Cara Merawat Ikan Lele

Dalam budidaya ikan lele anda harus memperhatikan hingga detail terkecil. Berikut ini akan dibahas mengenai detail-detail tersebut. detail tersebut adalah cara meerawat ikan lele, cara ternak lele cepat panen, anakan lele, pakan bibit lele, dan agar lele cepat besar.

Cara Merawat Ikan Lele Usia 1-5 Hari

Cara merawat ikan lele usia 1-5 hari sangat membutuhkan perhatian lebih. Ikan lele pada usia tersebut rentan terhadap kematian karena suhu yang berubah-ubah. Oleh karena itu anda harus selalu mengecek suhu air dalam kolam pembibitan. Jagalah suhu tetap stabil kisaran 260-280. Untuk pakan cukup dengan pakan alami yakni mikro organisme plankton, alias jangan diberi pakan dahulu.

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Cara Merawat Ikan Lele Usia 6-16 Hari

Cara merawat ikan lele usia 6-16 hari, pada usia tersebut ikan lele membutuhkan nutrisi tambahan. Dikarenakan pakan alami berupa plankton telah habis. Anda dapat memberikan pakan berupa caring, keong sawah, atau larva maggot. Berikan pakan sebanyak 2 kali sehari pada malam dan pagi ahri. Selain pakan, air juga harus diperhatikan, ganti air yang telah kotor dengan air baru. Jangan diganti semua, cukup setengahnya saja.

Cara Merawat Ikan Lele Usia 17-27 Hari

Cara merawat ikan lele usia 17-27 hari, ketika sudah mencapai usia tersebut maka pakan alami harus segera diganti dengan pakan buatan untuk tambahan nutrisi lebih lagi. Pakan buatan dapat berupa serbuk tepung atau pelet terapung. Contohnya, anda dapat menggunakan serbuk tepung maggot yang telah diolah dengan standarisasi yang tinggi.  Pada usia ini berikan pakan secara rutin 4x sehari. Pada malam, pagi, siang, dan sore hari.

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Cara Merawat Ikan Lele Usia 28-31 Hari

Cara merawat ikan lele usia 27-31 hari, pada usia ikan lele mencapai kurang lebih 1 bulan. Anda harus mengganti pakan dengan tingkat kepadatan 70% atau pelet tenggelam. Pakan dapat berupa pelet bulat-bulat atau berbentuk butiran, atau pasta maggot. Gunakan pakan sebagai 3x sehari. Kemudian, karena pada usia ini bobo lele sudah besar maka harus dipindahkan sebagian. Agar tidak penuh sesak dalam kolam.

Cara Merawat Ikan Lele Usia 32-41 Hari

Cara merawat ikan lele usia 32-41 hari, anda dapat mengurangi pakan hingga 50%. Karena pada usia ini anda sudah dapat memanen hasil kerja keras anda. Berikan pakan hanya 2x sehari saja pada pagi dan waktu sore hari.

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Cara Ternak Lele Cepat Panen

Dalam budidaya ikan lele tentunya anda ingin agar ikan lele anda cepat panen. Berikut aini adalah cara ternak lele cepat panen.

  • Cara ternak lele cepat panen adalah anda harus perhatikan pembuatan kolam. Kolam harus mencapai ketinggian 100-150cm, panjang dan lebar tergantung kebutuhan.
  • Bebas mikro organisme jahat adalah cara ternak lele cepat panen yang kedua. Lakukan dengan cara pengapuran pada kolam tanah, dan pembersihan pada kolam terpal. Selalu keringkan selama 3-7 hari setelah proses pengapuran atau pembersihan.
  • Cara lele cepat panen yang ketiga. Pastikan pakan alami berupa mikro organisme baik mencukupi untuk anakan lele. Ketersediaan mikroorganisme dapat dilakukan dengan penebaran pupuk kompos dan urea.
  • Cara ternak lele cepat panen yang ke empat adalah, tercukupinya nutrisi dan protein dalam pakan. Perhatikan jangan sampai pakan kadaluarsa atau disimpan di tempat kering.
  • Cara ternak lele cepat panen yang kelima adalah, perhatikan sirkulasi air. Ganti selalu air yang telah kotor dalam kolam agar kesehatan ikan lele selalu terjaga.

Anakan Lele

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Anakan Lele Berasal dari Budidaya Ikan Lele

Cara yang pertama adalah memastikan bahwa bibit yang akan Anda beli memang berasal dari budidaya ikan lele, bukan bibit dari sembarangan. Anda bisa membeli benih ikan lele tersebut langsung kepada peternak bibit ikan lele, banyak petani ikan yang khusus menjual bibit lele. Jangan membeli benih lele di pasar ikan, karena bisa dipastikan Anda tidak akan mengetahui riwayat indukannya.

Anakan Lele  Kondisi Fisiknya Lengkap

Cara memilih bibit ternak lele yang bagus kedua adalah memastikan bahwa kondisi fisiknya lengkap seperti sirip, ekor dan antena. Memang kita tidak bisa memilih satu per satu benih ikan lele yang akan Anda beli. Namun paling tidak Anda bisa mengamati lebih teliti sebagian besar bentuk fisik dari benih ikan tersebut.

