Apa itu Budidaya Belatung tanpa Bau?

Inilah salah satu keunggulan bibit unggul maggot BSF tanpa bau, yaitu bebas bau baik bau kotoran sampah, maupun bau kotoran hewan. Bau tak sedap pada larva menunjukkan perawatan bibit yang tidak maksimal seperti pakan yang kurang bagus kualitasnya.

Bila anda ingin memulai usaha budidaya maggot BSF tanpa bau ada 2 pilihan yang dapat anda tempuh di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa memulainya dengan membeli magot BSF
  2. Anda bisa memulainya dengan mencari sendiri dari alam

Nah jika anda akan memulai untuk budidaya lalat BSF dengan membeli magot BSF maka saya sarankan anda membelinya dari pembudidaya lalat tentara hitam atau BSF yang sudah ahli dan terpercaya. Kemudian sebelumnya anda sebaiknya pelajari terlebih dahulu siklus hidup lalat BSF dan pelajari cara budidayanya, agar di kemudian hari Anda tidak menyesal, karena harga magot BSF lumayan mahal.

Dan jika anda memulainya akan bertahap dan mencari sendiri dari alam, anda sebaiknya mencari di tempat yang dekat dengan pembuangan sampah organik atau di dekat kotoran ayam, karena biasanya lalat tentara hitam akan bertelur di sekitar media tersebut. Atau Anda bisa memancingnya dengan media pengikat lalat bsf tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan.

Cara Membuat Media Pengikat Lalat BSF

Untuk membuat media pengikat bsf sangat mudah karena ini sama dengan cara pembuatan EM4 tetapi untuk pengikat BSF tidak perlu teratur dalam timbangan media dan waktunya, pokonya jika media sudah tercium aroma tape berarti media tersebut sudah jadi dan bisa di gunakan untuk memikat lalat BSF supaya bertelor di sekitar media yang Anda buat.

Bahan-nahan pembuatan media pengikat lalat BSF di antaranya :

  1. Bekatul halus atau kasar
  2. Buah-buahan
  3. Sayuran
  4. Gula merah
  5. Air beras

Cara pembuatan :

Cincang atau blender buah-buahan dan sayuran kemudian kalau sudah di blender campurkan dengan bekatul gula, dan air beras.

Catatan: ukuran secukupnya saja yang penting media semuanya ada, dan setelah di aduk rata maka masukan kedalam wadah yang tertutup dan simpan di tempat yang teduh, tunggu beberapa hari sampai aroma nya menjadi bau tape, setelah tercium bau tape maka bahan sudah siap kita gunakan sebagai pengikat lalat BSF. jika Anda kurang jelas tonton videonya di channel di atas tadi dan subscribe agar Anda di beri tahu jika ada video yang baru tentang budidaya lalat BSF.

 

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This