Budidaya Belatung, Peluang Maggot dan Potensi Maggot Bisnis Belatung

Bisnis belatung – Belum banyak yang mengeluti bisnis belatung anak dari lalat bsf ini Padahal potensi maggot sangat besar, alasannya jelas karena bagi sebagian masyarakat, belatung adalah hewan menjijikan. Padahal bagi ternak ikan, unggas dan reptil belatung adalah layaknya daging ayam bagi manusia.

Peluang maggot sebagai pakan ternak sangat mengiurkan, pasalnya hampir sebagian besar peternak memerlukan pakan berkualitas agar pertumbuhan ternak mereka sesuai yang di harapkan. namun pakan berkualitas lengkap nutrisi dengan kandungan protein yang tinggi harganya tidak murah. Melihat permasalahan tersebut maka potensi maggot sebagai pakan ternak menjadi terbuka lebar.

Bagi Anda yang ingin budidaya belatung tidaklah memerlukan teknologi tinggi, cara nya mudah saja dengan menyediakan sampah organik sebagai pakan utama maggot.

Jika di kota Anda lalat bsf sulit didapat, Anda bisa membelinya dari peternak maggot. Untuk awal agar tidak menyulitkan proses budidaya belatung, sebaiknya nya yang dibeli untuk starter adalah bibit unggul maggot. Bibit unggul maggot berbeda dengan bibit maggot biasa.

Bibit unggul maggot di siapkan untuk di budidayakan kembali, sejak awal pemeliharaan memang sudah di siapkan dengan pakan yang berkualitas dengan tujuan saat di budidayakan oleh pembeli tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Bibit unggul maggot biasaya bisa di beli dipeternak yang sudah mendapat label lulus sebagai pem budidaya belatung bsf modern tanpa bau.

Bibit unggul maggot yang meraka jual sudah terseleksi dengan baik. Anda cukup tanyakan kepada mereka apa pakan untuk bibit unggul maggot nya. Jika jawabannya hanya sampah, limbah dan kotoran ternak, maka itu bukan bibit unggul maggot.

budidaya-belatung

Magot Kaya Nutrisi

Nutrisi yang terkandung dalam maggot tergantung pada apa yang mereka makan selama masa pertumbuhannya, Apalagi kalau bibit maggot nya berasal dari perawtan yang dibesarkan dengan bekatul atau dedak. Dapat dipastikan kualitasnya rendah.

Mengapa demikian ? Karena dedak atau bekatul rendah nutrisi dan rendah protein. Sehingga maggot yang di hasilakan juga berkualitas rendah.

Bisnis belatung yang mulai marak saat ini juga dengan efek samping peternak “jadi-jadian” yang ingin meraup keuntungan sesaat. Mengapa peluang magot begitu besar? Jawabanya karena selama masih ada peternak yang membutuhkan pakan untuk ternak nya maka potensi  maggot dan bisnis maggot terbuka lebar.

Mengapa Magot?

Karena magot kaya nutrisi! Magot atau belatung adalah anak dari lalat BSF (black soldier fly) Hermetia illucens. Ciri lalat BSF bentuk tubuhnya mimikri lebih menyerupai tabuhan trypoxylon politum, serangga sebangsa lebah. Serangga cantik ini habitat aslinya hidup di tempat yang beriklim tropis seperti Indonesia. Di iklim seperti ini black soldier fly dapat berkembang dengan baik.

Jika Anda minat belajar budidaya maggot untuk pakan ternak atau tertarik dengan potensi maggot, Panduan magot dibawah ini semoga bisa menjadi referensi praktek

budidaya-belatung

Mengapa Peternak Menyukai Magot?

Kandungan protein magot bisa mencapai 56% Kadar tinggi protein ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan protein pelet tokoyang hanya sekitar 20% – 25%.

Kadar tinggi protein angat penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan ternak ikan. Selain itu protein juga di butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan terhadap serangan berbagai penyakit.

Terbukti ikan tumbuh 3 kali lebih besar daripada ikan yang hanya di beri pelet pabrikan dan volume sel darah putih meningkat dari 2-juta sel/mm3 melambung jadi di atas 3-juta sel/mm3.

Selain itu terbukti daya tahan ternak ikan terhadap penyakit menjadi lebih kuat tahan banting.

Sel darah putih pada ikan adalah layaknya pasukan tempur yang bertugas menggempur penyakit. Sedangkan sel darah merah lebih bertugas untuk menyebarkan sari makanan ke seluruh tubuh ikan ini pun turut meningkat hingga 4.500 sel/mm3 dibandingkan dari sebelumnya hanya 2.800 sel/mm3. Artinya sari makanan dapat lebih diserap dengan cepat oleh tubuh ikan menjadi energi.

budidaya-belatung

Magot Memacu Pertumbuhan Ikan

Penelitian lain dari LRBIHAT adalah menggunakan ikan hias jenis botia chromobotia macracanthus telah terbukti menghasilan pada botia yang baru berumur sebulan setelah di berikan pakan maggot pertumbuhan ikan naik hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan ikan yang pakannya dengan pakan cacing tanah.

Hasil riset juga dilakukan pada ikan lele dan nila menunjukan hasil yang memuaskan. Dengan semakin terbukti magot bsf memberikan manfaat bagi perikanan dan peternakan, Menjadikan peluang maggot dan bisnis maggot bisa dipertimbangkan sebagai usaha terbaik di 2019.

Dampak lainnya bisa di lihat dengan menurun nya FCR ikan sebesar 0,26.

Untuk pembesaran bibit ikan sebanyak 4.000 ekor bibit di butuhkan pakan untuk dua bulan sebanyak 350kg.

Beli bibitnya ukuran 3 – 5 cm. dengan pola tersebut maka FCR nya adalah 1,1. dengan 50% pakan berupa magot.
Hasil yang didapat adalah Penghematan pakan sebanyak 63 kg.

Dengan asumsi harga pelet 30kg antara Rp190.000 – Rp200.000, Jadi bisa hemat Rp380.000 – Rp400.000.

Keunggulan maggot sebagai pakan ternak itulah yang menjadikan peluang maggot dan bisnia maggot menjadi incaran pebisnis di 2019.

budidaya-belatung

Budidaya Belatung Peluang besar 2019

Bisnis belatung yang dijadikan pakan ternak alami dan alternatif, karena dapat menggantikan tepung ikan sebagai sumber protein. data menunjukan tepung ikan impor dari berbagai negara mencapai US$200-juta setiap tahunnya.

Oleh karena peluang maggot sebagai sumber protein penggganti tepung ikan menjadikan bisnis belatung semakin menjanjikan.

Budidaya belatung mudah dibudidayakan. Media yang di gunakan adalah media yang banyak tersedia di lingkungan dan pilih ang biayanya nyaris gratis seperti sampah organik, limbah dan kotoran ternak.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This