Dimana di fase ini dibuat suatu sistem yang dapat memenuhi semua faktor diatas agar telur BSF dapat menetas dalam jumlah maximal.

Suhu memegang peranan yang cukup penting. Faktor suhu sangat berpengaruh terhadap perkembangan penetasan telur-telur BSF. Jika suhu udara dapat dijaga maka waktu penetasan menjadi semakin singkat.

Telur-telur BSF membutuhkan suhu tertentu sehingga ketika telur menetas diperoleh maggot yang berukuran lebih besar dengan jumlah yang maximal pula. Suhu optimum yang baik untuk penetasan telur adalah sekitar 29° – 32° celsius.

Proses Menetaskan Telur Maggot BSF

Selama proses penetasan, telur-telur BSF membutuhkan suhu yang konsisten. Pengaturan secara terstuktur tentunya dengan menyediakan ruangan nursery secara khusus.  Untuk awal bisa saja menggunakan yang menyerupai taget idealnya

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan:

  • Memberikan aerasi dengan membuat lubang di dinding wadah jika type wadah tertutup.
  • Perhatikan bahan wadah, pemilihan bahan wadah harus disesuaikan dengan suhu udara di lingkungan masing masing.
  • Artinya jika Anda di daerah pegunungan dan dipesisir pantai tentunya memerlukan wadah dengan type yang berbeda untuk menjaga suhu yang stabil.
  • Jaga suhu wadah tetap “hangat” dan “hidup” dengan menambahkan bahan media.

Pencegahan Serangan Penyakit Pada Telur BSF

Telur- telur BSF akan menetas dalam waktu 2 – 3 hari setelah diletakan oleh induknya.Proses telur menetas akan terlihat dari perubahan warna telur. Dari hari pertama berwarna putih hingga akhirnya orange tua.

Untuk memperlancar proses penetasan, alat penampungan telur diusahakan terbebas dari mikroorganisme melalui beberapa upaya, yaitu:

  •  Memperhatikan alat jika ada jamur. Mudah terlihat secara kasat mata saat jamur berkembang biak.
  • Alat yang terkontaminasi dengan jamur ini akan mengurangi jumlah telur yang menetas.
  • Cara modern dengan memasukan dulu kedalam microwave untuk mensterilkan alat-alat
  • – Untuk menghindari adanya penyakit akibat pembusukan telur yang tidak menetas, maka lakukan pengecekan wadah agar tidak “berkeringat” dan basah.
  • Perlakuan ini dimaksudkan untuk memastikan alat-alat tersebut layak dijadikan sebagai media pemeliharaan telur.

Penting:

Jangan pernah melakukan pengerokan telur BSF. telur BSF sangat kecil dan mudah pecah. Jika Anda kerok, maka akan banyak telur yang pecah. Dan kemudian telur pecah tersebut kita kumpulkan dan tumpuk dalam bentuk gram.

Hal ini seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula Pikirkan baik-baik dan cerdaslah dalam bertindak!!!

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

About Yurie BSF

Decky Andrian pemilik Yurie BSF mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membuat Indonesia yang lebih bersih.

Dengan bantuan serangga lalat BSF. Yang mana maggot BSF anak dari BSF sejak ratusan tahun lalu terkenal sangat efektif mereduksi sampah organik dalam waktu sangat cepat.

Dengan pengalaman kerja diberbagai negara. Kami siap bersama-sama membangun bisnis maggot untuk Indonesia yang lebih makmur dan lebih bersih.

Salam HEMAT dan BERSIHLAH INDONESIAKU

Yurie BSF

Testimoni

  • Testimoni

7 Langkah Awal Budidaya BSF

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau