Lele Cepat Besar dan Gemuk

Budidaya ikan lele pakan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis lele Anda. Membuat sendiri pakan lele murah penting khususnya untuk pakan lele umur 1 bulan yang kebutuhan proteinnya sangat tinggi. Pemberian pakan lele organik dan pakan lele alami bisa dengan menyiapkan dari bahan yang banyak tersedia di sekitar kita.

Jenis pakan lele perlu di cermati dengan baik, karena biaya pakan lele bisa menghabiskan 70% – 80%.  Belum lagi biaya-biaya yang terjadi diluar dugaan. Oleh karenanya menyediakan pakan lele alami berupa daun kangkung, daun papaya, daun lamtoro, daun turi. Pemberian pakan lele alami tumbuhan sedikit saja tetapi rutin tiap hari. Pemberian pakan lele alami sangat membantu meningkatkan daya tahan lele terhadap serangan berbagai penyakit.

pakan-lele-agar-cepat-besar

Persiapan Pakan Lele Umur 1 Bulan

Pakan lele umur 1 bulan tidak sama dengan yang sudah lebih besar, Pakan lele umur 1 bulan jika ingin membuatnya sendiri harus memenuhi kadar nutrisi pakan lele umur 1 bulan, Berikut cara membuat sendiri pakan lele umur 1 bulan

Tata Cara Pemberian Pakan Lele umur 1 bulan – 40 hari

  • Benih ikan lele umur 1-4 hari jangan diberi makan
  • Benih ikan lele umur 5-15 hari beri pakan 2x sehari cacing sutra
  • Benih ikan lele umur 16-25 hari beri pakan serbuk
  • Benih ikan lele umur 26-30 beri pakan 3x sehari pelet F-1000
  • Benih ikan lele umur 31-40 beri pakan 3 x sehari pelet F-999

Pakan lele umur 1 bulan perlu di pacu pertumbuhannya dengan memberikan maggot BSF. Pakan lele alami lainnya seperti, maggot bsf (black soldier fly) harus disiapkan sebelum memulai ternak lele. Karena pada dasarnya ternak lele mudah tapi jika tidak siap pakan lele alami, lele akan kelaparan dan mati.

Pakan lele organik juga perlu diberikan sebagai tambahan dan untuk menekan biaya pakan. Pakan lele organik mudah didapat. Berikut daftar pakan lele organik yang bagus untuk pertumbuhan lele.

pakan-lele-agar-cepat-besar

Pakan Organik Lele

  • Plankton dan fitoplankton.
  • Azolla
  • Lemna SP
  • Wolffia
  • Daun Talas
  • Kangkung
  • Daun singkong
  • Lumut
  • Sisa sayuran
  •  Ampas Kelapa
  • Dedak
  • Sisa Nasi

Tanpa persiapan pakan lele murah, selain tidak sulit juga akan menambah keuntungan ternak lele. Pakan lele murah harus selalu tersedia. Tanpa pakan lele murah Anda sedang bercanda dengan kerugian. Menyediakan pakan lele murah gampang-gampang susah, perlu sedikit kreativitas yaitu memanfaatkan sampah atau limbah dan kotoran ternak yang ada di sekitar kita. Sementara harga jual lele cenderung tidak naik. Keadaan inilah yang menjadi tantangan bagi pebisnis lele untuk kreatif mencari solusi penghematan. Cermatlah memilih jenis pakan lele.

pakan-lele-agar-cepat-besar

Jenis Pakan Lele Ada Dua Yaitu

  • Jenis pakan lele berdasarkan ukuran dan
  • Jenis pakan lele berdasarkan umur

Jenis Pakan Lele Berdasarkan Umur

Disiplin dalam manajemen pakan khususnya dalam tata cara pemberian pakan ke benih lele wajib diterapkan karena jenis pakan untuk benih sangat bepengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan.

