Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele

Peluang usaha kegiatan budidaya ikan lele adalah salah satu peluang bisnis ternak ikan air tawar yang paling besar dan menguntungkan karena peminat ikan lele semakin hari semakin banyak dan tidak akan habis. Selain peminatnya yang semakin banyak, jenis ikan lele atau spesies ikan lele semakin bervariasi, tentunya jenis lele terbaru ini telah terbukti membantu peternak lele meningkatkan hasil panen hingga 40% lebih baik dibandingkan dengan jenis lele yang ada sebelumnya. Jika Anda tertarik ingin belajar :

  1. Ingin belajar 3 kegiatan ternak lele yang paling utama untuk sukses di bisnis lele
  2. Ingin belajar Meningkatkan hasil panen lele hingga 40% lebih baik
  3. Dan ingin mendapat lima Tips Sukses Kegiatan Budidaya Ikan Lele

Catatan Video

Video diatas adalah video lanjutan dari video tutorial budidaya ikan lele yang berjudul bagaimana cara melepaskan diri dari cengkraman tengkulak. Dalam video tersebut Anda bisa belajar bagaimana cara meningkatkan keuntungan bisnis lele ke level yang lebih baik dari sebelumnya. Bagi Anda yang belum menontonnya silahkan mampir ke youtube channel Yurie dan tonton hingga selesai, Jangan lupa klik like dan subscribe untuk mendapatkan video tutorial lainnya. budidaya-ikan lele

Tiga Kegiatan Ternak Ikan Lele

Sebelum Yurie menyampaikan 3 Kegiatan ternak Lele Yang Paling Utama Untuk Sukses di Bisnis Lele, Berikut alasan mengapa banyak memilih ternakikan lele:

  1. Alasan atau faktor utama bisnis ternak ikan lele menjadi favorit adalah biaya untuk memulainya yang relative kecil. Modal yang kecil dan untung yang besar menjadi alasan utama prospek bisnis ternak ikan lele.
  2. Kelebihan bisnis ternak ikan lele yang kedua adalah ikan lele dalam perawatan sehari-harinya tidaklah sulit, pemberian pakan lele dan pemeliharaan ikan lele juga sangat mudah.Ditambah lagi rentang waktu panen yang singkat yakni 1- sd 3 bulan saja. Hal tersebut yang menjadikan budidaya ikan lele banyak dilakukan oleh banyak orang.
  3. Prospek bisnis kuliner ikan lele, Seperti diterangkan sebelumnya bahwa bisnis lele semakin hari semakin digandrungi dan peminatnya semakin banyak.Dalam bisnis kuliner prospek ikan lele juga sangat bagus.Memang benar ada sebagian orang yang tidak suka ikan lele, tapi yang suka juga banyak. Jadi nyantai ajaUntuk di pulau Jawa sendiri peminat kuliner ikan lele sangat banyak. Konsumsi ikan lele dalam kurun waktu satu bulan saja bisa mencapai puluan ribu tonNah, itu dia 3 alasan singkat kenapa memilih bisnis ternak ikan lele bisa menjadi salah satu pilihan usaha Anda.

budidaya-ikan lele

Tiga Jenis Kegiatan Budidaya Ikan Lele

1. Pahami Ancaman Ternak Lele

Walaupun kegiatan budidaya ikan lele terlihat mudah dan modal kecil, Namun sebaiknya anda paham bahwa ada ancaman yang harus di sadari sebelum memulai kegiatan ternak lele yaitu Mengantisipasi dan merencanakan bagaimana cara menekan biaya pakan lele yang faktanya menelan total biaya produksi hingga 70%. Biaya sebesar ini jika tidak diantisipasi sejak awal bisa menjadi potensi ruginya kegiatan ternak ikan lele. Jadi untuk kegiatan budidaya ikan lele yang pertama dan perlu mendapatkan perhatian serius anda adalah antisipasi besarnya biaya pakan lele. Solusi ternak ikan LeleSekarang jangan khawatir, saat ini sudah ada solusi terbaik dan termurah untuk menekan biaya pakan lele. Yaitu dengan memproduksi larva lalat hitam. Untuk memproduksi pakan lele kandungan protein 40% dengan bahan utama larva lalat hitam hanya membutuhkan biaya sebesar Rp3.100/kg nya. Berikut proses dari awal hingga akhir cara memproduksi pelet maggot.

budidaya-ikan lele

2. Perawatan Air

Perawatan air merupakan kegiatan budidaya ikan lele yang sangat penting, karena air adalah nyawanya lele. Jika salah Anda mengelola air untuk tempat hidup lele. Maka nyawa ikan lele akan terancam. Hal lain adalah godaan dalam kegiatan budidaya ikan lele “godaan” yang menggiurkan tersebut adalah menerapkan sistem padat tebar, system padat tebar tentunya anda perlu pengelolaan air yang ekstra, karena kondisi ikan lele yang padat menyebabkan segala aspek yang dibutuhkan ikan lele tidak mencukupi, ditambah lagi pemberian pakan yang tinggi akan mempercepat penurunan kualitas air.

budidaya-ikan lele

3. Pemasaran Lele

Kegiatan budidaya ikan lele yang ketiga dan utama adalah pemasaran ikan lele. Jika anda terpaku menjual hasil panen kegiatan budidaya ikan lele kepada tengkulak. Maka cepat atau lambat ketergantungan tersebut akan menjadi buah pahit dalam kegiatan budidaya ikan lele anda. Anda beruntung jika bertemu dengan tengkulak yang baik hati…maka lanjutkan kerjasama tersebut…Namun bagaimana nasib sebagian yang bertemu tengkulak tidak sebaik yang anda harapkan? Oleh karena di bisnis lele jika anda mau sukses sebaiknya mencari solusi bagaimana cara terlepas dari cengkraman tengkulak.

budidaya-ikan lele

Memilih Jenis Lele

Memilih jenis lele untuk dibesarkan dalam kegiatan budidaya ikan lele juga penting, dan yang telah terbukti dapat memberikan hasil hingga 40% lebih baik dibandingkan jenis ikan lele sebelumnya adalah jenis dari strain terbaru yaitu LELE MUTIARA. Lele mutiara dihasilkan dari seleksi persilangan empat strain lele Afrika yang ada di Indonesia. Empat strain lele indukan itu meliputi lele Mesir, lele Phyton, lele Sangkuriang, dan lele Dumbo.

Tips Sukses Kegiatan Budidaya Ikan Lele

  1. Tips Sukses Kegiatan ternak Ikan Lele pertama adalah buatlah jadwal kegiatan budidaya ikan lele, kegiatan memelihara lele dan kegiatan merawat lele tidak perlu yang complicated.Yang penting dengan jadwal kegiatan budidaya ikan lele anda akan memiliki “seseorang” yang selalu mengingatkan apa dan kapan kegiatan budidaya harus dilakukan.
  2. Tips Sukses Kegiatan ternak Ikan Lele kedua adalah Bergabunglah dengan group dan kegiatan kelompok peternak lele baik yang ada di lingkungan anda ataupun di berbagai sosial media.
  3. Tips Sukses Kegiatan ternak Ikan Lele ketiga adalah Saat bergabung dengan kegiatan kelompok ternak aktif berpartisipasilah dan bertanya, sikap nyimak dan diam terkadang kurang mendukung suksesnya kegiatan budidaya ikan lele.
  4. Tips sukses kegiatan ternak ikan lele keempat yaitu kunci sukses kegiatan pemeliharaan ternak, dan kegiatan peternakan, khususnya kegiatan peternakan lele adalah KONSISTENSI

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This