Apa itu Budidaya Belatung Pakan Lele

Cara budidaya belatung/ maggot bsf yang tepat hingga memperoleh harga jual maggot dibahas tuntas mulai dari persiapan kandang BSF, sampai dengan panen maggot otomatis ribuan telur, dan dipakai sebagai maggot pakan lele, karena maggot merupakan pakan lele hemat dan hemat biaya pakan lele anda.

Banyak cara belajar budidaya magot BSF, yang paling umum adalah belajar sendiri atau otodidak dan cara lainnya dengan mengikuti pelatihan budidaya.

Anda juga dapat belajar dengan cara masuk komunitas atau grup tertentu yang berkaitan dengan maggot BSF. Semua cara memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal memilih satu satu yang menurut anda dapat mendukung dan menunjang keinginan anda kedepannya.

Pada intinya maksud dari budidaya belatung/ maggot BSF pakan lele adalah, untuk memenuhi keperlun nutrisi dan gizi yang ikan lele anda butuhkan. Agar pertumbuhan lele mencapai ukuran yang maksimal dengan kualitas super.

Cara Budidaya Belatung/ Maggot BSF

Bagaimana cara budidaya belatung/ maggot BSF anda dapat sukses dan terus berkembang? Semua itu tergantung dari cara anda dalam memilih panduan budidaya maggot yang bagus.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam cara budidaya belatung, bisnis maggot BSf anda ingin sukses adalah dalam pemilihan bibit dan menternakan bibit. Banyak para pembudidaya melewatkan hal tersebut karena dianggap biasa-biasa saja. Untuk mengetahui ciri-ciri bibit maggot BSF yang bagus adalah sebagai berikut:

1. Ukuran Sama

Kalau anda masih pemula, lebih baik pastikan ukuran bibit maggot seragam.

2. Ketahanan Suhu Bagus

Cuaca yang berubah ubah juga akan mempengaruhi panen larva maggot. Khusus untuk bibit unggul BSF, hal ini tidak akan terjadi.

3. Bibit Cepat Menetas

Walaupun dikenal sebagai bibit unggul, namun cepatnya menetas ditentukan oleh saat pemberian pakan saat fase larva.

4. Memiliki Berat Ideal

Bobot maggot BSF berkisar antara 20 hingga 25 gram per 100 ekor. Anda bisa mencoba menimbangnya dengan menggunakan timbangan digital yang terbukti lebih akurat dibandingkan timbangan besi.

5. Tidak Mudah Mati

Daya tahan hidup bibit unggul ini bagus.

6. Bebas Bau

Inilah salah satu keunggulan bibit unggul BSF yaitu bebas bau baik bau kotoran sampah, maupun bau kotoran hewan. Bau tak sedap pada larva menunjukkan perawatan bibit yang tidak maksimal seperti pakan yang kurang bagus kualitasnya.

7. Tahan Hama dan penyakit

Daya tahan hidup bibit unggul ini bagus.

8. Hasil Panen Tinggi

Hasil Panen dapat diukur dengan berapa banyak bibit yang menetas. Diantara faktor yang menentukan banyaknya bibit yang menetas adalah induk BSF yang sehat dan unggul.

Maggot Pakan Lele

Maggot BSF dapat diberikan kepada ikan lele sacara langsung maupung tidak langsung. Secara langsung anda dapat memberikan larva maggot kepada lele. Sementara secra tidak langsung anda dapat mengolah maggot menjadi pakan tambahan atau alternatif. Maggot juga digunakan sebagai pakan lele karena harganya yang relatif murah dan terjangkau.

Efek Maggot Pada Lele

Dampak yang akan terlihat secara langsung pada ikan lele anda adalah, dari bentuk dan ukurannya. Ikan lele yang diberikan pakan maggot, bentuk dan ukurannya lebih besar, lebih gesit, dan lebih sehat.

 

 

 

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This