Pakan lele juga adalah biaya terbesar yang mencapai 70%. Jadi sudah selayaknya ilmu manajeman pakan lele yang tepat Anda pelajari. Pakan lele yang diberikan harus bisa memacu pertumbuhan lele.

Lele bantet karena nutrisi yang diberikan kurang sangat merugikan, karena pertumbuhan lele menjadi lambat dan waktu panenpun akan bertambah panjang. Sehingga dalam satu tahun siklus bisnis menjadi semakin berkurang. Siklus panen yang berkurang tentunya akan mengurangi keuntungan yang akan di dapat.

pakan-lele-agar-cepat-besar

Nutrisi Yang di Perlukan Lele

Kriteria pakan lele yang baik harus memenuhi setidaknya 25-35% protein. 4-18%, lemak dan 10-20% karbohidrat. Tapi jumlah protein minimal tersebut berakibat lele tumbuh lambat.

Oleh karena nya berikan protein sesuai kebutuhan lele yaitu sekita 38 sd 42%. Dengan dosis protein tersebut baru bisa kita harapkan lele bisa cepat panen 29 hari.Untuk memenuhi kebutuhan tinggi protein tidak murah, namun kita bisa mensiasatinya dengan menyediakan pakan buatan sendiri.

Jenis Pakan Lele Termurah dan Terbaik

1. Keong Mas

Keong mas atau siput adalah hama padi dan musuh petani. Namun jika dijadikan pakan untuk memacu pertumbuhan lele keong mas adalah pakan yang bagus karena keong mas atau siput kaya nutrisi dan tinggi protein sehingga bisa menjadi pakan alternatif ikan lele

2. Ikan Rucah

Ikan kecil atau ikan rucah adalah jenin ikan yang tidak layak konsumsi manusia. Dan biasanya dijual murah di tempat pelelangan ikan (TPI). Ikan rucah memiliki keunggulan tidak banyak duri dan tulang dan tidak memerlukan pengolahan lagi, Ikan rucah bisa langsung diberikan sebagai pakan alternatif lele. Jika kedapatan jenis ikan rucah yang banyak durinya, sebelum diberikan diolah dulu dengan cara direbus.

3. Monggot BSf (black soldier fly)

Memanfaatkan maggot bsf sebagai pakan alternatif lele, yang saat ini sangat digandrungi peternak ikan dan unggas, Pasalnya maggot BSF sekali di produksi akan terus menghasilkan sehingga bisa menghemat pakan hingga 50%. Kandungan protein maggot BSF sangat tinggi antara 40 -56%%, Kandungan protein maggot yang tinggi ini mampu meningkatkan metabolisme lele sehingga lele semakin cepat besar dan sehat-sehat.

pakan-lele-agar-cepat-besar

4. Bekicot

Bekicot adalah hama memakan dedaunan atau buah di sisi lain bekicot bisa dibudidayakan untuk diolah menjadi makanan manusia dan juga pakan alternatif lele. Kandungan protein dan nutrisi nya cukup lengkap sangat bagus untuk membantu mempercepat pertumbuhan lele

5. Azzola

Azzola adalah tumbuhan paku air memiliki kandungan protein nabati tinggi antara 25-35 % bagus sebagai pakan lele

6. Cacing Lumbricus

Cacing tanah jenis ini memiliki kadar protein yang tinggi 76 %

7. Cacing Sutra

Cacing sutra memiliki tektur lembut dan cocok untuk benih ikan kekurangan cacing sutra adalah dapat membuat air kolam kotor. jadi sebelum sebelum diberikan harus di bersihkan dulu agar bakteri dan patogen hilang

8. Jeroan Ikan

Jeroan ikan mengandung nutrisi yang tinggi 50-63 %

9. Ampas Tahu

Ampas tahu sebaiknya di fermentasi dulu sebelum diberikan ke lele

10. Limbah Unggas Peternakan

Limbah ayam baik untuk lele, atau sistem tomyam. Pelihara ayam di bawahnya kolam lele

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This