Cara Memelihara Ayam Potong Yang Baik dan Benar

Sukses beternak broiler – Cara Memelihara Ayam Potong – Berbisnis ayam potong kini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak ayam potong dapat menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan jika dikelola dengan baik dan benar. Lalu bagaimana bisa sukses beternak ayam broiler ?Apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Jika iya maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai perawatan dari ayam potong. Merawat Ayam Potong Yang Baik dan Benar. Yang sangat menggembirakan sekarang kita bisa hemat pakan dengan cara memberikan magot yang terbukti membuat ayam cepat besar.

Kandang Ayam Potong

1. Langkah awal merawat ayam potong adalah dengan memperhatikan kandang.

Jika Anda berniat untuk beternak ayam ini maka usahakan bangun atau buat kandang yang jauh dari jangkauan atau pemukiman warga.

Hal ini bertujuan agar kondisi ayam tetap stabil tanpa adanya gangguan begitu juga dengan warga sendiri yang tidak akan terganggu dengan adanya ternak ayam ini.

cara-memelihara-ayam-potong

2. Struktur dan Perlengkapan Kandang

Perhatikan struktur dari kandang berikan penerangan yang cukup disetiap sudut kandang, berikan sirkulasi udara yang cukup dan

Pembagian Kandang Ayam

Usahakan kandang dibagi menjadi jadi dua yaitu kandang untuk ayam yang sudah siap potong dengan ayam yang belum siap potong.

Tujuan pembagian ini adalah agar nantinya pertumbuhan dari ayam yang belum siap potong dapat maksimal.

Selanjutnya untuk membatasi antara kandang ada banyak cara dan yang paling mudah bisa dengan membuat sekat.

Penghangat Kandang

Berikutnya untuk kandang ayam yang belum siap potong atau terhitung ayam yang masih kecil berikanlah tambahan penghangat suhu seperti brooder dan lain-lain.

Tujuan dari penghangat ini adalah untuk menjaga kondisi tubuh ayam karena ayam mudah sekali kedinginan apalagi untuk ayam yang belum siap potong.

Usahakan berikan juga di kandang ayam yang sudah siap potong untuk berjaga-jaga jika sewaktu cuaca atau kondisi yang tiba-tiba menjadi dingin.

3. Perawatan Kondisi Kandang

Jika kandang ayam sudah dilengkapi dengan penerangan yang baik, sirkulasi udara yang baik, terbagi menjadi dua bagian, dan sudah memiliki penghangat ruangan maka langkah selanjutnya adalah merawat kondisi kandang.

Kebersihan Kandang

Perawatan kondisi kandang ayam potong dapat dilakukan setiap harinya dengan membersihkan kandang dengan minimal menyapu kotoran dan sisa makanan dari ayam.

Menyapu Kandang

Sapu dan bersihkan kandang setiap hari guna menjaga kenyamanan ayam agar tidak mudah stres. Apakah pembersihan kandang hanya dengan menyapu?

Tentu tidak. Jika dirasa kandang sudah mulai kotor dan tidak cukup hanya dengan disapu maka cuci dan bersihkan kandang.

Cuci Kandang

Cuci disini berarti penyiraman air ke seluruh sisi kandang kemudian bersihkan kotoran dan sisa makanan yang mengeras pada dinding atau lantai kandang.

Pencucian kandang ini bisa Anda lakukan 2 Minggu sekali atau jika dirasa sudah perlu untuk dicuci maka segera cuci kandang, begitu seterusnya jika ingin membuat ayam nyaman di kandang.

cara-memelihara-ayam-potong

Tips:

Ada sedikit tips yang sangat direkomendasikan untuk Anda terapkan yaitu buatlah dua kandang ayam yang tujuannya adalah apabila kandang ayam yang satu sedang dicuci atau dibersihkan maka ayam-ayam bisa dipindahkan terlebih dahulu ke kandang lain.

Hal ini bertujuan untuk menghindari ayam potong yang nantinya akan mudah kedinginan jika terkena air saat Anda melakukan pencucian kandang.

Namun jika Anda tidak mempunyai kandang cadangan maka perhatikan kondisi ayam jangan sampai ayam mengalami kedinginan.

Perawatan Ayam

Jika diatas sudah dibahas mengenai pembuatan dan perawatan kandang kali ini langkah selanjutnya adalah memperhatikan kondisi ayam potong mulai dari perawatan dan lainnya.

Perawatan Ayam Belum Siap Potong

Pertama adalah perawatan ayam yang belum siap potong atau ayam yang tergolong masih kecil.

Pemberian Pakan Ayam

Perawatan ayam belum siap potong diawali dengan pemberian pakan. Usahakan pemberian pakan dilakukan setiap saat dalam artian jika terlihat pakan yang diberikan sudah habis segera tambahkan.

cara-memelihara-ayam-potong

Pemberian Pakan Lengkap Nutrisi dan Super Murah

Pastikan selalu memberikan pakan bernutrisi lengkap agar perkembangan dan pertumbuhan ayam maximal.

Sayangnya harga pakan dengan nutrisi lengkap tidak murah dan seringkali malah menjadi biang kerugian dan bisa gulung tikar.

Solusinya adalah membuat pakan sendiri dangan biaya super murah yaitu dari maggot bsf. Maggot BSF sangat kaya nutrisi dan sudah terbukti membantu menyelesaikan masalah beban pakan para peternak.

