Panduan Cara Beternak Maggot

Cara beternak  maggot dengan dedak dan bahan-bahan yang lainnya, terbilang mudah dan menjadi alternatif usaha sukses untuk para peternak khususnya peternak berbagai jenis ikan, dan ungags seperti. ayam petelur, lele, dan lain-lain. Hal tersebut disebabkan karena maggot BSF memiliki kandungan nurtrisi yang lengkap serta tinggi protein. Dibawah ini akan dibahas mengenai panduan beternak maggot, mulai dari alat beternak maggot, media beternak maggot, download panduan cara beternak maggot, dan cara pembuatan kandang maggot.

Selain itu biaya produksi maggot terbilang sangat murah. Dan yang terpenting memproduksi maggot mudah. Maggot atau belatung atau larva merupaka “anak” dari lalat, maggot semasa hidupnya lebih banyak dihabiskan di media atau tempat sampah. Maggot BSF setelah berumur tiga sampai empat minggu akan berubah menjadi prepupa – pupa dan kemudian menetas menajadi lalat BSF dewasa.

Maggot BSF hidup subur di iklim tropis seperti Indonesia. Ketika anda akan membudidayakan maggot BSF maka anda membutuhkan media yang sesuai dengan tempat hidup lalat tentara hitam. Tempat ini disebut sebagai tempat maggot berkoloni. Di Indonesia tempat maggot ini disebut Biotong.

Alat dan Bahan Cara Beternak Maggot

Kandang harus dipersiapakan dalam budidaya maggot untuk menampung lalat yang menetas agar tidak terbang kemana mana. Ukuran kandang bisa bermacam-macam sesuai dengan ketersedian lahan. Umumnya untuk pemula minimal 2x2x2. Pakan utama maggot adalah sampah, dan sampah menggunung dimana-mana, sehingga bisa diperoleh dengan mudah dan dengan biaya murah. Untuk pakan alami alternatif ternak ikan, unggas, reptile dan pets, nutrisi maggot sangat lengkap bahkan kandungan proteinnya mencapai 45%. Berikut ini adalah persiapan yang harus anda lakukan:

  • Siapkan Media
  • Tempat/wadah Maggot
  • Kandang Maggot

Bagaimana caranya agar budidaya belatung/ maggot BSF anda dapat sukses dan terus berkembang? Semua itu tergantung dari cara anda dalam memilih panduan budidaya maggot yang bagus. Hal pertama yang harus diperhatikan bila bisnis maggot BSf anda ingin sukses adalah dalam pemilihan bibit dan menternakan bibit. Banyak para pembudidaya melewatkan hal tersebut karena dianggap biasa-biasa saja. Untuk mengetahui ciri-ciri bibit maggot BSF yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Dedak
  • Ampas tahu
  • Kotoran ayam
  • Limbah nasi
  • Jeroan ayam

Cara Pembuatan Media Cara Beternak Maggot

  • Keringkan kotoran ayam, kemudian campur dengan ampas tahu dengan perbandingan2:1
  • Campurkan booster budidaya maggot yang kaya akan nutrisi maggot dengan dosis 2 gram untuk 1 kg media, lalu aduk secaramerata.
  • Simpan pada wadah/ media
  • Larutkan 3 gram booster budidaya maggot dengan satu gelas air, lalu disemprotkan ke media agar lembab. Hal tersebub dilakukan untuk mencegah terjadinya kelembaban dalam media.
  • Penyemprotan dengan booster budidaya maggot dilakuan sehari sekali.

Tempat Maggot atau wadah maggot atau Biotong

Maggot BSF merupakan hewan yang menyukai tempat yang kering tidak lembab, hangat, dan sinar matahari tidak mengenainya secara langsung. Kandang harus dibuat dengan bentuk menyesuaikan dengan ketersedian lahan. Ketika Larva maggot mulai berkembang selama 2-4 minngu maka anda dapat memanennya.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This