Logo Yurie Budidaya Maggot

Free Download APK

Budidaya Maggot Media Sampah Rumah Tangga

oleh | Agu 12, 2020

Budidaya Maggot Media Sampah Rumah Tangga

Apa bisa jika melakukan budidaya maggot dengan media sampah rumah tangga? Jawabannya tentu saja bisa.

Dan hal ini bisa menjadi ladang usaha yang sangat menggiurkan. Karena selain dapat dimanfaatkan sebagai usaha dan industri kecil pakan ternak, budidaya maggot media sampah rumah tangga dapat dilakukan sebagai kegiatan yang mengasyikkan bagi semua warga masyarakat.

Di samping itu, maggot juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis sampingan atau utama. Dengan mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga, anda juga bisa memfungsikan media sampah ini untuk budidaya maggot.

Jadi, selain dapat membuka peluang usaha, budidaya maggot bisa membantu mengurangi sampah rumah tangga yang berasal dari kampung, desa atau kompleks perumahan.

Seperti yang anda ketahui, sampah rumah tangga ini terdiri dari bermacam-macam jenis. Namun, anda juga perlu memilahnya antara sampah nonorganik dan organik.

Biasanya sampah nonorganik berasal dari sisa-sisa sampah yang sulit diuraikan seperti halnya sampah plastik, kertas dan bungkus makanan. Sampah jenis nonorganik tersebut bisa anda manfaatkan untuk membuat kerajinan daur ulang.

Bagaimana dengan sampah organik rumah tangga seperti halnya sisa sayur, kulit buah-buahan, dan tulang belulang? Sampah organik ini bisa digunakan sebagai media budidaya maggot.

Dengan memanfaatkan budidaya maggot media sampah rumah tangga ini, sampah-sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa diuraikan dengan baik. Siapa yang menguraikan?

Tentunya maggot yang akan menguraikannya secara alami. Sebelum sampah digunakan sebagai media, alangkah baiknya anda dan masyarakat sekitar memilah jenis sampah rumah tangga terlebih dahulu.

Budidaya Maggot Media Sampah Rumah Tangga

Usaha Efektif

Upaya Menguraikan Sampah Rumah Tangga Paling Efektif, Produksi sampah masih menjadi problem serius yang masih dipikul negeri ini. Berdasarkan data yang dipaparkan Kementerian Lingkungan Hidup, setiap hari ada 175.000 ton timbunan sampah yang dihasilkan secara nasional atau sebanding dengan 64 juta dalam setahun.

Salah satu penyumbang sampah terbanyak berasal dari dapur rumah tangga, terutama di kota-kota besar. Padahal jika kita paham, sampah bukan hanya mengganggu visual tapi juga ancaman nyata bagi kesehatan.

Tidakkah  kita mulai berinisiatif untuk mengelola sampah dengan lebih bijak lagi seperti melakukan budidaya maggot media sampah rumah tangga?

Mungkin budidaya maggot media sampah rumah tangga masih terdengar asing bagi sebagian orang. Biasanya selama ini kita lebih sering mendengar atau melihat sampah organik diolah menjadi pupuk.

Ternyata lebih dari pada itu sampah organik yang dihasilkan dari dapur rumah tangga yang bisa dimanfaatkan menjadi media budidaya maggot. Mungkin anda penasaran bagaimana cara membuat media budidaya maggot dari bekas sampah rumah tangga.

Langkah Budidaya Maggot Dengan Media Sampah Rumah

Ini bisa diwujudkan dalam bentuk aplikasi budidaya maggot media sampah rumah tangga. Beberapa tahap membuat media maggot dari sisa sampah rumah tangga, antara lain:

1.     Siapkan Sampah Organik Yang Ada Di Rumah

Anda bisa mempersiapkan segala sisa-sisa sampah organik yang berasal dari rumah tangga, contohnya: sisa makanan, sisa potongan buah, kulit buah dan sisa-sisa sayuran. Jadi, jangan dibuang sisa makanan anda di rumah, anda bisa siapkan itu semua sebagai bahan utama media budidaya maggot.

2.     Siapkan Wadah Atau Kotak

Wadah yang anda siapkan bisa berupa kotak berukuran 2×1 meter. Mungkin anda berpikir mengapa kotak yang disiapkan cukup besar. Hal ini dikarenakan maggot mampu menguraikan sampah dalam jumlah banyak.

Maggot mampu menguraikan sampah organik basah sebanyak 10 kilogram per hari. Jadi, anda bisa memasukkan semua sampah organik dari rumah pada kotak ini.  Tujuan dibuat wadah ini, agar aroma sisa sampah organik tidak menyebar ke mana-mana saat melakukan cara budidaya maggot ini.

