Logo Yurie Budidaya Maggot

Free Download APK

Olahan Maggot Jadi Tepung & Pelet Apung

oleh | Jun 18, 2020

Mengolah Maggot BSf

Saat Anda sudah memiliki maggot, Jangan langsung diberikan ke ternak.

Selain pemborosan juga banyak efek negatifnya. Seperti maggot yang dimakan ayam masih hidup dalam tembolok yang menyebabkan kematian ayam.

Atau overdosis protein yang menyebabkan ayam atau unggas lumpuh. 

Oleh karenanya olah dulu maggot tersebut menjadi pasta, tepung atau pelet maggot. 

Bagaimana cara mengolahnya? Simak tutorial dibawah…

 

 

Mengolah Maggot BSF Yang Benar

Maximalkan Hasilnya

Sebagai pebisnis tentu kita ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Oleh karena itu, Sebaiknya maggot di olah menjadi berbagai olahan sebelum diberikan langsung sebagai pakan ternak.

Dengan tujuan agar mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Kita ambil contoh menjual hasil panen lele ke tengkulak langsung keuntungannya tidak sebesar jika kita olah lele tersebut menjadi keripik lele.

Jadi cerdaslah dalam bertindak, jangan gunakan maggot hidup langsung sebagai pakan ternak.

Tetapi diolah dulu menjadi:

  • Tepung Maggot 
  • Pasta Maggot
  • Pelet Maggot
budidaya-maggot-rokanhulu

Membuat Tepung Maggot

Tepung maggot yaitu salah satu produk hasil dari pengolahan maggot yg mempunyai kadar air rendah.

Diantara keunggulan tepung maggot di bandingkan tepung-tepung yang lain yaitu mempunyai kandungan protein & mineral yang tinggi.

Sehingga, tidak heran jika tepung maggot digunakan oleh para peternak sebagai salah satu bahan pokok untuk pakan ternak.

Tidak Sedikit penelitian sudah menunjukkan bahwa asam lemak esensial yg terkandung dalam tepung maggot bisa meningkatkan produktivitas, penampakan & mutu ternak.

Langkah Kerja
– Bersihkan maggot

– Untuk mensterilkan maggot dari kotoran yang melekat dan dan membunuh bacteri negatif seperti e-colli, salmonela, vibrio dan colli-form.Rendam maggot dengan air mendidih selama 5-10 menit

– Fungsi perendaman/perebusan ini sangat penting karena tepung maggot akan meningkat kadar protein, kadar serat, meningkatkan daya cerna saat diberikan kepada ikan atau ternak peliharaan, meminimalisir kandungan amoniak

– Lakukan penirisan selama 1-2 jam.

– Setelah ditiriskan lakukan fermentasi secara an-aerob selama 24 jam. Fermentasi berfungsi membuang gas metan, sterilitas.

– Keringkan dengan menggunakan mesin oven atau pemanas atau dikeringkan dengan jalan dijemur matahari langsung.

– Setelah kering giling dengan mesin diskmill atau di tumbuk

– Setelah tepung maggot jadi lakukan test kadar air 8-12%, kadar air diatas 14% memudahkan tepung maggot menjadi cepat busuk dan berjamur.

Hasil uji labor yang kami lakukan pada tepung maggot dengan cara ini adalah sebagai berikut
kadar protein 38%,
Serat 4,9%,
Abu 16,3,
Lemak 7,2%,
Salt 1,7%
Salmonella tidak terdeteksi,
Colliform tidak terdeteksi,
E-colli tidak terdeteksi,
Melamine tidak terdeteksi,
Aflatoxin B1 tidak terdeteksi,
Urea tidak terdeteksi,
Porcine specific gene tidak terdeteksi.

budidaya-maggot-rokanhulu

Membuat Pasta Maggot

Dalam hal ini pasta ialah salah satu pakan ikan untuk larva atau benih buatan yang diolah dan dibuat dari campuran ramuan yang terdiri dari berbagai macam bahan.

Pasta ialah pakan buatan yang bisa dibilang sangat baik bila di pakai untuk mendongkrak pertumbuhan ikan dengan cepat.

Kandungan nutrisi yang akan kita beri bisa kita sesuaikan, dan dapat kita takarkan dengan menyesuaikan racikan komposisi bahan-bahan pasta.

Pasta sendiri sebenarnya tergolongkan pula sebagai pakan alternative buatan yang bisa diberikan ke ikan, khususnya ikan kecil/benih/larva

Cara membuat 10 kg pasta maggot BSF:
Bahan-bahan :
– Maggot BSF seberat 7,5 kg.
– Pelet ikan seberat 2,5 kg.
– Tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan untuk setiap 1 kg pakan pasta yang akan dibuat.
– Air bersih secukupnya.

Cara pembuatan :
– Gilinglah maggot BSF hingga halus.

– Basahi pelet ikan dengan memakai air secukupnya agar pelet dapat melunak.

– Campurkan gilingan maggot BSF dengan pelet lunak tadi dan kemudian tambahkan tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan. Kemudian aduk-aduk sebentar hingga rata.

– Gilinglah campuran maggot BSF dan pelet tadi agar bisa sedikit lebih halus dan juga tercampur dengan lebih merata.

Cara pemberian :
– Bentuklah pasta seperti bentuk adonan bulat-bulat.

– Taruhlah pada tempat seperti para-para atau wadahan pakan yang terbuat dari jaring ataupun tali rapia.

– Taruhlah wadah pakan pada aliran/kamalir kolam ternakan ikan.

– Pasta tidak dapat digunakan sebagai stock pakan dan hanya dapat digunakan dalam kurun waktu maksimal 3 hari penyimpanan beku didalam lemari es.

Tips :
Pertama
Anda hendak memberikan pakan ikan alternatif yang Anda buat semisal pasta Anda haruslah memperhatikan porsi pemberiannya.

Jangan sampai terlalu berlebih apalagi terlalu sedikit. Cara termudahnya ialah dengan memperhatikan pola nafsu makan ikan.

Sebab pemberian pakan yang berlebih dapat menurunkan stok pakan dengan cepat (boros). Akibatnya tingkat keuntungan pun berkurang.

Namun bila memberikan pakan dengan jumlah yang terlalu sedikit, pertumbuhan ikan yang Anda ternakan akan terhambat atau bahkan tidak maksimal.

Kedua
Hal diatas bila kita simpulkan dapat mengacam presentase keuntungan yang diperoleh oleh peternak.

Oleh karenanya perhatikanlah betul-betul pemberian takaran pakan, agar pertumbuhan ikan bisa optimal, Agar Anda mendapatkan keuntungan yang besar.

budidaya-maggot-rokanhulu

Membuat Pelet Maggot Apung

Pelet maggot BSF apung sangat disukaiikan, lebih mudah dicerna dan kualitas pelet yang dibuat jauh lebih terjamin karena kita yang membuatnya sendiri.

Cara Membuat Pelet Maggot BSF Apung Mudah Berkualitas Tinggi

Pelet pakan ikan yang berkualitas dengan harga murah hanya impian bagi peternak, peternak umumnya harus mengusap dada karena harga pakan pabrikan berkualitas ibarat buah simalakama.

Tidak dibeli ikan tidak berkembang tapi kalau beli kantong bisa bolong dan berpotensi rugi. Padahal pelet pakan ikan sangat dibutuhkan oleh peternak ikan.

Alternatifnya adalah buat sendiri pelet yang bisa ngapung di air, karena jenis pelet apunglah yang paling efektif untuk dijadikan pakan ikan

Mengapa pelet maggot BSF apung ini penting? Karena pelet maggot BSF apung lebih disukai ikan, lebih mudah dicerna dan kualitas pelet yang dibuat jauh lebih terjamin karena kita yang membuatnya sendiri.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan saat membuat pelet maggot BSF apung. Apa sajakah itu?

Cara Membuat Pelet Maggot BSF
Pelet pakan ikan akan mempengaruhi kualitas ikan, Pelet dengan bahan dasar berkualitas tinggi dapat memacu pertumbuhan, menggemukkan ikan dan meminimalkan tingkat kematian karena ikan lebih sehat

Bahan-Bahan Pelet Apung Maggot BSF
– 10 gram garam mineral
– 80 gram kaldu
– 200 gram tepung kedelai
– 100 gram tepung darah
– 50 gram vitamin
– 350 gram tepung daun turi
– 350 gram dedak halus
– 100 gram tepung terigu
– 120 gram tepung maggot BSF
– 150-200 gram tepung tapioka

Langkah Kerja
– Giling semua bahan hingga halus, Bagi yang masih awam dalam proses pembuatan pelet maggot BSF apung, disarankan membeli bahan-bahan yang sudah dihaluskan

Hal ini bertujuan agar kita tidak membuang waktu dan agar tidak melakukan kesalahan saat menghaluskan bahan, yang nantinya membuat pelet maggot BSF tidak mengapung sempurna

– Tambah bahan perekat, Untuk menghasilkan pelet maggot bsf yang padat dan pulen, pertama-tama, tambahkan bahan yang mampu menjadi perekat.

Contohnya tepung tapioka dengan takaran 10%-20% dari total campuran bahan pembuat pelet maggot BSF apung

Tepung kanji (tapioka) teksturnya segera berubah seperti lem setelah disiram air. Tepung tapioka harus dimasukkan terlebih dahulu agar dapat merekatkan bahan-bahan lainnya ketika dicampur

Untuk bahan perekat selain tepung tapioka bisa juga menggunakan tepung gaplek atau tepung onggok

– Tambahkan sumber protein, sumber protein dalam bahan-bahan pembuat pelet maggot bsf apung sudah pasti adalah tepung maggot bsf

– Lalu masukkan bahan-bahan pelengkap lainnya dimulai dari dedak, vitamin (berikan vitamin B kompleks untuk hasil lebih baik), dan disusul dengan bahan lainnya.

– Agar pelet maggot BSF apung lebih sehat dan bergizi, Anda juga bisa menambahkan kalsium karbonat dengan jumlah antara 1% – 2 % dari total berat bahan keseluruhan.

Namun hal ini sifatnya tambahan saja, karena bahan lain pun sudah cukup untuk menunjang gizi ikan.

– Campur menggunakan mesin ekstruder, untuk membuat pelet maggot bsf apung yang berkualitas, tidak dapat dimungkiri bahwa kita membutuhkan mesin ekstruder

Apa itu mesin ekstruder? mesin ekstruder ialah mesin yang dapat mencampur, mencetak, dan mengeringkan pelet maggot BSF, sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk menguleni adonan pelet maggot BSF apung dan mengeringkannya. Langkah menggunakan mesin ekstruder untuk membuat pelet maggot BSF

– Pertama, tahap pencampuran (blending), Dalam tahap ini, semua bahan-bahan dipersiapkan masuk ke mesin ekstruder

– Kedua, tahap penambahan air, Jangan remehkan tahapan ini sekilas terlihat mudah, karena kita harus menyesuaikan air yang ditambahkan hingga mencapai kelembapan adonan menjadi merata dan cukup.

Bila penambahan air kurang atau terlalu banyak, adonan tidak akan terekstrusi dengan sempurna dan membuat pelet maggot BSF tidak akan bisa mengapung

– Ketiga, tahap cetak/ekstrusi, Usai memastikan bahwa hasil adonan telah pulen dan juga cukup lembab, kini kita memasuki tahap cetak atau ekstrusi.

Adonan yang dimasukkan ke dalam mesin dicetak menjadi pelet-pelet maggot BSF dengan bentuk dan kandungan yang seragam.

– Keempat, tahap paska-ekstrusi, Usai pelet maggot BSF dicetak, maka pelet-pelet maggot BSF tersebut harus dimasukkan ke dalam alat pengering yang tersedia pada mesin ekstruder.

Proses pengeringan ini akan sangat berpengaruh terhadap pengapungan pelet maggot BSF. Pelet maggot BSF kering akan lebih ringan dan tentunya mudah mengapung.

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

About Yurie BSF

Decky Andrian pemilik Yurie BSF mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membuat Indonesia yang lebih bersih.

Dengan bantuan serangga lalat BSF. Yang mana maggot BSF anak dari BSF sejak ratusan tahun lalu terkenal sangat efektif mereduksi sampah organik dalam waktu sangat cepat.

Dengan pengalaman kerja diberbagai negara. Kami siap bersama-sama membangun bisnis maggot untuk Indonesia yang lebih makmur dan lebih bersih.

Salam HEMAT dan BERSIHLAH INDONESIAKU

Yurie BSF

Testimoni

  • Testimoni

7 Langkah Awal Budidaya BSF

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

error: Maaf Ya :) ... Content is protected !!!