Apa Potensi Belatung BSF?

Maggot merupakan salah satu pakan alternatif ternak yang saat ini mulai populer keberadaaanya. Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan budidaya maggot, bahkan peluang bisnisnya sangat terbuka lebar. Mengapa demikian? Karena maggot mulai dilirik masyarakat sebagai pakan alternatif pengganti tepung ikan, dan pakannya berasal dari sampah organik.

Dapat anda bayangkan berapa harga tepung ikan saat ini di pasaran (sangat mahal), apalagi saat ini Indonesia masih mengimpor tepung ikan dari luar negeri seperti dari Negara-negara amerika latin.

Seorang produsen pakan ikan di daerah Pakanbaru bernama Julie, menuturkan  bahwa penggunaan tepung ikan untuk produksi perusahaan miliknya rata-rata mencapai kapasitas sebesar 100 sampai dengan 200 kg pellet/ hari. Hal tersebut terus meningkat seiring berjalannya waktu. Hingga saat ini pemilik Mutiara Mas Aquarium di bilangan Jalan Riau tersebut dapat menyerap hingga 1 ton tepung ikan/ bulannya, yang dia beli dari daerah Jawa dan Sumatera.

Mahalnya biaya produksi pembelian tepung ikan tersebut memunculkan ide baru, yaitu maggot BSF sebagai sumber pengganti tepung ikan. Maggot BSF dipilih karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mengandung berbagai mcam nutrisi bagi hewan ternak.

Untuk melakukan budidaya maggot BSF sangat mudah untuk diterapkan, asalkan sesuai dengan panduan yang telah tersedia. Pakan alternatif maggot BSF terbilang murah karena pakan dari maggot itu sendiri merupakan sampah organik yang mudah didapatkan, dengan harga murah bahkan gratis.

Sampah organik tersebut nantinya akan dijadikan pakan maggot BSF, sehingga nanti dapat menghasilkan panen maggot BSF dengan kualitas bagus.

 

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This