Pakan Ternak Termurah 2019

Pakan ternak murah dalam melakukan usaha ternak dan budidaya biasanya banyak dicari. Pakan ternak murah merupakan faktor penting yang tidak bisa lepas dalam dunia peternakan.

Pakan juga merupakan salah satu faktor yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Pakan ternak disini adalah pakan ayam, pakan burung, dan pakan ikan.

Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian pakan, faktor penting dalam pakan, fungsi pakan, jenis pakan, pakan ternak lele.

A. Pengertian Pakan

Pakan adalah sumber energi yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan hewan anda.

Pakan juga merupakan makanan yang diberikan kepada hewan peliharaan atau hewan ternak. Biasanya untuk pakan ini kendungannya lebih banyak pada protein.

Pakan yang diberikan pada hewan peliharaan haruslah pakan berkualitas tinggi, yaitu harus mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh ternak dalam hidupnya seperti karbohidrat, air, protein, dan lemak.

Pakan itu sendiri merupakan unsur utama bagi hewan ternak. Kandungan za-zat nutrisi yang terdapat didalam pakan akan dimanfaatkan oleh hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan  dan perkembangan hidup pokok dan produksi ternak itu sendiri.

Selain itu, pakan juga merupakan dasar bagi kehidupan hewan ternak yang secara terus menerus akan berhubungan dengan unsur kimiawi tubuh dan kesehatan hewan yang bersangkutan.

pakan-lele-termurah

B. Faktor Penting Dalam Pakan

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebagai seorang peternak atau pembudidaya.

Hal tersebut yaitu mengenai kualitas pakan. Ketika anda membeli atau membuat pakan, maka pakan tersebut tidak boleh disimpan dalam waktu 2 minggu atau pun ditempat yang lembab.

Usahakan tempat penyimpanan pakan yang anda gunakan harus selalu dalam keadaan kering. Karena apabila pakan yang anda gunakan didapatkan langsung dipabrik pembuatnya sebaiknya anda pastikan bahwa pabrik tersebut membuat pakan dengan standar kualitas yang baik.

Ketika pakan yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik maka ternak yang akan anda hasilkan akan berkualitas baik pula.

Bila pakan anda telah dibuka atau anda pindahkan dalam wadah, sebaiknya pakan tersebut harus tertutup rapat.

Bila dalam wadah maka, wadah tersebut juga harus ditutup rapat juga agar nantinya tidak bercampur dengan udara yang akan menyebabkan jamur.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah:

  • Harga bahan pakan

Pakan merupakan unsur paling penting dalam menjamin kelangsungan hidup hewan ternak anda. Memang terkadang untuk pakan biasanya memakan biaya produksi yang tinggi.

Namun anda juga harus pintar dalam memilih dan membeli pakan ternak anda. Ada harga pakan yang mahal maupung yang murah.

Pakan dengan harga murah bukan berarti pakan tersebut kualitasnya jelek. Namun, tetap harus diperhatikan kualitas pakan tersebut.

pakan-lele-termurah

Pakan yang baik dalam ternak dan budidaya adalah pakan yang memiliki kualitas baik namun murah.

  • Ketersediaan

Ketersediaan bahan pakan juga harus diperhatikan. Jangan sampai anda kehabisan bahan pakan. Pakan atau bahan pakan yang anda gunakan haruslah tetap stabil ketersediaannya.

  • Ketercukupan nutrisi

Pakan ternak yang anda gunakan harus mengandung  nutrisi dan protein yang cukup untuk menunjang perkembangan tubuh hewan dan pertumbuhan tubuh hewan ternak anda.

Pakan tersebut harus mengandung asam amino, fosfor, kalsium, serat, air, lemak, protein, dan energy metabolisme.

  • Aman tidak mengandung bahan kimia

Bahan yang digunakan harus bahan alami, tidak boleh mengandung zat berbahaya karena akan membahayakan hewan ternak. Maka dari itu selalu gunakan bahan alami yang aman.

  • Komposisi seimbang

Pakan anda harus memiliki komposisi seimbang antara nutrisi, zat hijau, maupun konsentratnya. Nutrisi berfungsi sebagai vitamin tubuh ternak.

Zat hijau berfungsi sebagai energy untuk tubuh. Konsentrat berfungsi sebagai serta dan gizi tambahan untuk hewan selain dari nutrisi dan zat hijau.

C. Fungsi Pakan

Bagi hewan ternak, pakan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Pakan tersebut sebagai sumber energi hewan ternak yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan tubuh, dan perkembangbiakan.

Sebuah pakan nantinya akan digunakan untuk menghasilkan rasa, tekstur, dan warna tertentu pada makanan ternak.

Pakan ternak juga memiliki kegunaan sebagai pengobatan, reproduksi, perbaikan metabolisme lemak hewan ternak, dan lain sebagainya.

Hewan ternak menjadi mudah terserang penyakit, produktifitas kesehariannya menurun, hal tersebut terjadi bila anda memberikan pakan berlebih pada hewan ternak anda.

pakan-lele-termurah

D. Jenis Pakan

Pakan memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pakan alami, pakan alternatif, dan pakan buatan.

