Cara Beternak Ayam Potong – Sukses Beternak Ayam Potong

Cara beternak ayam potong – Ayam potong atau ayam pedaging – dari sekian banyak ternak yang cukup diminati saat ini dan dirasa menguntungkan adalah ternak ayam pedaging. Ayam pedaging disebut juga dengan ayam negri pedaging atau ayam potong.

Dibandingkan dengan ayam kampung, jika dikalkulasi, ayam pedaging jauh lebih menguntungkan karena dagingnya yang banyak, proses pemasakan yang cepat, dan terasa empuk.

Ayam kampung teksturnya lebih keras dan dari segi jumlah dagingnya jauh lebih sedikit.

Bagaimana? Tertarik beternak ayam pedaging?  Coba beberapa langkah praktis seperti berikut ini!

Catatan Penting:

Salah satu masalah terbesar dunia ternak adalah besarnya biaya pakan.

Persiapan dengan baik pakannya dulu sebelum memulai ternak ayam. Banyak cerita ternak ayam makan kijang. atau ternak ayam makan kalung istri.

Dan gulung tikar karena besarnya biaya pakan.

Pelajari cara membuat pakan ternak ayam potong sendiri yang murah dan mudah agar usaha Anda dapat terus berkembang

cara-beternak-ayam-potong

Pertimbangkan Kualitas Bibitnya

Beternak apapun itu, termasuk di dalamnya adalah beternak ayam pedaging, harus memperhatikan kualitas bibitnya.

Bibit yang unggul memiliki ciri-ciri:

  • Tubuh nampak gemuk dan bulat.
  • Bulunya lebat, bersih dan utuh utamanya di bagian sekitar anus dan hidung.
  • Untuk berat anakan ayam, pilih yang beratnya lebih kurang 39 gram dengan langkah gerak yang gesit.

Jika indukan yang Anda pilih memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas, indukan tersebut masuk dalam kategori indukan unggul yang layak untuk dibudidayakan.

Desain Kandang Ayam Pedaging  Yang Pas

Selanjutnya, desain kandang ayam pedaging perlu diperhatikan matang-matang. Ayam potong sebaiknya diletakkan dalam kandang dengan kondisi sebagai berikut:

  • Kandang selalu dalam kondisi bersih. Ayam potong memerlukan habitat yang selalu bersih untuk memastikan tubuhnya tetap sehat.
  • Perhatikan sinar mataharinya. Ayam potong memerlukan sinar matahari yang cukup untuk ventilasi sehingga pertumbuhan ayam di dalamnya maksimal.
  • Perhatikan ukuran kandang. Ayam potong lebih nyaman berada di dalam kandang dengan ukuran yang luas. Tujuannya adalah agar ayam memiliki ruang gerak yang bebas sehingga lebih aktif bergerak. Ayam yang aktif bergerak adalah indikasi bahwa ayam tersebut sehat.
  • Perhatikan ada tidaknya saluran pembuangan kotoran. Ayam yang secara langsung bercampur dengan kotoran rawan terserang penyakit.
  • Usahakan agar kandang selalu dalam kondisi bersih dengan memasang kawat strimin di bawahnya agar tidak bersinggungan langsung dengan ayam.
  • Sebisa mungkin pisahkan antara ayam anakan dan ayam yang sudah dewasa. Ayam anakan yang bercampur dengan ayam dewasa lebih rawan stres.
  • Yang terakhir adalah untuk suhu kandang, semakin muda umur anak ayam maka suhunya semakin tinggi.

cara-beternak-ayam-potong

Bibit Siap Masuk Kandang Ayam Pedaging

Jika kondisi kandang sudah demikian, berarti bibit sudah siap dimasukkan ke dalamnya, dan Anda pun sudah siap beternak ayam saat ini juga.

Anda bisa memilih apakah menggunakan kandang dengan model panggung atau lebih nyaman memakai kandang tipe biasa.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Namun untuk kandang tipe panggung dirasa lebih higienis dibanding dengan tipe biasa dimana ternak langsung di umbar di atas tanah.

Perhatikan Nutrisinya

Pada dasarnya, beternak ayam potong sama seperti beternak unggas pada umumnya. Sebagaimana ternak yang lain, Anda pun harus memenuhi kebutuhan vitamin, protein, lemak dan karbohidrat yang dikonsumsi setiap harinya.

Saat ini, nutrisi tersebut dikemas dalam konsentrat. Tambahkan pula biji-bijian dan jika ada bekatul untuk tambahan dan alternatif pakan untuk menekan biaya sentrat.

