Apa itu Maggot BSF?

Maggot BSF adalah maggot yang berasal dari larva telur lalat. Jangan sampai salah pikir dan terkecoh, maggot bsf bukan berasal dari larva belatung lalat biasa seperti lalat hijau, abu-abu, dan lai sebagainya yang harus dibasmi keberadaannya. Maggot BSF berasal dari larva telur lalat tentara hitam. Lalat tentara hitam adalah lalat yang selama hidupnya, dia tidak pernah makan dan hanya minum saja. Maggot BSF ini merupakan maggot yang sehat, meskipun dia hewan omnivora, namun dalam sistem pencernaannya dapat menguraikan bakteri jahat, sehingga maggot ini terbebas dari mikro organisme jahat. Cara ternak maggot BSF/ cara membuat belatung BSF ini terbilang mudah, praktis dan tidak membutuhkan banyak biaya. Selain maggot BSF maka semua jenis maggot yang lain harus di basmi. Di bawah ini akan di bahas mengenai cara ternak maggot bsf/ cara membuat belatung bsf, pakan maggot bsf, cara membasmi belatung di atap rumah.

maggot BSF

bsf

Mengapa belatung-belatung lain selain maggot bsf (maggot tanpa bau) harus dibasmi? karena bila sampai belatung ini termakan, maka akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, belatung selain dari maggot bsf harus disingkirkan.

Bagaimana Cara Ternak Maggot BSF

Untuk dapat melakukan budidaya belatung BSF sangatlah mudah. Caranya praktis dan gampang, anda hanya perlu menyiapkan berbagai alat dan bahan/ peralatan sederhana. Ada beberapa metode yang dapat dijadikan media perkembangan/ pertumbuhan belatung BSF, ada dedak/ bekatul, ampas kelapa, ampas kelapa sawit, ampas tahu dan sebagainya. Salah media yang akan dibahas disini adalah ampas tahu. Di bawah ini adalah cara budidaya manggot bsf menggunakan ampas tahu.

Tahap persiapan

alat dan bahan:

  • Ember besar atau tong/ biotong
  • Ampas tahu
  • Plastik
  • Tali

Cara pembuatan:

  • Lubangi ember dengan ukuran 1cm
  • Jarak lubang jangan terlalu rapat
  • Cuci hingga bersih ember
  • Siramlah dengan air panas embernya agar bebas bakteri
  • Siapkan tali dan ampas tahu
  • Masukan tali pada lubang pegangan ember
  • Masukan ampas tahu dan gantungkan embernya
  • Penggantungan ember dilakukan agar dapat mengundang lalat bsf dan lebih cepat dan mudah

Jauhkan ember atau biotong yang anda jadikan wadah untuk produksi belatung ini dari berbagai gangguan yang muncul, seperti anak-anak, hewan pengerat, dan lain sebagainya. Ketika media siap maka akan menarik perhatian hewan lain seperti, tikus ganggarangan, rubah, anjing, dan lain-lain.

Pembiakan Lalat Tentara Hitam

Bagi sebagian besar orang yang baru memulai usaha maggot BSF ini mungkin jijik dan merasa geli, karena dimana kita akan dihadapkan langsung dengan membiakan larva lalat menjadi manggot untuk di budidayakan di lapangan. Anda harus memiliki indukan terlebih dahulu untuk menghasilkan benih, indukan disini adalah indukan lalat tentara hitam berupa lalatnya. Maka dari itu digunakanlah ampas tahu untuk mengundang induk agar bertelur.

Lalat tersebut nantinya akan datang dan mengerumuni ampas tahu yang dimasukan dalam wadah yang menggantung. Lalat-lalat yang berkumpul dalam ampas tahu akan menghasilkan telur di tempat yang mereka sukai. Maka dengan adanya wadah ember ini akan memudahkan lalat tentara hitam untuk bertelur dan berkembang biak. Menjelang beberapa hari, telur maggot bsf tersebut akan menetas menjadi larva lalat bsf. Disinilah anda akan mulai sedikit demi sedikit memberikan pakan.

Pakan Maggot BSF

Pakan maggot bsf sangat mudah didapatkan, anda dapat memanfaatkan limbah sayur-sayuran maupung limbah buah-buahan yang ada di pasar. Anda tidak perlu membayar alais gratis, anda hanya butuh keberanian untuk mengumpulkannya atau  anda dapat menyuruh orang lain.

Panen Maggot BSF

Anda sudah dapat menikmati hasil ternak maggot anda ketika larva mencapai usia 7 hari ke atas. Untuk panen anda dapat menggunakan saringan agar maggot dan pakannya dapat terpisahkan dengan baik.

itulah cara ternak maggot BSF di rumah. Selanjutnya adalah bagaimana cara membasmi belatung yang berkeliaran di rumah anda, bukan belatung BSF tentunya.

Cara Membasmi Belatung

  • Siram belatung yang berkumpul dengan air mendidih
  • Taburkan tanah diatom (jenis tanah yang berasal dari batuan sedimen silika) pada belatung
  • Taburi dengan jeruk limau atau garam
  • Siram dengan larutam air cuka
  • Simpan botol anker bir yang masih berisi di dekat belatung berkumpul, maka mereka akan merangkak naik ke atas dan terjatuh tenggelam

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This