3.     Pilah Sampah Organik Lain Dan Kumpulkan Sebanyak-Banyaknya

Manfaatkan sampah organik lain dari rumah ke rumah. Jika anda kesulitan melakukan ini, anda bisa ajak masyarakat lain untuk mengumpulkan sisa sampah organik ke dalam kotak yang sudah anda sediakan.

Anda bisa juga mendirikan bank sampah untuk mengumpulkan sisa sampah organik yang berasal dari rumah lainnya. Semakin banyak sisa sampah, semakin bagus untuk maggot.

Ajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan cara mengumpulkan sisa sampah yang lain, contohnya dengan cara mengumpulkan sampah sebanyak satu kilogram, mereka akan mendapatkan satu kupon yang nantinya dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan sembako atau yang lainnya.

4.     Jangan Buang Media Bekas Pembudidayaan Maggot

Setelah melakukan budidaya maggot media sampah rumah tangga, jangan buang sisa media maggot. Media maggot sisa dari hasil budidaya ini disebut dengan Kasgot.

Kasgot tersebut masih bisa anda gunakan lho! Jika media yang anda buat merupakan sisa dari hasil sampah rumah tangga, anda bisa memanfaatkan sisa media ini sebagai bahan pupuk organik. Nah, pupuk organik ini bisa anda jual pada para petani di sekitar kampung atau desa.

Peluang Usaha Baru Dari Budidaya Maggot Media Sampah Rumah Tangga

Budidaya maggot dari media sampah rumah tangga memang sedang gencar-gencarnya dilakukan, terutama oleh pembudidaya ikan. Seolah-olah maggot menjadi angin segar untuk meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi.

Selama ini, harga pakan ikan yang mahal kerap dikeluhkan oleh para pembudidaya ikan. Tingginya harga pakan ikan dapat dimaklumi mengingat bahan-bahan baku pembuatannya sebagian besar masih diimpor dari luar negeri.

Bagai makan buah simalakama, walau mahal namun harus tetap dibeli pembudidaya agar panen ikannya meningkat.

Namun, sebagian pembudidaya lain ada juga yang terpaksa membeli pakan ikan lain dengan harga yang lebih terjangkau. Tentunya, kualitas pakan ikan dengan harga miring juga belum tentu berkualitas.

Pasalnya, pakan ikan dengan harga seperti itu terkadang masih dicampur dengan bahan kimia buatan. Tidak semua ikan mau mengonsumsi pakan ternak seperti itu.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah berupaya mencari alternatif pakan ikan bermutu. Namun, harganya tidak memberatkan. Maka, pemerintah telah menetapkan maggot menjadi bahan baku alternatif dalam produksi pakan ikan karena harganya lebih terjangkau.

Hasil Penelitian Tentang Kualitas Maggot Itu Sendiri

Dari sisi mutu maggot, telah teruji unggul dan aman dikonsumsikan. Kandungan proteinnya tinggi, baik untuk pertumbuhan berbagai jenis ikan, seperti Lele, Louhan, dan sebagainya. Bahkan dari hasil pengujian klinis, ada beberapa kandungan nutrient pada maggot yang tidak ditemukan pada bahan baku pakan ikan lainnya.

Berdasarkan hasil pengamatan yang pernah dilakukan oleh seorang peneliti, kandungan protein yang ada pada lalat BSF tergantung dari limbah atau sisa-sisa makanan yang diuraikan.

Dalam penelitian tersebut, lalat BSF dibudidayakan pada dua media antara lain media bungkil kelapa dan media feses ayam. Pada lalat BSF yang ada pada media feses ayam petelur, ditemukan protein sebesar 17, 15 %.

Sedangkan lalat BSF yang dibudidayakan pada media bungkil kelapa, kandungan proteinnya sebesar 24,74%. Ini membuktikan bahwa budidaya maggot media sampah rumah tangga merupakan media budidaya yang lebih baik daripada media lainnya.

Ini karena media sampah rumah tangga organik juga memiliki kandungan nutrisi dan protein yang besar sehingga maggot dari media ini sangat baik dan aman dikonsumsi oleh ikan.

Penjelasan Singkat Tentang Maggot Dan Lalat BSF

Maggot sendiri adalah sejenis larva yang dihasilkan oleh lalat hitam (Black Soldier Fly). Lalat hitam tidak sama dengan lalat biasa yang beterbangan di dalam rumah. Lalat hitam memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan sangat mudah berkembang biak.

Walau lalat dianggap sebagai hewan kotor, namun faktanya keberadaan lalat hitam sangat membantu dalam upaya mengatasi sampah. Betapa tidak? Satu kilo sampah dapat dihabiskan oleh 10.000 lalat hitam dalam waktu 24 jam.

Uniknya, lalat hitam tidak menyebarkan bibit penyakit seperti lalat pada umumnya. Sebab lalat ini hanya hinggap pada sampah tapi tidak mau hinggap di tempat lainnya pula.

