Cara Merawat Ayam Yang Baik dan Benar

Cara merawat ayam – Walaupun sebagian orang menganggap bahwa makanan ayam dan cara merawat ayam yang benar dan baik itu rumit, tetapi jika anda mengetahui titik celahnya dan bagaimana perawatan dan sanitasi kandang yang benar maka semuanya itu tidak akan menjadi kendala.

Oleh karena itu, di artikel ini akan membagikan informasi yang sangat penting bagi para pecinta ayam ternak maupun ayam ras.

Yuk mari simak penjelasannya secara lengkap dan detail di bawah ini sebagai berikut.

cara-merawat-ayam

Perawatan Ayam Yang Baik

Sekarang anda akan lebih paham untuk merawat ayam sebagaimana yang seharusnya dilakukan. Bagi anda yang belum paham dan mungkin saja baru memulai memelihara ayam sebaiknya harus mengetahui bagaimana cara yang benar dalam merawat ayam dan sanitasi kandang agar ayam anda tersebut tetap sehat dan tidak terserang penyakit mematikan.

Yuk dari pada anda semakin penasaran, di bawah ini akan kita bahas secara lengkap penjelasannya sebagai berikut ini.

Hewan yang termasuk ke golongan unggas ini memang harus melewati beberapa perawatan yang benar. Sama halnya dengan hewan unggas lain contohnya itik, angsa, burung dan hewan unggas lainnya.

Sanitasi Kandang

Perawatan ayam yang benar dan baik mungkin salah satunya dapat dilakukan dengan cara tetap menjaga kesehatan ayam tersebut untuk dapat mengetahui hal yang harus dilakukan ke depannya.

Yang harus anda ketahui bahwa memelihara ayam tersebut bukan hal yang mudah pula, mengapa dikatakan demikian ? Karena jika dilihat dari sudut sanitasinya, apabila kurang baik penangannya maka dapat mendatangkan perkara yang tak baik pula dalam pemeliharaannya tersebut.

Waspada Virus Ayam

Ayam yang anda pelihara tersebut dapat terkena virus yang membuat ayam itu menjadi sakit, tak hanya itu saja apabila pemberian pakan ayam tersebut tidak sesuai atau terlalu banyak maka ayam itu akan terganggu metabolismenya.

Ayam menggunakan paruhnya untuk memakan semua jenis pakan yang disediakan untuk mereka. Dengan demikian ayam akan memakan sebagian binatang yang menurut anda itu menjijikan tetapi bagi ayam merupakan pakan yang sangat pas seperti ulat, cacing dan berbagai macam makanan yang menjijikan.

Pemeliharaan ayam ini pun harus diperhatikan dari awal perawatannya. Misalnya perawatan yang paling mendasar untuk ayam yaitu kandang dan pakan yang cocok untuk mereka.

Kesimpulannya

Perawatan ayam harus benar – benar dipantau agar pertumbuhan ayam tersebut tidak terganggu, maka penyediaan bahan merawatnya juga harus lengkap serta secara rutin.

Tak hanya itu saja, setelah anda mengetahui bagaimana cara merawat ayam maka harus mengetahui apa saja sih penyakit yang dapat menyerang ayam peliharaan anda.

cara-merawat-ayam

Penyakit Yang Dapat Terserang Oleh Ayam

Walaupun anda telah mengetahui bagaimana cara merawat ayam yang benar, sekarang anda wajib mengetahui penyakit yang dapat menyerang hewan unggas yang satu ini. Bagi anda yang ingin memelihara ayam,

Selanjutnya anda wajib mengetahui apa saja penyakit yang terdapat di ayam, antara lain:

a. Penyakit Ngorok atau Chronic Respiratory Disease ( CRD )

Penyakit ini disebabkan oleh terinfeksinya bakteri microplasma galisepticum yang akan menyerang ayam berusia 4 hingga 9 minggu.

Ayam akan tertular dari akibat kontak mata dengan sesama ayam yang telah terserang penyakit ini, pakan dan juga peralatan ayam.

Sementara itu, gejala dari ayam yang terserang penyakit ini bisa dilihat dari ayam yang sering menggeleng – gelengkan kepalanya, mengeluarkan suara dengkuran serta dapat mengeluarkan eksudat yang berbuih dari ayam.

Ayam tersebut dapat diobati dengan cara diberikan baytrit hanya 10 % saja dan juga dapat diberikan mycomas dengan dosis sekitar 0,5 ml/L air minum.

b. Penyakit snot

Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri Haemophillus Gallinarum. Biasanya ayam yang akan terserang penyakit ini juga dipengaruhi dari berubahnya musim yang membuat kesehatan ayam menjadi menurun.