Bibit Anakan Lele dalam Kondisi Sehat

Kesehatan bibit ikan lele ditandai dengan gerakan yang aktif, lincah dan tidak loyo. Anakan ikan lele terbebas dari segala macam penyakit seperti gatal, herpes, atau jamur/parasit. Ikan lele yang tidak sehat biasanya akan lebih banyak diam dan mengambang di atas permukaan air, badan penuh luka dan nafsu makan yang menurun.

Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan benih ikan lele yang hendak Anda beli lainnya ialah warna permukaan kulit yang cerah serta mengkilap, tidak kusam. Kemudian saat ditaruh pada air berarus lemah dia akan bergerak melawan arus.

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Memperhatikan Riwayat Indukan Anakan Lele

Hal keempat dalam teknik mencari benih lele unggul adalah dengan cara memperhatikan riwayat indukan. Hindari bibit ikan lele yang berasal dari pemijahan dalam tingkat kekerabatan yang tinggi atau biasa disebut inbreeding. Hal tersebut tentunya akan menurunkan kualitas dari ikan lele diantaranya mudah terserang penyakit, tingkat perkembangan yang rendah, serta tingkat hidup yang rendah pula

Ukuran Bibit Anakan Lele  Seragam

Jika Anda ingin panen lele dalam satu waktu, tentu harus memilih bibit lele yang seragam ukurannya. Tidak harus mempunyai ukuran yang sama persis, tapi paling tidak hampir sama satu sama lain. Hal tersebut juga gunda menghindari kanibalisme sesama ikan lele saat proses pembudidayaan berlangsung. Biasanya ikan yang lele berukuran besar akan memangsa ikan yang ukurannya terlalu kecil.

Anakan Lele Mempunyai Sertifikat CPIB

Hal terakhir yang perlu perhatikan adalah sertifikat CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Untuk point terakhir ini tidaklah mutlak, akan tetapi apabila bibit lele yng Anda beli mempunyai sertifikat CPIB berarti bisa dipastikan merupakan bibit unggul karena telah diakui oleh instansi terkait.
Nah beberapa point cara memilih bibit ikan lele di atas bisa Anda jadikan patokan apabila ingin memulai usaha budidaya ikan lele unggul. Jika dalam pemilihan bibit serta proses budidaya yang Anda jalankan sesuai prosedur yang ada, maka hasil panen Anda tentunya juga akan bagus.

Pakan Bibit Lele

Ada tiga jenis pakan bibit lele (usia 6-16 hari). Ada pakan bibit lele yang alami, pakan bibit lele yang tambahan, dan pakan bibit lele yang buatan.

  • Pakan Bibit Lele Alami. Pakan bibit alami lele dapat berupa mikro organisme, plankton, cacing darah (ucu), larva maggot, darah sapi, dan lain sebagainya.
  • Pakan Bibit Lele Tambahan. Untuk pakan bibit lele tambahan dapat berupa campuran dedak dan larva maggot yang dan haluskan. Atau bisa juga menggunakan campuran larva maggot, bekatul dan tepung jagung dan haluskan.
  • Pakan Bibit Lele Buatan. Anda dapat meracik sendiri bahannya dengan total bahan yang dicampur mencapai berat 100gr. Komposisinya adalah: tepung darah 5gr, vitamin 1gr, bungil kacang tanah 18gr, bungil kacang kedelai 20gr, tepung maggot 27gr, mineral 0.5gr, dedak 9gr, tepung kacang hijau 9gr, tepung terigu 10.5gr.

cara-merawat-ikan-lele-agar-lele-cepat-besar

Agar Lele Cepat Besar

Dalam setiap melakukan budidaya perikanan, tentunya para pembudidaya ingin agar ikannya cepat besar. Sama halnya dengan ikan lele. Pasti anda ingin agar lele cepat besar. Berikut ini adalah cara agar lele cepat besar:

  • Agar lele cepat besar perhatikan pemilihan benih ikan lele. Agar lele cepat besar, anda harus mendapatkan benih yang berkualitas sama rata semua. Cepat tumbuh besar, gesit, dan tahan penyakit. Disarankan untuk pembelian benih melalui pembudidaya langsung atau balai penelitian. Ingat benih yang dipilih harus mencapai ukuran yang sama yakni 4-5cm.
  • Pemilihan pakan setelah mencapai usia 6 hari. Usahakan anda memberikan yang mengandung nutrisi lengkap dan kadar protein tinggi agar lele cepat besar.
  • Atur waktu pemberian pakan. Pada usia 1-5 hari (alami plankton), usia 6-16 (2x sehari), usia 17-27 (4x sehari), usia 28-31 (3x sehari), dan usia 32-41 (2x sehari).
  • Untuk kolam pembesaran yakni pada usia 28-31 dan 32-41, gunakan kolam terpal. Karena penggunaan kolam terpal lebih mudah dalam pengaplikasiaannya, mudah dibersihkan, dan mudah dalam penggantian air.
  • Penggantian air dilakukan sebanyak 1-2x dalam sebulan dalam kolam terpal. Hal tersebut disebabkan air akan cepat keruh karena penggunaan pakan dan kotoran ikan lele.
  • Agar lele cepat besar maka anda juga harus memperhatikan kesehatannya yakni dengan memberikan prebiotik. Hal tersebut ditujukan agar lele tetap sehat.

Baca Juga

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This