Cara Mendapatkan Telur Maggot BSF

telur-bsf

Cara Mendapatkan Telur Maggot – Serangga lalat bsf, terkenal karena membawa manfaat yang sangat banyak khususnya bagi peternak yang mengambil manfaat berupa larva anak lalat bsf untuk di jadikan pakan ternak ikan dan unggas. Budidaya magot marak karena terbukti tekan biaya pakan minimal 50%

Saat dewasa lalat bsf kawin dan dalam waktu 2 – 4 hari kemudian bertelur, telur BSF dalam satu cluster berjumlah sebanyak 500 – 900 butir telur. Telur bsf ini kemudain menetas dan berubah menjad magot atau larva atau maggot atau belatung. magot kecil ini setelah dua sampai tiga minggu akan berubah menjadi pupa dan kemudian berubah kembali menjadi lalat bsf.

Yang banyak dimanfaatkan oleh peternak adalah magot nya yang kemudian diberikan sebagai pakan ternak baik diberikan secara langsung maupun di oleh dulu menjadi pasta maggot, tepung maggot dan pelet maggot. Dengan mengambil manfaat dari lalat bsf, khususnya telur bsf, peternak bisa menghemat pakan hingga lebih dari 50%.

Hal ini tentu saja menjadi solusi jitu dalam menekan biaya pakan produksi ternak. Dan kita beruntung berada di Indonesia yang beriklim tropis. Karena di iklim tropis lalat bsf dapat berkembang biak dengan baik.

Cara Mengundang Lalat BSF

lalat-bsf

Black soldier fly atau lalat tentara hitam seperti terlihat dalam gambar berwarna hitam berkilat. Tubuhnya panjang dan lebih besar di bandingkan lalat hijau. Lalat bsf mudah di temukan di area yang banyak sampah organi, kotoran ternak atau limbah pabrik.

Jika Anda ingin membudidayakan lalat BSf. Pastikan sejak awal sudah kenalan dengan lalat BSf. karena bagi pemula seringkali yang di ternak lalat hijau. Ini kesalahn awal yang sering terjadi. Oleh karena nya perhatikan perbedaan kedua lalat tersebut.

Berikut adalah lalat hijau. jangan yang seperti ini ya yang di ternak karena membawa wabah penyakit seperti penyaklit diare dan kolera.

Lalat BSF Vs Lalat Hijau

lalat-bsf-vs-lalat-hijau

Budidaya magot bsf tidak sulit, Cara mendapatkan telur maggot cukup sediakan sampah atau limbah atau kotoran ternak. Salah satu cara belajar budidaya magot bsf adalah dengan mempelajari daur hidup atau siklus hidup black soldier fly. Dengan demikian Anda bisa belajar proses budidaya magot bsf secara garis besar mulai dari bentuk lalat bsf hingga menjadi pupa atau kepompong dan kemudain berubah menjadi lalat bsf dewasa.

(siklus BSF)

Fase Lalat BSF

budidaya-maggot-lalat-bsf
Lalat bsf hidupnya singkat antara 5 -8 hari. Selama hidup menjadi lalat bsf tidak makan dan mengandalkan lemak dan nutrisi yang di simpan selama menjadi magot.

Fase Telur

telur-lalat-bsf

Telur BSF bentuk nya sangat kecil-kecil hanya dengan mikroskop kita bisa menghitung jumlahnya. Dalam satu cluster telur bsf sebenarnya berjumlah antara 500 – 900 butir telur yang disusun sedemikian rapi nya oleh induk bsf. Susunan telur tersebut rapi nya bisa mengalahkan susunan beras bulog.

Telur BSF akan menetas menajdi magot setelah rata-rata empat hari setelah diletakan oleh induknya. Lama hari bisa bervariasi satu dua hari tergantung dari iklim setempat.

Fase Magot

magot

Magot BSF hidup lebih lama di tempat sampah atau kalau ditempat budidaya magot bsf di tempat atau wadah yang disiapkan dan sering di sebut sebagai BioTong.

Larva maggot hidup sekitar tiga minggu atau empat minggu dan makan dengan rakus sampah, limbah dan kotoran ternak. Sampah, limbah dan kotoran ternak berfungsi ganda yaitu sebagai pakan dan sebagai tempat tinggal magot.

Fase Pupa

prepupa

Setelah dewasa maggot akan migrasi dan pindah untuk kemudian berubah menjadi kepompong. Ciri magot dewasa adalah magot telah berubah warna menjadi hitam pekat. Di fase ini sekitar 7 hari mereka akan berubah menjadi pupa atau kepompong.

Fase Pupa atau Kepompong

pupa-kepompong-bsf

Di fase ini maggot terlihat terbujur kaku dan menunggu waktu sekitar tujuh hari dan kemudian berubah menjadi lalat BSF

Nah sekarang Anda sudah tahu proses daur hidup magot. Oleh peternak, magot-maggot ini kemudian di berikan pada ternak ikan atau unggas mereka.

Cara mengolah magot menjadi pakan ternak, bisa diolah dulu menjadi pasta magot, tepung magot atau pelet magot atau juga bisa diberikan kepada ternak ikan dan unggas atau reptil dalam bentuk segar atau hidup.

Jika Anda merasa kesulita menemukan lalat BSF, berikut cara mengundang mereka dan kita ambil telur nya untuk ditetaskan menjadi magot.

Langkah Mengundang Lalat BSF

Perlu diketahui banyak cara mengundang lalat bsf dari alam. Dan cara mendapatkan telur maggot sebagai berikut:

Bahan Budidaya Magot BSF

  • Sampah pasar berupa buah dan sayuran
  • Kotoran ternak (sapi, ayam, kambing, kelinci, puyuh dll)
  • Limbah (ampas tahu, lumpur sawit, bungkil kelapa sawit , bagloh jamur dll)
  • Limbah usus ayam, jeroan, sisa ikan dll

Cara Kerja Budidaya Magot BSF

  • Campur semua bahan kedalam wadah
  • Wadah bisa berupa ember atau drum atau bak semen.
  • Tutupi wadah dengan kayu, karton, daun pisang kering tempat BSf bertelur

Dalam beberapa hari lalat BSf akan datang dan bertelur. Proses nya cepat dan lambatnya tergantung dari kondisi lingkungan, Jika di daerah perkotaan yang padat penduduknya lalat bsf koloninya sedikit jadi pasti datangnya lebih lama dibandingkan daerah yang lingkungan sekitarnya masih rimbun pepohonan

Telur Lalat BSF Menetas

Setelah kita mendapatkan telur BSF dalam waktu 2 – 4 hari telur-telur tersbut akan menetas menjadi larva. Dan tempatkan pada wadah untuk ditetaskan.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This