Biaya membuat maggot berkisar 3.000/kg dan dicampur dengan bahan lain menjadi lima kg pakan ternak atau menjadi sekitar Rp500 per kg nya.

Dengan biaya hanya Rp500/kg tentu akan sangat membantu mengatasi besarnya biaya pakan.

Berikut panduan memproduksi maggot BSF untuk pakan ternak

cara-memelihara-ayam-potong

Tempat Minum Ayam

Kemudian perhatikan juga dengan kondisi tempat minum ayam yang harus selalu diganti dengan yang baru apabila sudah terlihat habis atau kotor.

Pemberian pakan pada tahap ayam ini harus benar-benar yang mengandung nutrisi tinggi dimaksudkan agar pertumbuhan ayam dapat semakin cepat tumbuh secara sehat.

Perawatan ayam ini selain diberi makan adalah diberikan vaksin dengan tujuan untuk menghilangkan virus atau penyakit dalam tubuh ayam.

Pemberian Vaksin

Tahap pemberian vaksin pertama adalah saat ayam berumur 5 hari dan kemudian akan dilanjutkan pada tahap kedua ketika ayam sudah siap potong.

Ayam potong yang masih usia dini atau belum siap potong masih sangat rentan stres, terkena penyakit dan kedinginan maka sebaiknya terus perhatikan kondisi dari ayam pada tahap ini.

Tips:

Beri perhatian extra, Kandang dari ayam belum siap potong harus lebih diawasi lagi guna mencegah ayam yang terkena penyakit atau stres.

Perawatan Ayam Sudah Siap Potong

Ayam yang sudah tergolong siap potong adakah ayam dengan usia yang memasuki 25 hari.

Ayam yang sudah siap potong harus dipisahkan dari ayam yang belum siap potong agar perawatannya tidak rumit dan nantinya saat akan panen bisa lebih mudah.

Manajemen Pakan Ayam

Kemudian untuk pemberian makan ayam sudah siap potong tidak jauh berbeda dengan ayam yang belum siap potong yaitu jika dirasa makanan sudah mulai habis maka terus tambahkan maka dari itu harus selalu rutin untuk melakukan cek terhadap kondisi ayam.

Pemberian makan juga tetap harus makanan yang mengandung banyak nutrisi jangan beranggapan jika ayam sudah tumbuh pemberian makan bisa dengan sembarangan jika itu dilakukan maka akan mempengaruhi pertumbuhan dari ayam potong itu sendiri.

Tujuan dari pemberian makanan yang banyak mengandung nutrisi adalah agar ayam dapat tumbuh menjadi ayam sehat dan besar.

cara-memelihara-ayam-potong

Vaksin Ayam

Selain itu ayam yang sudah potong juga harus diberikan vaksin dan pemberian vaksin ini merupakan tahap kedua dari yang sebelumnya saat ayam masih kecil.

Pemberian vaksin dilakukan dengan cara meneteskan vaksin pada mata atau bisa juga dengan menyuntikkan vaksin ke dada ayam yang sudah dewasa.

Vaksin yang sudah diberikan nantinya akan membuat ayam menjadi lebih sehat dan siap untuk dipanen atau dipotong.

Berikutnya selain pemberian vaksin ayam yang sudah siap potong juga harus selalu dicek kondisinya apalagi saat musim hujan atau musim dingin.

Penghangat Kandang

Walaupun sudah dewasa dan sudah diberi vaksin bukan berarti ayam dewasa atau ayam siap potong tahan akan cuaca ekstrim karena ayam pada tahap ini juga rentan kedinginan maka dari itu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu memasang penghangat ruangan di setiap kandang sehingga semua ayam akan berada dalam kondisi yang baik.

Panen Ayam Potong

Kondisi ayam saat akan dipanen juga harus di cek dan dipilah-pilah lagi. Pilih terlebih dahulu ayam yang sehat dan jika ada yang kurang sehat maka singkirkan terlebih dahulu.

Jika sudah memilih ayam yang sehat maka timbang berat ayam satu persatu untuk memastikan ayam siap dipotong.

Selain kesehatan ayam potong juga harus diperhatikan beratnya apakah layak untuk dipotong atau tidak.

Walaupun ayam tergolong sehat namun beratnya tidak ideal maka jangan dipanen dahulu rawat kembali dan jadikan ayam tersebut lebih gemuk atau lebih ideal.

Ciri Ayam Sehat

Untuk mengetahui ayam yang kurang sehat biasanya dapat dilihat dari ciri seperti gerakannya yang kurang aktif atau lemas.

Pemilihan ini sangat penting dalam proses panen jangan sampai ayam kurang sehat ikut dipanen yang nantinya akan merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.

Cek dan Ricek

Usahakan jeli untuk mengecek kondisi ayam sebelum dipanen. Seumpama ada ayam yang kurang sehat sebisa mungkin diobati namun jika memang tidak bisa diobati maka cara yang mudah adalah menyembelih lalu ditimbun dalam tanah.

Itulah perawatan ayam potong dari mulai perawatan kondisi kandang, kondisi ayam hingga kondisi saat panen.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk memulai bisnis ayam potong harus benar-benar di cek segala kondisi dan juga keadaannya mulai dari kandang hingga kondisi ayam.

Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan Anda terhadap ayam potong apalagi jika Anda ingin memulai bisnis yang menjanjikan tersebut.

Baca Juga

 

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This