Harga Ayam Broiler Terbaru 2019

Apakah Anda suka mengkonsumsi daging ayam? Ayam broiler dipercaya sebagai salah satu hasil domestikasi dari gallus gallus atau ayam hutan merah. Ayam broiler bisa bertumbuh dan berkembang sangat cepat serta pesar. Bahkan di umur 35 sampai 40 hari ayam ini sudah bisa di panen. Sekarang ayam broiler ini dipercaya karena merupakan hasil domestikasi dari gallus gallus atau ayam hutan merah. Jika tertarik ternak ayam, langkah awal nya jeli membandingkan harga DOC ayam petelur

Oleh sebab itu tidak heran jika ayam ini juga disebut sebagai gallus gallus domesticus. Perlu Anda ketahui, ayam broiler ini mempunyai daging yang sangat empuk sehingga cukup mudah untuk diolah. Meskipun begitu, perlu Anda ingat jika daging ayam broiler ini terlalu lama direbus maka dapat membuat dagingnya menjadi mudah hancur.

Harga DOC Ayam Petelur

  • Harga DOC ayam petelur per boxnya biasanya Rp.200.000
  • Ayam DOC Layer KW 1, Ayam DOC Layer KW 1 harganya cukup mahal. karena jenis ayam DOC layer KW 1 ini sangat cocok untuk ayam penghasil telur. Harga Ayam Doc layer kw 1 Rp600.000/box isi 100
  • Ayam DOC Layer KW 2, Ayam DOC Layer KW 2 harganya Rp250.000
  • Ayam DOC Jantan Broiler KW 1, Ayam DOC Layer KW 1 harganya Rp400.000
  • Ayam DOC Broiler Daging Potong, Ayam DOC Layer KW 1 harganya Rp200.000 – Rp400.000
  • Ayam DOC Malindom, Ayam DOC Layer KW 1 harganya Rp300.000

Daftar Harga Ayam DOC Broiler & Layer

  • Ayam DOC Broiler KW1 1 box isi 100 ekor Rp430.000 – Rp460.000
  • Ayam DOC Broiler KW2 – Polos 1 Box box isi 100 ekor Rp250.000 – Rp300.000
  • Ayam DOC BM Broiler 1 Box box isi 100 ekor Rp310.000 – Rp350.000
  • Ayam DOC Layer KW1 ( Petelur ) 1 Box box isi 100 ekor Rp600.000 – Rp650.000
  • Ayam DOC Layer KW2 ( Petelur ) 1 Box box isi 100 ekor Rp250.000 – Rp300.000
  • Ayam DOC Jantan Broiler KW1 1 Box box isi 100 ekor Rp300.000 – Rp350.000

Catatan:
Harga ayam DOC dapat berubah sewaktu-waktu karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Beda Ayam Broiler Dengan Ayam Lainnya

Ayam broiler ini cukup berbeda dengan ayam lainnya contohnya kampung atau ayam buras. Pada umumnya ternak ayam broiler dalam skala industrial. Sehingga tidak mengherankan jika terdapat dua level untuk ternak ayam broiler. Level pertama ialah parent stock atau budidaya indukan dan anak ayam atau DOC (day old chicken). Level pertama ternak ayam broiler ini sering dilakukan oleh industri yang sudah besar. Sementara untuk level yang kedua ialah pembesaran, dimana level kedua ini sering dilakukan oleh para peternak dalam skala kecil serta menengah.

harga-ayam-boiler

Skill Khusus di Level Pertama

Perlu Anda ketahui, untuk level pertama ini diperlukan keahlian khusus dan juga harus ditunjang dengan berbagai peralatan canggih. Sehingga tidak heran jika ternak ayam broiler di level ini biasanya dilakukan oleh industri besar. Pada dasarnya, ternak ayam broiler di level pertama ini berguna untuk menjaga dan memperbaiki kualitas strain ayam broiler, yang menghasilkan DOC yang dapat didistribusikan kepada para peternak untuk dibesarkan dengan baik.

Mengenal Ayam Broiler Lebih Dekat

Pada dasarnya, ayam broiler pertama dibudidayakan di tanah air ialah pada 1950 an. Akan tetapi, ternak ayam broiler ini baru populer di tahun 1980-an. Jika sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait daging ayam memang dapat dipenuhi dengan ayam buras atau ayam kampung.

Namun seiring berjalannya waktu membuat budidaya ayam kampung tidak bisa lagi memenuhi permintaan akan daging ayam karena masa produksi ayam kampung terbilang cukup lama dan bahkan baru bisa dipanen ketika berumur 8 bulan. Hal tersebut yang menyebabkan ternak ayam kampung sedikit tidak dapat memenuhi permintaan besarnya permintaan pasar.

Maka di tahun 1981, akhirnya pemerintah baru gencar memperkenalkan ayam broiler. Keputusan pemerintah memang sangat tepat guna memenuhi permintaan konsumen akan daging ayam dan juga membantu memenuhi kebutuhan protein masyarakat. Sejak saat itulah, masyarakat sudah mulai menerima daging ayam broiler karena dagingnya yang enak dan juga harga ayam broiler yang relatif lebih murah.

harga-ayam-boiler

Jenis-Jenis Strain Ayam Broiler

Apakah Anda mengetahui, jika ayam pedaging ini juga mempunyai jenis-jenis strain ayam broiler? Jika belum mengetahuinya maka Anda patut mempelajarinya lebih mendalam mengenai ayam broiler. Pada dasarnya di Indonesia ada banyak sekali jenis strain ayam broiler yang dibudidayakan. Untuk lebih detailnya, berikut kami paparkan jenis strain ayam broiler yang paling banyak diminati untuk dibudidayakan di Indonesia.

