Apa itu Pakan Berkualitas?

Pakan yang baik dan berkualitas merupakan pakan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap serta protein tinggi. Kandungan Nutri tersebut berupa karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral. Pakan ternak berkualitas lalat tentara hitam BSF Penting jaminan pertumbuhan ternak maximal. Merupakan ternak larva dari Black Soldier Fly/ lalat tentara hitam/ lalat prajurit hitam. Pakan ternak larva maggot berasal dari organik sehingga menjadikan pakan tersebut memiliki kualitas tinggi.

Darimana Asal Pakan Baik dan Berkualitas?

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwan pakan berkualitas adalah pakan yang kandungan protein dan nutrisinya mencukupi. Nah pertanyaannya adalah darimana asal pakan ternak berkualitas itu bisa didapatkan? Jawabannya adalah dari black soldier fly atau maggot BSF.

Apa itu Maggot BSF?

Maggot BSF adalah maggot yang berasal dari larva tentara hitam yang asal mulanya telur. Lalat tentara hitam ini merupakan jenis lalat baik yang tidak jorok dan tidak membawa virus atau penyakit. Kenapa tdiak ada virus dan penyakit, karena lalat tersebut hanya makan dari makan organik, serta si larvanya yang memiliki kemampuan mengurai bakteri jahat seperti e-coli.

Kandungan Nutrisi Maggot BSF

Untuk dapat mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam larva maggot BSF, anda dapat melihatnya pada tabel Newton dan Tabel Laboratorium nutrisi dan makanan ternak UNPAD di bawah ini:

tabel nutrisi

nutrisi

tabel gizi

gizi

Dari tabel yang ke 2, terlihat bahwa kandungan protein maggot lebih rendah dari tepung ikan impor dan tepung ikan lokal. Dari beberapa pengamatan table diatas menunjukan bahwa, kadar protein maggot BSF sangat ditentukan oleh kandungan protein media yang digunakan dalam pembesaran dan umur maggot yang akan dipanen. Bila pakan maggot kadar proteinnya semakin tinggi maka otomatis maggot akan cepat besar, dan semakin tinggi pula kadar protein maggot anda demikian pula sebaliknya.

Atas alasan kemudahan yang didapat secara umum di setiap lokasi di Indonesia, maka kami melakukan budidaya maggot bsf dengan menggunakan limbah organik pasar sebagai bahan makanannya. Kegiatan ini juga secara langsung dapat diandalkan untuk menekan permasalahan sampah organik.

Pakan Ternak Berkualitas Penting Jaminan Pertumbuhan Ternak Maximal

 

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This