Logo Yurie Budidaya Maggot

Free Download APK

Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

oleh | Agu 12, 2020

Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

Budidaya maggot media sampah pasar merupakan langkah jitu mengurai sampah organik. Jika memiliki banyak sampah pasar, khususnya yang organik janganlah langsung dibuang.  Hal itu bisa  diolah menjadi budidaya maggot media sampah pasar.

Bahkan, jika kita jeli, langkah itu bisa menjadikan peluang usaha yang memukau. Dengan BSF, pembudidayaan maggot dengan media sampah pasar ini akan dibimbing, diajarkan, dan dibina oleh peternak maggot yang sudah berkompeten.

Tidak perlu cemas jika menemukan kendala dalam membudidaya lalat tanpa bau ini. Tim dan para peternak kompeten yang tergabung dalam BSF siap membina anda sampai benar-benar bisa.

Terkait dengan dampak sampah pasar terhadap pencemaran lingkungan, sampah pasar bisa membuat aroma tidak sedap.  Selain itu, limbah-limbah tersebut juga bisa menyebabkan kuman dan penyakit jika dibiarkan terlalu lama.

Agar sampah dapat diuraikan dengan mudah, ada baiknya anda memanfaatkan limbah-limbah ini sebagai media budidaya lalat BSF atau yang biasa disebut dengan maggot.

Perlu anda ketahui bahwa media lalat BSF bisa dibuat dari bahan yang mudah, misalnya saja media sampah pasar. Anda bisa memanfaatkan sisa sisa sayuran yang sudah tidak terpakai.

Budidaya Maggot Media Sampah

Contohnya, limbah sayuran seperti sisa kangkung, kubis, kecambah, kol, kulit jagung, daun singkong dan klobot jagung. Nah, daripada limbah-limbah sayuran ini mencemari lingkungan, alangkah baiknya anda memanfaatkan limbah ini sebagai budidaya maggot media sampah pasar.

Selain sebagai media, ternyata maggot juga berguna untuk mengurangi dampak lingkungan. Melalui budidaya maggot media sampah pasar, lalat maggot bisa dikembangkan melalui media sampah pasar.

Nah, anda pasti penasaran bagaimana bisa media ini dimanfaatkan untuk pembudidayaan lalat maggot? Agar tidak penasaran, ada beberapa penjelasan mengapa sampah pasar bisa dimanfaatkan. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu memahami bagaimana cara memanfaatkan sampah pasar sebagai media budidaya maggot itu sendiri.

 Langkah Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

Selain sampah rumah tangga, 24% dari total volume sampah secara keseluruhan berasal dari pasar. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menyebutkan timbunan sampah yang dirangkum secara nasional berjumlah tak kurang 175 ribu ton setiap hari atau jika diakumulasikan dalam setahun bisa mencapai sekitar 64 juta ton.

Bila dilihat dari komposisinya, 50% merupakan sampah organik (sisa makanan dan sisa tumbuhan yang dapat membusuk), selebihnya berupa plastik dan kertas.

Sampah organik memang lebih cepat terurai dibanding sampah nonorganik. Hanya saja, baunya bisa menyebarluas jika hanya menunggu proses sampah-sampah tersebut membusuk begitu saja.

Diperlukan langkah yang lebih tepat dan menguntungkan untuk membuat sampah organik lebih cepat habis agar baunya tidak kemana-mana. Salah satunya melalui cara budidaya maggot media sampah pasar.

Alasan Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

Budidaya maggot media sampah pasar memang sedang digencarkan pemerintah Indonesia, terutama di kota-kota besar yang sarat penduduk. Masyarakat diedukasi tentang metode pengolahan sampah organik yang sederhana dan biaya murah dengan melibatkan Black Soldier Fly (BSF).

Tidak hanya itu saja, sebagian besar komunitas pengusaha ternak di Indonesia juga berpartisipasi mengajak masyarakat untuk mengembangbiakkan BSF ini.

Namun, sebagian orang awam masih bingung dengan lalat jenis BSF ini. Pasalnya, mereka masih menganggap bahwa lalat suka hinggap di tempat yang kotor sehingga dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, mereka juga masih berpikir bahwa lalat dapat menyebabkan bakteri dan virus berbahaya. Apa benar. Lalu, apakah budidaya maggot media sampah pasar ini sangat berbahaya? Anda pasti penasaran kan?

Untuk diketahui bersama, Black Soldier Fly (BSF) merupakan sejenis lalat hitam yang aktif memakan sampah-sampah organik. Kemudian BSF betina akan bertelur dan meninggalkan telur (bibit maggot) pada sampah organik.

Dalam waktu paling lama 17 hari telur menetas dan menjadi maggot atau larva/belatung.  Dalam tahap inilah, belatung atau larva menguraikan bahan-bahan organik yang berasal dari sampah pasar.

Oleh karena itu, budidaya maggot media sampah pasar menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan. Benarkah lalat BSF ini justru membantu mengurangi dampak limbah terhadap penyakit? Sedangkan lalat pada umumnya justru menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Cara Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

Bahan yang harus disiapkan.