Jenis Strain Ayam Broiler

1. Cobb

Strain cobb ayam broiler ini populer di banyak negara, bahkan lebih dari 60 negara sudah mengembangkan strain cobb ini. Umumnya strain ayam broiler ini lebih fokus pada tahap pengembangan guna memperbaiki performa rasio pemberian pakan ayam atau juga disebut dengan food convertion ratio atau FCR. Pada dasarnya, strain ayam broiler ini dikembangkan untuk bisa membantu pembentukan daging di bagian dada ayam. Jenis strain ayam broiler ini juga cukup mudah untuk beradaptasi di lingkungan iklim tropis yang bisa dikatakan cukup panas.

2. Ross

Strain ayam broiler ross sengaja dikembangkan untuk memiliki FCR yang bisa dikatakan cukup efisien. Strain ross dianggap unggul karena dalam perkembangan dan pertumbuhan relative cepat dan memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih baik. Sebenarnya, ayam dari strain ross dalam pelaksanaannya pengembangan genetika agar ayam memiliki kaki yang lebih kuat sesuai bobot ayam khususnya dapat menopang berat badan ayam yang cukup besar.

3. Hybro

Strain ayam broiler ross ini juga sengaja dikembangkan dengan fokus pada ketahanan daya hidupnya. Strain hybro ini mempunyai performa yang cukup baik untuk menetap di daerah yang beriklim tropis dan juga mempunyai ketahanan terhadap penyakit asites. Pada dasarnya, fokus pengembangan strain hybro lebih pada hasil karkasnya.

cara-beternak-ayam-potong

Cara Memilih Ayam Broiler Yang Tepat

Pada dasarnya cara memilih ayam broiler yang cukuplah mudah, yakni membeli ayam broiler langsung di peternakannya. Dengan membeli di peternakan tersebut maka bisa dipastikan jika ayam broiler yang akan Anda peroleh masih cukup segar dan dalam kondisi sehat. Hal lainnya yang harus Anda perhatikan saat membeli ayam broiler ialah melihat warna daging ayamnya.

Pada dasarnya, daging ayam broiler yang segar dan berkualitas akan memiliki warna kulit yang putih cerah serta sedikit kekuningan. Perlu Anda ketahui, kedua hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan agar Anda tidak mengonsumsi daging ayam yang berformalin ataupun ayam tiren.

Jika Anda salah membeli ayam maka dapat menyebabkan kesehatan anda menjadi terganggu, bahkan juga bisa menjadi hal yang sangat berbahaya karena dapat memicu sel kanker muncul di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, agar Anda terhindar dari daging ayam yang berformalin, tiren serta daging ayam glonggongan maka Anda harus memperhatikan kedua hal tersebut.

Ciri Kualitas Daging Ayam Yang Baik

Selain kedua hal tersebut Anda juga harus memastikan jika daging ayam yang Anda beli tersebut tidak berbau yang menyengat. Pada dasarnya, daging ayam yang berbau menyengat seperti bau busuk yang disertai dengan bau amis maka sebaiknya Anda menghindari pembelian daging ayam tersebut

Karena dapat dipastikan daging ayam tersebut ialah daging tiren karena mempunyai bau amis dan busuk. Daging ayam yang masih segar memang mempunyai bau amin, namun tidak disertai dengan bau busuk.

harga-ayam-boiler

Harga Ayam Terbaik

Berbicara mengenai ayam broiler memang tidak akan ada habis, termasuk berbicara mengenai harga ayam pedaging ini. Pada dasarnya, harga ayam broiler ini cukuplah bervariasi dan juga dipengaruhi oleh berat ayam broiler. Semakin berat bobot ayam broiler maka akan semakin tinggi pula harga ayam pedaging yang akan ditawarkan untuk Anda. Meskipun harga ayam pedaging ini sangat bervariasi, namun Anda tidak perlu khawatir.

Hal ini dikarenakan harga ayam ini tetap terbilang murah, apalagi saat Anda membeli ayam broiler di saat masa panen. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir dengan harga ayam pedaging ini, karena harga ayam broiler di jamin terjangkau. Karena itu ayam boiler tidak akan menguras isi dompet Anda.

Cara Agar Ternak Ayam Broiler Agar Lebih Menguntungkan

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu masalah besar dalam ternak ayam boiler adalah biaya pakan. Mahalnya harga pakan ternak seringkali mengubur impian peternak sukses di bisnis yang menggiurkan ini. Sebagian akhitnya bekerjasama dengan perusahaan, bermitra disupply ayam dan pakannya kemudian dibeli saat ayam sudah laik panen.

Namun kelemahan dari sistem ini adalah keuntungannya menjadi tidak maksimal karena di bagi dua dengan mitra tersebut. Belum lagi supply ayam yang sering datang terlambat, karena bibit sedang kosong. Hal ini tentu saja makin memperkecil keuntungan peternak karena siklus usaha atau panen dalam setahun semakin berkurang.

harga-ayam-boiler

Rahasia Sukses Ternak

Agar Anda tidak termasuk dan terjebak di bisnis ini, sebaiknya perhatikan dan persiapkan hal berikut:

  • Persiapkan pakan ternak ayam terlebih dahulu. Sekarang sudah banyak peternak yang memproduksi pakan ayam sendiri.Sehingga keuntungan usaha ternak ayam menjadi lebih banyak.Caranya yaitu dengan memproduksi maggot bsf.Panduan cara memproduksi maggot BSF
  • Peluang usaha, produksi maggot BSf sangat mudah dan murah, sehingga dalam waktu singkat Anda bisa memproduksi maggot dalam jumlah banyak.Maka siapkan diri untuk belajar pemasaran maggot dan jual maggot nya. Ikuti langkah mereka yang sudah sukses duluan.Langkah sukses pemasaran maggot

Baca Juga

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This