Kandang Ayam Joper

Kandang ayam joper dibuat khusus untuk ayam jawa super. Cara membuat ayam joper yaitu anak ayam jawa ini memiliki kualitas yang tinggi dan kelebihan yang beragam seperti cepatnya waktu panen, rasa daging yang lebih gurih, serta tahan dari berbagai serangan penyakit.

Meski terkadang banyak orang salah mengerti dan menyimpulkan bahwa ayam joper merupakan jenis ayam kampung, namun sebenarnya ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam jantan kampung dengan ayam petelur betina.

Singkatnya ayam joper merupakan jenis ayam campuran antara ayam kampung dan ayam petelur.

kandang-ayam-joper

Beternak Ayam Joper

Bisnis ayam Joper menjadi salah satu bisnis yang ramai diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat. Keuntungan yang diperoleh dari hasil ternak ayam ini cenderung tinggi.

Masa panen ini berkisar 60 hari dengan berat rata-rata 7 ons sampai dengan 1 kilogram. Berdasarkan hal inilah, kemudian banyak masyarakat yang mulai berpindah untuk bisnis ayam joper.

Meski ayam joper merupakan hasil persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung, untuk tampilannya sendiri memang hampir mirip dengan ayam kampung, berikut ciri-ciri ayam joper:

  1. Ukuran ayam joper lebih besar
  2. Warna bulu ayam joper didominasi oleh warna putih dan kuning dengan kombinasi warna lain, yakni warna abu-abu dan cokelat
  3. Gerakannya lebih aktif
  4. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga resiko kematian sangat kecil
  5. Masa panen berkisar selama 60 hari

kandang-ayam-joper

Mempersiapkan Kandang Ayam Joper

Dalam proses pemeliharaan atau ternak ayam joper, hal pertama yang harus diperhatikan adalah dalam menyiapkan kandang. Kandang merupakan tempat khusus yang dibuat sebagai tempat tinggal hewan.

Kandang adalah sebagai lingkungan tempat hidup hewan peliharaan, dalam hal ini ayam joper. Lingkungan tempat tinggal ayam joper menjadi hal yang penting dan sangat perlu diperhatikan, pasalnya hal inilah yang akan menentukan kualitas ternak ayam joper.

Adapun bentuk kandang ayam joper ini sangatlah sederhana bila dibandingkan dengan kandang ayam broiler. Ini disebabkan karena dalam pemeliharaannya lebih mudah dan praktis.

Namun, tetap saja kebersihan dan sirkulasi udara kandang menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap peternak.

kandang-ayam-joper

Persiapan Kandang Ayam Joper

Sebelum memutuskan untuk membuat kandang ayam joper, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini:

1. Pemilihan Lokasi Kandang

Kandang ayam joper yang hendak Anda buat, sebelumnya harus ditempatkan pada posisi yang tepat. Lokasi menjadi hal yang paling menentukan pertumbuhan ayam joper ini.

Kandang ayam joper harus ditempatkan pada lokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat, kondusif, memiliki suhu udara yang stabil (tidak terlalu dingin atau panas), siklus udara yang baik, kelembaban maksimal di angka 70% serta akses lokasi yang mudah untuk proses pengangkutan pada saat pembenihan atau panen.

2. Pembuatan Kandang Ayam

Setelah lokasi kandang ayam ditentukan, selanjutnya adalah penyediaan kandang ayam itu sendiri. Anda harus menyediakan kandang yang representatif supaya pertumbuhan ayam optimal dan tidak terkena serangan penyakit.

Pembuatan kandang ayam ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana serta biaya murah. Salah satunya adalah kandang yang terbuat dari bambu yang dibelah.

Selanjutnya di setiap bagian sisi dibuat ruji-ruji dengan jarak berkisar antara 1,5 sampai dengan 2 cm dengan tujuan sirkulasi udara.

Kandang Ayam Joper Pemeliharaan DOC Usia 3 Minggu

Kandang yang disediakan untuk DOC umumnya berbentuk box yang didalamnya terdapat sumber pemanas buatan yang berfungsi sebagai penghangat. Penghangat ini berupa lampu dengan kekuatan 5 sampai dengan 10 watt. Adapun DOC merupakan ayam yang belum sempurna menetas.

Pemeliharaan DOC menjadi hal yang sangat di prioritaskan karena fase ini menentukan seberapa hasil panen yang nantinya akan dihasilkan. Perkembangan DOC harus diperhatikan setiap harinya.

kandang-ayam-joper

Indikator Kondisi Anak Ayam Joper

Berikut indikator yang terjadi bila anak ayam merasa kepanasan atau kedinginan:

  1. Jika anak ayam berkumpul di dekat sumber hangat (lampu), dapat diindikasi bahwa anak ayam merasa kedinginan. Untuk itu, Anda perlu menambahkan kembali sumber energi penghangat yang ada. Begitupun sebaliknya.
  2. Jika anak ayam merata pada seluruh area kandang, maka hal ini menandakan bahwa suhu kandang sudah cukup atau ideal

Kandang Untuk Pembesaran Ayam Joper

Proses pembesaran ayam joper dilakukan pada ayam yang berumur lebih dari 3 minggu. Kandang yang disediakan berbentuk memanjang dengan ukuran 6 sampai dengan 9 meter dengan tinggi 50 sampai dengan 70 meter.

Ukuran ini bergantung pada lokasi yang tersedia. Alas atau lantai pada kandang ayam joper dibubuhi sekam padi, kapur dan serbuk gergaji. Dalam perawatannya, sekam perlu di bolak-balik secara berkala untuk menjaga kelembaban agar tidak mudah ditumbuhi jamur.

Selama 6 minggu ayam terus dirawat dan diperhatikan pertumbuhannya hingga masa panen tiba. Saat proses panen dilakukan berat ayam joper ini berkisar antara 700 gram sampai dengan 900 gram.

kandang-ayam-joper

Cara Beternak Ayam Joper

Untuk Anda yang tertarik melakukan bisnis ini, maka perlu diperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Persiapan kandang yang meliputi pemilihan lokasi dan pembuatan kandang ayam
  2. Menyiapkan bibit serta sarana produksi
  3. Menyiapkan kandang ayam joper
  4. Penerimaan DOC
  5. Pemberian pakan ayam joper
  6. Waktu pemberian pakan ayam joper
  7. Langkah vaksinasi
  8. Pencahayaan dan temperatur pada kandang ayam joper
  9. Pencegahan penyakit dan saluran sanitasi
  10. Proses panen dan setelah panen

Pemberian Pakan Yang Sesuai Pada Ayam Joper

Makanan hewan ternak atau disebut juga pakan adalah komponen utama dalam pemeliharaan hewan ternak, tak terkecuali ayam joper ini. Pemberian pakan haruslah sesuai porsi serta nutrisi yang diperlukan.

Pakan ayam joper bisa Anda temui di toko kelengkapan hewan ternak di sekitar daerah Anda.

Berikut Aturan Pakan Ayam Joper:

  1. DOC ayam yang baru datang di istirahatkan lebih dahulu sebelum kemudian diberikan minum. minuman yang diberikan ini berupa campuran gula jawa dengan air, umumnya satu sendok gula sebaiknya di campur 200 ml air bersih yang sudah matang.
  2. Selama 4 minggu DOC ayam diberikan BR murni atau Voer.
  3. Setelah berjalan 4 minggu, DOC ayam selanjutnya dapat diberikan pakan dengan campuran jagung, bekatul, jagung dan lainnya.
  4. Pemberian pakan juga harus di kontrol agar pakan tersebar merata

Beternak ayam joper memang sebuah hal yang menjanjikan di dunia bisnis peternakan. Anda sebagai pelaku bisnis juga tidak boleh ketinggalan, karena jika dilihat dari cara penanganan tidak begitu menyulitkan.

kandang-ayam-joper

Pakan Alternatif Ayam Joper

Maggot BSF tinggi protein dan lengkap nutrisinya sehingga sangat bagus dijadikan bahan campuran pakan ternak ikan dan unggas.

  1. Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot
  2. Cara Mengolah Maggot Jadi Pakan Ternak
    (Pasta Maggot, Tepung Maggot, Pelet Maggot)
  3. Tanya Jawab Budidaya Maggot
  4. Pemasaran Magot BSF
  5. Pilih Tempat Praktek Langsung di Peternakan
    Ada 99 Lebih Lokasi Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

Modal Minimal

Selain itu, modal yang di butuhkan juga tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu fokus pada perawatan ayam joper tersebut agar berkembang sesuai dengan harapan.

Selain berfokus pada pemeliharaan ayam joper, seperti yang kita ketahui kandang ayam joper perlu untuk diperhatikan agar lingkungan tempat tinggal ayam joper terawat dan terhindar dari berbagai virus penyakit.

Demikian informasi ini dimuat, semoga bermanfaat.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This