  • Pakan alami bisa langsung dicari sendiri, ataupun biasanya bila anda membeli pakan yang sudah jadi, pabrik biasanya menggunakan komposisi yang terbaik untuk kandungan gizinya.
    Pakan ini berasal langsung dari alam, memiliki kandungan nutrisi dan protein yang cukup tinggi. Ketika pakan alami menjadi busuk maka kualitas pakannya pun akan menurun.

    Contoh pakan alami adalah semua jenis sayur-sayuran (nabati), larva maggot atau maggot BSF, cacing, keong, dan lain-lain (hewani). 

  • Pakan alternatif digunakan ketika pakan utama yang anda gunakan telah benar-benar habis ketersediaannya.Pakan alternatif biasanya berupa jagung, ampas kedelai, gandum, tepung ikan, tepung maggot BSF dan lain sebagainya.
  • Pakan tambahan merupakan pakan yang digunakan untuk menunjang perkembangan hewan ternak anda. Biasanya ada tambahan nutrisi dan gizi lain didalamnya.Pakan ini berupa pellet, mass, dedak, crumble, pasta, dan lain sebagainya. Pakan tambahan yang memiliki kadar protein mencapai 50% berasal dari maggot BSF.

Untuk semua jenis pakan diatas, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita harus pintar dalam menggunakan, dan meracik pakan tersebut agar menghasilkan hewan ternak yang besar, sehat, dan berkualitas.

Maggot digunakan karena kualitas, ketersediaan, kandungan nurtri dan protein yang baik. Semua jenis pakan tersebut dapat digunakan untuk Ternak ayam, burung, ikan, dan lain sebaginya yang membutuhkan jenis pakan diatas.

Di bawah ini akan dibahas mengenai pakan yang digunakan dalam budidaya ikan lele. Penggunaan pakan dalam budidaya ikan lele tersebut meliputi pakan alami, alternatif, dan tambahan.

E. Pakan Lele

  • Pakan Ternak Lele (Alami)

Untuk pakan ternak lele ada bermacam-macam. Pakan ternak lele yang alami (gratis) dapat berupa larva maggot ataupun jenis-jenis binatang kecil seperti plankton atau mikroorganisme kecil lain yang baik untuk ikan lele.

Bila anda kembali ke atas pada proses pemupukan maka proses pemupukan tadi bertujuan untuk menciptakan mikrorganisme baik untuk pakan alami ikan lele.

Pakan bibit alami lele dapat berupa mikro organisme, plankton, cacing darah (ucu), larva maggot, darah sapi, dan lain sebagainya.

  • Pakan Ternak Lele (Alternatif)

Selain pakan alami, ikan lele harus diberi pakan tambahan karena pakan tambahan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan lele.

Pakan tambahan ini dapat dengan mudah kita dapatkan tanpa harus sudah mencari ataupun membeli, karena makanan tambahan bisa berupa binatang tiren, jenis usus seperti usus ayam, sisa makanan, daun daunan, ataupun dengan pasta atau pellet maggot yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan bagus untuk pertumbuhan ikan lele.

Untuk pakan bibit lele tambahan dapat juga berupa campuran dedak dan larva maggot yang dan haluskan. Atau bisa juga menggunakan campuran larva maggot, bekatul dan tepung jagung dan haluskan.

  • Pakan Ternak Lele (Tambahan)

pakan-lele-termurah

Untuk pakan campuran atau buatan, kiata bisa mendapatkannya di toko-toko ternak atau pertanian. Bentuk pakan campuran ini biasanya berupa dedak, pelet, pasta dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan pakan buatan dari bahan larva maggot atau maggot.

Pakan buatan ini biasnya dijadikan sebagai pakan alami karena kandungan gizinya yang baik bagi pertumbuhan ikan lele. Anda dapat meracik sendiri bahannya dengan total bahan yang dicampur mencapai berat 100gr.

Komposisinya adalah: tepung darah 5gr, vitamin 1gr, bungil kacang tanah 18gr, bungil kacang kedelai 20gr, tepung maggot 27gr, mineral 0.5gr, dedak 9gr, tepung kacang hijau 9gr, tepung terigu 10.5gr.

Untuk pakan berupa maggot BSF itu sendiri yaitu maggot lalat tentara hitam yang memiliki tubuh panjang, bukan dari lalat ijo atau yang lainnya karena hanya akan membawa sumber penyakit.

Maggot BSF banyak digunakankan sebagai pengganti pakan tepung ikan karena memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan tepung ikan. Bahkan kandungan protein pada maggot BSF sangat tinggi mencapai 35%-55%.

Biaya produksi maggot BSF terbilang sangat murah karena pakan utama maggot merupakan sampah, dan kita dapat mendapatkan sampah dipasar dengan biaya minimal.

Sehingga untuk harga pakan lele yang murah dan berkualitas, kita hanya butuh 3-5 ribu rupiah dan kita dapat memproduksi maggot BSF.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This