  • Dedak.
  • Buah yang tidak layak konsumsi.
  • Sayuran yang tidak layak konsumsi.
  • Gula merah.
  • Air cucian beras atau sejenisnya.

Cara pembuatan.

  • Cincang atau tumbuk gula merah, masukkan dalam suatu wadah.
  • Masukkan dan aduk hingga rata air bekas cucian beras
  • Cincang atau blender buah-buahan dan sayuran lalu masukkan dalam wadah.
  • Jika adonan terlalu keras, maka air cucian beras perlu ditambah lagi hingga encer dan tambahkan dedak secukupnya.
  • jika terlalu encer maka tambahkan dedak, buat adonan tidak terlalu kering atau terlalu basah.
  • Masukkan adonan tadi ke dalam wadah dan pastikan tidak terlalu penuh agar ada ruang udara untuk proses fermentasi
  • Simpan wadah di tempat yang sejuk selama kurang lebih 4- 5 hari.
  • Di hari 4 atau 5 buka wadah. Perhatikan, jika adonan tercium aroma seperti tape maka fermentasi berhasil.
  • Tutup adonan hasil fermentasi agar terhindar dari hewan
  • Tunggu 1-3 hari lalat bsf akan datang dan bertelur.
  • 2-3 hari kemudian telur BSF akan menetas kemudian membesar dan siap panen

Panen

Maggot BSF dapat di panen setelah berumur 18 hari, atau bisa juga dipanen lebih cepat di umur 7 hari. Semua tergantung dari keutuhan dan permintaan pasar.

Apakah Lalat BSF Berbahaya Pada Kesehatan?

Lalat hitam tidak sama dengan lalat hijau. Walau sama-sama makan sampah, namun lalat hitam bukan vector penyakit. Sebab, lalat hitam tidak mau hinggap pada tempat-tempat lain seperti lalat hijau.

Seperti yang kita ketahui, lalat hijau biasanya hinggap pada kotoran dan sampah. Selain itu, lalat hijau juga bertelur di sampah dan kotoran sehingga lalat jenis ini mengandung patogen, virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berbeda dengan lalat hitam/BSF, lalat ini hanya hinggap pada sampah-sampah organik , tidak hinggap di kotoran. Apabila ada kotoran, lalat BSF ini hanya mengelilingi kotoran saja dan hinggap di tempat lain yang kering, gelap dan sempit.

Tak jauh dari kotoran dan sampah, lalat ini bertelur dan hinggap di tempat yang kering dan bersih sehingga lalat ini tidak mengandung pagosit dan virus penyebab penyakit. Selain itu, lalat ini tidak makan karena hanya minum sehingga tidak hinggap makanan. Karena itulah BSF sangat bersahabat.

Jadi, budidaya maggot media sampah pasar tidak menimbulkan dampak penyakit. Ini juga menjadi alasan mengapa budidaya ini menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian besar masyarakat. Selain  efisien dan tidak merugikan, budidaya maggot juga dinilai sangat ekonomis.

Nilai Ekonomis Budidaya Maggot Media Sampah Pasar

Black Soldier Fly sangat mudah berkembang biak. Satu ekor lalat betina saja mampu menghasilkan 500 hingga 900 telur. Walau banyak, namun bobotnya sangat ringan. Untuk bisa mencapai 1 gram telur dibutuhkan sekitar 14-30 BSF betina.

Satu gram telur nantinya akan menghasilkan 3 hingga 4 kilogram maggot/belatung. Maggot inilah yang biasa dimanfaatkan masyarakat sebagai pakan ternak  karena mengandung banyak protein yang sangat bermanfaat.

Dalam proses budidaya, lalat BSF biasanya dimasukkan dalam sebuah kandang. Biasanya kandang ditutupi dengan kain hijau mirip jaring agar lalat tetap memperoleh sirkulasi udara yang bagus. Ini sebagai cara agar lalat BSF dapat memenuhi kebutuhan akan telur-telurnya secara sustainable atau terus menerus.

Agar aktifitas dan kegiatan perkembangbiakan BSF dapat dilakukan secara optimal, sinar matahari sangat dibutuhkan. Anda perlu memahami bahwa budidaya lalat jenis ini membutuhkan suhu yang hangat. Mengingat habitat lalat ada di iklim tropis.

Meski maggot berukuran kecil, namun serangga ini terkenal sangat rakus. Maka semakin banyak maggot yang dihasilkan, maka semakin berkurang pula volume sampah organik.

Secara otomatis pula bau yang ditimbulkan dari pembusukan sampah organik akan berkurang jauh. Jika anda membiarkan maggot ini dalam truk sampah organik, maka sampah akan terurai dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, aroma yang dikeluarkan oleh sampah juga berkurang secara cepat. Dengan begitu, budidaya maggot media sampah pasar menjadi solusi yang efektif dan ekonomis untuk menguraikan sampah organik.

Budidaya maggot media sampah pasar bukan hanya terbukti mampu membantu mengatasi penumpukan sampah organik, tapi juga menjadi pintu rezeki baru untuk masyarakat. Sebab maggot mengandung nilai ekonomis tinggi yang cocok juga dimanfaatkan sebagai bahan alternatif pakan ikan.