Setiap harinya, cuci tempat minum ayam sampai benar-benar bersih, gantung tempat pakan ayam sekurang-kurangnya setinggi dada ayam agar ternak dipastikan dalam kondisi kenyang.

cara-beternak-ayam-potong

Coba Lakukan Biosekuriti Secara Rutin

Manfaat biosekuriti pada dasarnya adalah untuk menjaga kesehatan ayam. Secara lebih spesifik, biosekuriti bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit, dan merawat lingkungan kandang agar tidak sampai terjangkit penyakit.

Bagi Anda yang melakukan proses biosekuriti di kandang ayam, cobalah untuk mengenakan sarung tangan, pakailah masker dan kenakan sepatu bot.

Untuk terakhir proses perawatan, jangan lupa mencuci tangan sampai bersih dengan menggunakan cairan desinfektan.

Berikan Vaksinasi dan Juga Vitamin

Selain biosekuriti, cara lain menjaga kesehatan ayam adalah dengan melakukan vaksinasi dan juga memberikan vitamin ayam secara rutin.

Biosekuriti sama dengan proteksi bagi ternak Anda. Berikan vaksinasi saat ayam berusia lebih kurang 4 hari dan pemberian vitamin saat ayam berusia 1 sampai dua hari.

Adapun cara vaksinasi yang paling banyak dilakukan adalah dengan memberikan vaksin tetes mata atau tetes hidung.

Cara tersebut dirasa cukup efektif jika dibandingkan dengan pemberian vaksin dengan cara di suntik.

Berikan vitamin hingga ayam berusia 6 hari dan berikan vaksinasi hingga ayam berusia lebih kurang 42 hari.

Rutin Periksa Kondisi Ayam

Dari dulu hingga sekarang, cara merawat ternak ayam tidak lepas dari pemeriksaan kondisi ayam secara rutin.

Kunjungi kandang ayam setiap hari dan perhatikan apakah ada bagian kandang yang perlu diperbaiki.

Sedangkan untuk kondisi ayamnya, ketahui jika ada tanda-tanda ayam dalam kondisi tidak sehat, seperti mata ayam yang tampak kusam, bulu ayam yang rontok, lemas, pasif, dan seringkali meringkuk.

Itu adalah pertanda bahwa ayam sedang dalam kondisi kurang sehat. Segera pisahkan ayam yang berada pada kondisi demikian untuk memastikan tidak ada penyakit yang menyebar ke ayam lain yang dalam kondisi sehat.

cara-beternak-ayam-potong

Lakukan Pencatatan

Untuk mengetahui apakah bisnis ayam potong yang Anda kelola untung atau rugi harus dilakukan pencatatan secara rutin.

Pencatatan tersebut meliputi berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli indukan, pembuatan kandang, biaya pakan, biaya vaksinasi, dan biaya yang lain.

Kalkulasi dengan baik pemasukan yang Anda dapat dan berapa pengeluarannya. Jika dirasa ada yang kurang maksimal dan profit yang didapat minim, Anda bisa melakukan perbaikan di putaran berikutnya.

Karena tujuannya adalah untuk bisnis, tekan seminim mungkin pengeluaran, jika masih ada jalan alternatif, gunakan jalur alternatif tersebut agar biaya ternak tidak membengkak.

Panen Ayam Pedaging

Terakhir, tiba waktunya untuk panen. Bagi Anda yang akan memanen ayam potong, wajib melakukannya dengan teknik yang benar untuk menghindari ayam agar tidak lemas atau stres.

Caranya adalah:

Tangkap ayam yang akan dipanen satu persatu lalu pindahkan ke lokasi kandang tersendiri.

Cara penangkapan ayam yang benar bukan dengan cara menyeret satu sisi sayapnya saja, atau dengan menyudutkannya menjadi satu di sudut kandang. Caranya, cobalah pegang kaki ayam perlahan, sambil memegang bagian dadanya. Setelah itu, angkat perlahan dan pindahkan ke lokasi kandang yang lain.

Selanjutnya, ikat kedua kakinya lalu catat berapa bobot ayam yang siap dipanen itu.

cara-beternak-ayam-potong

Survey Harga Pasar

Anda bisa memperkirakan berapa harga masing-masing ekor dari bobot ayam tersebut dan juga dari kisaran harga pasar yang sedang populer saat ini.

Ayam pedaging atau ayam potong atau ayam negeri pedaging adalah ayam yang banyak dilirik untuk di ternak karena kualitas dagingnya yang enak, empuk dan banyak.

Jika dibandingkan dengan ayam kampung, ayam pedaging jauh lebih menguntungkan. Banyak yang sukses beternak ayam pedaging dengan omset yang tinggi setiap kali panen.

Anda yang mulai melirik bisnis ini, bisa mulai ternak ayam pedaging saat ini juga dengan menerapkan tips sukses ternak ayam potong di atas.

Semoga sukses ya.

Baca Juga

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This