Sama dengan penularan pada umumnya, penularan dari penyakit ini bisa terjadi dari kontak langsung dengan ayam yang sedang sakit, debu, udara, serta wadah pakan ayam. Anda dapat mencegah ayam tidak terserang penyakit ini dengan cara rutin membersihkan kandang ayam agar terhindar dari bakteri penyakit.

c. Penyakit Tetelo

Penyakit yang sangat sering terserang oleh ayam yang disebabkan oleh virus paramyxo dan akan menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan ayam. Biarpun ayam yang terserang penyakit ini harus dijauhkan dari ayam yang lain.

Ayam ini harus diberikan vaksin secara teratur paling tidak 4 bulan sekali.

Setelah anda mengetahui penyakit apa saja yang dapat menyerang ayam peliharaan anda, sekarang waktunya anda untuk mengetahui lokasi kandang yang cocok bagi ayam anda dan ukuran yang pas untuk ayam anda.

cara-merawat-ayam

Ukuran Kandang Ayam Serta Lokasi Kandang

Setelah anda mengetahui informasi yang berguna di atas ini, sekarang waktunya bagi anda untuk dapat memilih lokasi untuk kandang agar perkembangan ayam tersebut baik kedepannya. Oleh karena itu, pemilihan lokasi dan ukuran ayam ini harus benar – benar cocok bagi ayam yang anda pelihara.

Lokasi Kandang

  • Lokasi kandang ayam tersebut sebaiknya mengarah ke matahari agar memberikan cahaya pagi bagi ayam tersebut dan juga jangan sampai terlalu dekat dengan rumah anda.Karena hal tersebut dapat mengakibatkan area rumah anda menjadi kotor serta dapat menyebabkan timbulnya wabah penyakit dari ayam tersebut.
  • Harus memiliki ventilasi yang cukup bagi kandang tersebut agar dapat menghirup udara segar dari luar dan juga jangan sampai ventilasi yang anda buat terlalu besar karena akan membahayakan ayam itu sendiri.
  • Letakkan kandang ayam tersebut di area yang kering dan bersih agar ayam peliharaan anda menjadi lebih sehat. Itu pula menjadi salah satu cara merawat ayam yang benar dan baik ya.
  • Ukuran dari kandang ayam tersebut dapat disesuaikan dengan usia ayam, bobot tubuh ayam dan jangan sampai ayam tersebut merasa menjadi terdesak di kandangnya sendiri. Pastikan dan persiapkan kendang yang nyaman
  • Jangan lupa untuk terus mencuci secara rutin peralatan ayam dan kandang ayam agar dapat mencegah datangnya penyakit yang dapat menyerang ayam tersebut.

Nah, sekarang waktunya anda harus mengetahui kapan saja ayam tersebut diberikan pakan agar tetap terjaga kesehatannya.

cara-merawat-ayam

Makanan Ayam Pola Pemeliharaan

Secara garis besarnya, pakan ayam – ayam ini harus disesuaikan dengan berapa tingkatan usia ayam itu sendiri, seperti :

  • 7 gram per harinya bagi ayam berusia 1 minggu
  • 19 gram per harinya bagi ayam berusia 2 minggu
  • 34 gram per harinya bagi ayam berusia 3 minggu
  • 47 gram per harinya bagi ayam berusia 4 minggu
  • 58 gram per harinya bagi ayam berusia 5 minggu
  • 66 gram per harinya bagi ayam berusia 6 minggu
  • 72 gram per harinya bagi ayam berusia 7 minggu
  • 74 gram per harinya bagi ayam berusia 8 minggu

Makanan Ayam Terbaik

Maggot BSF tinggi protein dan lengkap nutrisinya sehingga sangat bagus dijadikan bahan campuran pakan ternak ikan dan unggas.

  1. Panduan Lengkap Cara Budidaya Maggot
  2. Cara Mengolah Maggot Jadi Pakan Ternak
    (Pasta Maggot, Tepung Maggot, Pelet Maggot)
  3. Tanya Jawab Budidaya Maggot
  4. Pemasaran Magot BSF
  5. Pilih Tempat Praktek Langsung di Peternakan
    Ada 99 Lebih Lokasi Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

Berikan Vitamin

Setiap minggunya ini, pakan setiap ayam tersebut akan meningkat 2 kali lipat dari biasanya karena tergantung dari usia si ayam tersebut pula. Dan hal ini pun dilakukan, karena untuk mendapatkan ayam yang memiliki tubuh besar dan dapat menghasilkan ayam yang sehat pula.

Bahkan untuk pemberian minum bagi ayam tersebut tidak boleh putus yaa dari tahap awal perawatan hingga besar dan juga jangan lupa di campurkan dengan vitamin hingga anti boitik ya.

Setelah semua informasi tersebut anda dapatkan, sekarang anda dapat menentukan bagaimana cara merawat ayam yang benar dan baik dari bibit hingga dapat diperjual – belikan.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This