Budidaya Maggot Tanpa Bau – Maggot Media Dedak

Budidaya maggot media dedak – Cara budidaya maggot dengan dedak sangat mudah, bahan utama maggot media dedak adalah bekatul atau dedak, boleh yang halus ataupun yang kasar. Keuntungan dari budidaya maggot dengan dedak adalah mudah mengerjakannya tetapi maggot dari dedak juga ada kelemahannya yaitu rendah nutrisi, Maggot dari dedak rendah nutrisi karena pakan dedak yang di makan rendah nutrisi. Berikut cara budidaya maggot dengan dedak. Cara budidaya maggot dengan dedak yang berharap agar tidak bau ternyata bukan solusi yg sebenarnya Cara Budidaya Maggot Dengan Dedak

  • Siapkan bekatul 30 kg
  • Probiotik
  • Air
  • Beri daun pisang kering diatas bekatul.
  • Tutup bak dengan plastik agar bisa melindungi bak dari air hujan.
  • Letakkan bak ditempat yang teduh.
  • Dalam waktu 2 minggu maggot siap dipanen

budidaya-maggot-tanpa-bau-maggot- media-dedak

Cara Budidaya Maggot Dengan Dedak

Cara budidaya maggot dengan dedak sebenarnya tidak umum. Pasalnya dedak atau bekatul kandungan protein nya rendah sehingga hasil panen dari cara budidaya maggot dengan dedak dapat dipastikan berkualitas rendah.

Cara budidaya maggot dengan dedak akan menghasilkan maggot berprotein rendah, karena protein yang dikandung oleh maggot bersumber dari protein yang terdapat pada media tumbuh, karena maggot memanfaatkan protein yang ada pada media untuk membentuk protein tubuhnya.

Jika kuantitas dan kualitas media tinggi akan berpengaruh positif pada kuantitas dan kualitas protein maggot BSF Cara budidaya maggot dengan dedak atau budidaya maggot media dedak sebaiknya memperhitungkan biaya produksi maggot,

Untuk mendapatkan satu kg maggot dari dedak, dibutuhkan dedak atau bekatul sebanyak 5 kg, Jika harga satu kg dedak Rp 3.000, maka total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp15.000 dan dengan hasil maggot berkualitas rendah. Jadi sebenartnya ternak maggot dengan dedak tidak untung alias rugi.

Ternak maggot dengan dedak tidak bisa mencapai tujuan hemat pakan karena biayanya lebih dari harga pelet toko. Ternak maggot dengan dedak yang dilakukan pemula biasanya karena ingin tahu saja tidak berorientasi pada tujuan yang lebih pasti.

Cara budidaya maggot dengan dedak atau Ternak maggot dengan dedak kalau hanya untuk coba-coba sah sah saja, namun jika ternak maggot dengan dedak untuk hasilnya di jual sangat tidak disarankan.

budidaya-maggot-tanpa-bau-maggot- media-dedak

Agar Magot Berkualitas Tinggi

Alternatif media yang dapat dipakai adalah sampah warung atau restoran. Sampah warung biasanya sudah bercampur sisa daging, tulang ayam dan tulang ikan dan sayur atau buah-buahan yang baik untuk pertumbuhan maggot.

Dan dari segi biaya nya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan dedak atau bekatul. Budidaya maggot dapat menjadi salah satu bidang usaha rumah tangga dan dapat menjadi alternatif pemberdayaan warga, serta dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi sampah organik.

Maggot atau belatung kaya nutrisi, kandungan protein maggot mencapai 40%-57%. Kadar hasil budidaya maggot ini lebih tinggi ketimbang nilai protein pelet buatan, sekitar 20 – 25%. Protein penting bagi kelangsungan hidup unggas dan ikan, terutama untuk pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

budidaya-maggot-tanpa-bau-maggot- media-dedak

Awas Jangan Ternak Lalat Hijau

Jangan maggot dari lalat hijau pembawa wabah penyakit ya …yang Yurie rekomendasikan adalah Maggot dari serangga Black soldier fly (Hermetia illucens), Maggot BSF memiliki kandungan protein kasar cukup tinggi berkisar antara 40-57%, mengandung asam lemak esensial (linoleat dan linolenat) dan 10 macam asam amino esensial,

Kelebihan lain maggot black soldier fly ini dibandingkan dengan serangga yang umumnya adalah dari segi kebersihan lalat ini tidak seperti lalat rumah dan pakan utama black soldier fly adalah sari bunga. Kelebihan dari maggot black soldier fly lainnya adalah memiliki kandungan anti mikroba dan anti jamur, sehingga tidak membawa gen penyakit.

budidaya-maggot-tanpa-bau-maggot- media-dedak

Tips Yurie:

Cara budidaya maggot dengan dedak tidak disarankan karena kualitasnya kurang baik. Anda bisa saja mengganti cara budidaya maggot dengan dedak menggunakan media sampah warung, sampah pasar yang hasilnya bisa lebih baik

Kandang harus dipersiapkan dalam budidaya maggot untuk menampung lalat yang menetas agar tidak terbang kemana mana. Ukuran kandang bisa bermacam-macam sesuai dengan ketersedian lahan. Umumnya untuk pemula minimal 2x2x2. Maggot dapat digunakan sebagai bahan substitusi tepung ikan dan dapat diberikan dalam bentuk

  • Maggot BSF diolah menjadi pasta untuk larva ikan
  • Maggot BSF diolah menjadi tepung maggot sebagai bahan campuran ransum ternak pengganti tepung ikan
  • Maggot BSF diolah menjadi pelet sebagai pakan utama ternak ikan
  • Maggot BSF hidup atau Fresh hanya sebagai camilan saja.

Dengan cara tersebut anda benar- benar akan menikmati penghematan biaya pakan ternak hingga 83%.

budidaya-maggot-tanpa-bau-maggot- media-dedak

Terimakasih,

semoga bermanfaat

Saya Yurie BSF Black Soldier fly atau lalat hitam

Salam hemat dan bersihlah Indonesiku

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This