Manfaat Industri

Selain memiliki nilai ekonomis, ternyata maggot juga memiliki banyak manfaat untuk industri pakan ternak, diantaranya:

Sebagai Pengganti Pakan Ternak Yang Susah Dicari, Karena susahnya mencari pakan ternak yang berkualitas, banyak pengusaha mencari pakan ternak import untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk mengurangi mahalnya harga pakan ternak import, maggot bisa dijadikan alternatif sebagai bahan pakan ternak yang ekonomis dan berkualitas. Mengingat Pemerintah Indonesia telah menentukan maggot sebagai bahan dasar alternatif untuk budidaya pakan ikan pada tahun 2020

Maggot Memiliki Keunggulan Tersendiri, Dari beberapa pakan alternatif lainnya, maggot ternyata memiliki keunggulan tersendiri. Ada beberapa komposisi yang tidak dimiliki oleh bahan baku lain. Oleh karena itu, maggot tidak hanya berguna sebagai bahan pakan ternak ikan tetapi juga bahan pakan yang lainnya.

Efisien Dalam Segala Hal, Maggot memiliki beberapa keistimewaan salah satunya dalam hal efisiensi kegunaan dan pembudidayaannya. Karena maggot memiliki kandungan protein yang tinggi, produsen atau industri pembudidaya tidak perlu menambahkan bahan-bahan kimia lainnya pada pakan ternak karena maggot memiliki kandungan yang lengkap.

Mendukung Dan Menjaga Kebersihan Lingkungan Alam, Ternyata budidaya maggot bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan.  Anda tidak perlu cemas memikirkan dampak lingkungan karena maggot dapat membantu mengurangi dampak tersebut.

Membantu Kesejahteraan Masyarakat, Jika anda berminat ingin mengembangkan budidaya maggot dengan media sampah pasar, anda bisa mengajak beberapa masyarakat di sekitar tempat Anda. Selain dapat berbagi ilmu budidaya maggot dengan orang lain, masyarakat juga bisa memperoleh penghasilan.

Kegiatan ini bisa membuka peluang masyarakat  untuk mencari peluang kerja, sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Selain itu, kegiatan budidaya maggot juga dapat memberikan pengetahuan baru bagi masayarakat bahwa Maggot memiliki banyak nutrisi bagi pakan ternak seperti ikan.

 Fakta Kegunaan Dan Kandungan Maggot

Berdasarkan hasil uji klinis di laboratorium terpadu, ditemukan fakta bahwa maggot sangat sarat nutrisi. Nutrient yang terkandung di dalam maggot terbukti member dampak positif pada ikan.

Dalam sebuah penelitian  yang  dilakukan selama  40 hari, ikan-ikan yang diberi pakan dari maggot  ternyata mampu bertahan hidup lebih lama (self defense) dibandingkan dengan ikan yang diberi suplemen lain.

Persentase survival rate pada ikan yang diberi makan maggot sangat tinggi yakni 94%, sedangkan yang tidak hanya mencapai 64% saja. Dengan demikian secara tidak langsung maggot juga mampu menggenjot sektor perikanan.

Di samping itu, beberapa penelitian lain membuktikan bahwa maggot juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Lendir maggot yang hampir menjadi pupa mengandung protein yang baik untuk elastisitas kulit.

Tantangan Yang Harus Dihadapi

Saat melakukan kegiatan budidaya maggot media sampah pasar, salah satu tantangan yang akan kita hadapi adalah meyakinkan masyarakat dan bagaimana cara mengedukasikan pembudidayaannya.

Mungkin banyak masyarakat awam yang masih berasumsi bahwa semua jenis lalat merugikan manusia. Anda perlu meyakinkan pada masyarakat yang terlibat bahwa maggot lalat BSF bukanlah vector penyakit.

Begitu banyaknya nilai ekonomis yang terkandung dalam maggot, maka diprediksi budidaya maggot media sampah pasar akan semakin berkembang. Apalagi kini permintaan terhadap maggot semakin tinggi. Sebagai bukti, produk Maggot kering buatan Indonesia sudah diekspor ke Belanda. Sungguh sebuah peluang yang menjanjikan, bukan?

Hemat Pakan sd 83% Dengan Mengolah Maggot Menjadi

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

About Yurie BSF

Decky Andrian pemilik Yurie BSF mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membuat Indonesia yang lebih bersih.

Dengan bantuan serangga lalat BSF. Yang mana maggot BSF anak dari BSF sejak ratusan tahun lalu terkenal sangat efektif mereduksi sampah organik dalam waktu sangat cepat.

Dengan pengalaman kerja diberbagai negara. Kami siap bersama-sama membangun bisnis maggot untuk Indonesia yang lebih makmur dan lebih bersih.

Salam HEMAT dan BERSIHLAH INDONESIAKU

Yurie BSF

Testimoni

  • Testimoni

7 Langkah Awal Budidaya BSF

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau