Peluang Ternak Terpopuler

Peluang usaha ternak yang satu ini merupakan peluang usaha baru 2018 dan semakin besar di 2019. Budidaya maggot tanpa bau adalah peluang usaha ternak yang sangat menjanjikan dengan biaya dan modal yang sangat sedikit bisa sebuah bisnis sampingan atau pokok yang sangat menguntungkan, Budidaya maggot tanpa bau tidak sangat simple tidak memakan waktu banyak.

Peluang usaha ternak maggot merupakan peluang usaha yang besar. lihat saja sebagian peternak ikan dan unggas mengeluh biaya pakan yang sangat tinggi hingga 70-80%. Maka maggot menjadi peluang bisnis yang berpeluang maju. Banyak orang yang menggeluti bisnis maggot tanpa bau dan sukses.

peluang-usaha-baru

Bisnis maggot di Indonesia sangat didukung oleh iklim, cuaca, ketersediaan lahan dan indukan maggot ada dimana manatanpa harus membeli. Bisnis budidaya maggot dapat dilakukan dalam skala kecil (rumah tangga), skala menengah, ataupun skala besar.

Budidaya maggot dapat dilakukan oleh setiap orang, baik oleh ibu rumah tangga, persiapan pensiun, pensiun-an, pegawai, pelajar, para profesional, peternak lele dan ikan, peternak ayam dan unggas, peternak reptil dan sebagainya.

Untuk burung kicau, kekayaan nutrisi maggot sangat baik membantu suara burung kicau tambah nyaringdan berbobot. Burung menajdi lebih sehat dan lincah bergerak.

Peluang Usaha Ternak Maggot Tanpa Bau

peluang-usaha-baru

 

1. Maggot Pakan Hewan Peliharaan

Maggot banyak dimanfaatkan untuk pakan utama, pakan alami dan tambahan burung berkicau, seperti Burung hias dan kicau (poksay, kacer, hwambie) Ikan hias (Koi, arwana, louhan) Ikan konsumsi (lele, nila, gurame, patin), udang dan lobster.

Di Cina, Amerika Serikat, Afrika, Thailand, Kanada, Maggot digunakan sebagai pakan pada kegiatan rearing hewan vertebrata pemakan serangga dalam rangka penelitian dan konservasi alam.

Vertebrata pemakan serangga seperti

  • Hedgehogs
  • Golden Moles
  • “True” Moles
  • “True” Shrews
  • Moonrat
  • Gymnures
  • Solenodons Dan
  • Tenrecs
  • Bearded Dragon

2. Maggot Pengganti Tepung Ikan

Peluang usaha ternak maggot besar karena kandungan protein yang tinggi 40-56% pada maggot dapat diolah menjadi tepung maggot, pelet maggot, pasta maggot. Pasta maggot biasanya dipakai untuk pakan ikan yang masih kecil. Sedangkan pelet untuk ikan yang lebih besar. Sedangkan tepung maggot untuk campuran ransum pakan ayam dan unggas lainnya. Selain itu tepung maggot banyak digunakan sebagai bahan dasar campuran obat-obatan dan kosmetik.

peluang-usaha-baru

3. Maggot Untuk Bahan Kosmetik

Hasil penelitian kandungan nutrisi dan senyawa yang bermanfaat dalam tubuh maggot telah memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan maggot dalam industri kosmetik. Perusahaan kosmetik modern terkemuka di luar negeri telah menggunakan maggot sebagai bahan dasar kosmetik yang bernilai jual tinggi.

4. Maggot Sebagai Hewan Uji

Maggot banyak digunakan sebagai hewan uji di penelitian toksikologi dan fisiologi serangga. seperti di Amerika Serikat, Kanada, Pakistan, India, Vietnam, dan juga di Indonesia

5. Maggot Sebagai Therapy

Maggot sudah sejak lama di gunakan sebagai therapy maggot untuk menyembuhkan berbagai penyakit luka luar (borok akut)

6. Maggot Bagi Kepolisian

maggot digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi umur mayat oleh polisi bagian pembunuhan.

7. Maggot Makanan Manusia

Di berbagai negara seperti thailand, amerika , kanada, cina dll. Anda bisa menemukan maggot sebagai hidangan yang lezat di beberapa restoran taraf internasional

peluang-usaha-baru

 

8. Iklim Indonesia Cocok

Maggot membutuhkan suhu optimal antara 28 – 35 °C dengan kelembapan relatif 55-70 %, Iklim ini sangat mendukung BSF berkembang pesat.

Peluang usaha Ternak Maggot Yang di Dukung Alam:

  • Berpotensi Untuk Pasar Lokal Dan Terbuka Lebar Untuk Ekspor
  • Biaya Pakan Aggot Murah Dan Mudah Diperoleh
  • Bisa Sebagai Kerja Sambilan
  • Keuntungan Sangat Besar
  • Modal Usaha Relatif Kecil
  • Pakannya Mudah Dan Murah
  • Pemasaran Di Jamin Yurie Bsf
  • Pemasarannya Mudah
  • Pemeliharaan Hingga Panen Relatif Singkat
  • Pemeliharaannya Relatif Mudah
  • Pengelolaannya Sederhana
  • Tidak Memakan Waktu Lama
  • Tidak Membutuhkan Tempat Luas
  • Tidak Menimbulkan Polusi

peluang-usaha-baru

 

9. Produksi Maggot Tanpa Bau Mudah

Jangan berpikir bahwa menghasilkan maggot perharinya sebanyak 200 kg itu sulit. Karena terbukti banyak pembudidaya maggot dalam satu hari bisa menghasilkan lebih dari itu. Peluang usaha ternak maggot hemat biaya pakan ternak hingga 83%.

Namun bisnis budidaya maggot tetap menuntut peka dan kecermatan. Apalagi kalau kita ingin meraih keuntungan yang besar. Bisnis maggot yang dilakukan asal-asalan tentu tidak akan memberikan keuntungan apa-apa, bahkan akan mendatangkan kerugian.

Budidaya maggot bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan banyak yang menjadikan hobi yang mengasyikkan sekaligus menambah income. Budidaya daya maggot cocok untuk pria dan wanita, wirausahawan, pelajar, pegawai, dan pensiunan.

Budidaya maggot tanpa bau bertujuan untuk bisa produksi maggot yang stabil setiap saat. Caranya dengan membangun iklim dan lingkungan buatan di biotong yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan maggot. Dengan demikian maggot tidak hanya berkembang biak dalam satu siklus, tetapi setiap saat.

10. Langkah Awal

Untuk memulai usaha maggot, Anda bisa mencari indukan dialam atau beli bibit unggul yang siap menjadi indukan. Masukan bibit unggul maggot ini ke dalam kandang dan pelihara mereka melekatkan telur secara alami dalam biotong.

Setiap Anda menemukan telur BSF baru dalam biotong segera angkat dan pindahkan ke wadah penetas. Pelihara sampai telur menetas dan memunculkan larva maggot yang berukuran kecil. Biasanya dibutuhkan waktu 2-4 hari bagi telur maggot menetas dan menjadi larva.

Bila larva maggot mulai menunjukan sebagai maggot dewasa, pindahkan maggot mereka ke wadah pemanenan. Fase tahapan di periode ini membutuhkan waktu sekitar 18 sampai 21 hari

Bagaimana soal pakan dan penggemukannya? maggot secara alami memakan bahan organik seperti sampah, kotoran ternak dan limbah yang Anda sediakan. Jadi soal pakan maggot tidak rumit sama sekali. Maggot termasuk jenis serangga rakus sehingga membutuhkan makan yang banyak. Kemampuan makan mereka per harinya bisa dua kali dari bobot badannya. Ini juga membuat mereka cepat besar.

Dalam tempo 18 hari, dengan media 100 kg sampah bisa menghasilkan sekitar 60-70kg maggot siap panen. Ini artinya dalam luasan seluas 3x4 m2 Anda sudah bisa menghasilkan pendapatan hingga kisaran Rp7.000x 70kg = 490.000, dengan modal sampah sebanyak 100 kg Rp25.000-Rp50.000

peluang-usaha-baru

 

11. Solusi Pakan Ternak

Kebutuhan pakan ternak sangat tinggi, Seiring dengan perkembangan jaman dan gaya hidup sehat. Pemanfaatan maggot sebagai pakan hewan piaraan, hewan ternak, bahan obat-obatan, dan bahan kosmetik menjadikan peluang bagi peternak maggot untuk dapat terus berkembang.

12. Pemasaran Maggot Mudah

Anda tidak perlu repot pemasaran maggot. Cukup dengan meningkatkan jumlah ternak yang Anda miliki. Ini idaman bagi setiap peternak bisa bisnis ternak tanpa membeli pakan.

Pemasaran maggot skala rumah tangga maupun skala usaha menengah apalagi besar, sangat mudah karena Anda sendiri sebagai pelaku bisnis ternak membutuhkan pakan yang murah. dan hampir setiap peternak ikan dan unggas memerlukan maggot termasuk pasar burung.

13. Harga Jual Maggot Tinggi

Harga jual maggot cukup baik, bervariasi mulai harga Rp4,00-Rp9,00 per kgr dengan modal hanya sekitar Rp1.500-Rp2.000/kg

Pada jumlah besar, penjualan maggot dapat dikelola bersama dalam bentuk koperasi maggot Indonesia Yurie BSF yang menjalin kerjasama dengan para pedagang pakan ternak dan industri kosmetik serta obat-obatan di Indonesia. Pada skala ekspor, harga maggot berkisar antara Rp 18.000 per kg.

Selain dijual maggot dalam bentuk fresh atau hidup, Maggot juga dijual dalam bentuk telur BSF. Karena permintaan telur BSF untuk dibudidayakan kembali oleh para peternak lain cukup besar.

Memperhatikan potensi dan manfaat maggot yang cukup variatif dan permintaan pasar yang besar, dapat dikatakan bahwa bisnis maggot terbuka lebar.

peluang-usaha-baru

 

14. Lokasi Peternakan Maggot Tanpa Bau

Jika Anda minat belajar praktek langsyng di peternakan, tinggal pilih dari 99 lokasi peternakan maggot tanpa bau yang tersebar di seluruh Indonesia.

Caranya masukan kota Anda dan klik search, maka akan muncul peternakan maggot terdekat.

 

       

      Yurie

      Pin It on Pinterest

      Share This