Lalat hitam meninggalkan telurnya pada sampah organik. Telur tersebut akan menetas menjadi larva atau belatung dalam waktu 17 hari. Larva itulah yang kemudian yang dipanen lalu diolah untuk pakan lele dengan cara dikeringkan, dibekukan,atau dibuat menjadi tepung.

Pakan ikan dari maggot dapat digunakan untuk kebutuhan sendiri atau pun dikomersialkan sehingga menjadi sumber pendapatan baru.

Fakta Menarik Tentang Maggot Atau Lalat BSF

Untuk mengetahui lebih jelas tentang budidaya maggot media sampah rumah tangga, anda harus memahami fakta-fakta menarik tentang maggot atau Lalat BSF:

1.     Maggot Atau Lalat BSF Dapat Membersihkan Sampah Organik

Belatung Lalat BSF atau yang disebut maggot ini memang sangat berguna untuk membersihkan sisa sampah rumah tangga, khususnya sampah organik. Untuk melihat cara kerja maggot,

Anda bisa berikan sisa sampah organik rumah tangga ke dalam satu wadah terlebih dahulu lalu sebarkan larva lalat BSF tersebut ke seluruh sisa sampah organik.

2.     Dapat Mengurangi Sampah Organik Rumah Tangga Dalam Jumlah Yang Banyak

Maggot  dapat menguraikan sampah hingga satu gerobak penuh. Satu gerobak ini biasanya berisi 1,5 meter kubik penuh. Bisa dibayangkan jika banyak maggot yang anda berikan pada satu gerobak penuh, anda sudah mampu menguraikan sampah dari beberapa rumah.

3.     Dapat Digunakan Sebagai Lahan Bisnis

Budidaya maggot media sampah rumah tangga ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Pasalnya, semakin banyak maggot yang dijual pada agen pakan ternak, maka penghasilan yang diperoleh juga semakin besar.

Ini bisa dijadikan sebagai penghasilan utama atau penghasilan tambahan. Selain itu, pemanfaatan sisa hasil sampah media maggot juga bisa di daur ulang menjadi pupuk alami sehingga anda bisa mengajak warga menjual maggot dan pupuk.

4.     Diolah Menjadi Pakan Ternak

Maggot bisa dijadikan pakan ternak. Pakan ini tidak hanya dikemas menjadi olahan pakan basah saja tetapi juga olahan kering seperti maggot kering atau tepung pakan ikan. Karena maggot tidak mengandung patogen penyakit, justru mengandung protein yang tinggi, maggot memiliki nilai jual yang tinggi saat dijual.

Mengingat budidaya maggot media sampah rumah tangga sangat sarat manfaatnya, maka sudah waktunya bagi kita semua untuk mulai belajar serta membiasakan diri memilah sampah dari dapur sendiri.

Setiap sampah harus dikelompokkan berdasarkan jenisnya supaya bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang  bernilai guna. Sampah  organik diolah menjadi pupuk dan maggot, sedangkan sampah anorganik bisa didaurulang menjadi produk baru.

Semoga dengan upaya bersama ini, masalah sampah nasional di negeri kita perlahan bisa diatasi sampai tuntas.

Hemat Pakan sd 83% Dengan Mengolah Maggot Menjadi

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

About Yurie BSF

Decky Andrian pemilik Yurie BSF mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membuat Indonesia yang lebih bersih.

Dengan bantuan serangga lalat BSF. Yang mana maggot BSF anak dari BSF sejak ratusan tahun lalu terkenal sangat efektif mereduksi sampah organik dalam waktu sangat cepat.

Dengan pengalaman kerja diberbagai negara. Kami siap bersama-sama membangun bisnis maggot untuk Indonesia yang lebih makmur dan lebih bersih.

Salam HEMAT dan BERSIHLAH INDONESIAKU

Yurie BSF

Testimoni

  • Testimoni

7 Langkah Awal Budidaya BSF

GRATIS Apk PlayStore

Download GRATIS tutorial budidaya maggot sd pemasarannya.

Kunci sukses bisnis maggot adalah memahami rangkaian bisnis mulai dari produksi pemasaran dan pengembangan bisnis maggot jangka panjang.

Termasuk “berkaca” dari apa yang dunia sudah dapatkan, Apa yang Indonesia sudah lakukan dan Contoh kongkret 99 peternakan maggot TANPA BAU Yurie BSF.

Masa depan terbaik??? Anda yang tentukan!

Download Aplikasi Sekarang!

Mau Ternak Maggot Tanpa Bau?

Hi, Saya Yurie BSF, Kami berpengalaman membangun lebih dari dari 99 peternakan maggot tanpa bau. Mau?

Hub Telp / WA : 0812-2105-2808

Budidaya Maggot BSF Modern Tanpa Bau