Apa itu Membuat Sendiri Pakan Lele Umur 5-7 Hari?

Bagi anda seorang pembudidaya ikan lele, pakan tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan ikan lele anda. Pemberian pakan harus diperhatikan mulai dari ikan lele masih berukuran larva. Memang untuk umur larva lele 5-7 hari tidak perlu di beri pakan karena sudah ada pakan alami berupa mikro organisme yang telah kita buat dalam kolam. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat pakan alami tersebut akan habis, sehingga anda perlu memberikannya lagi. Cara buat pakan lele sendiri di rumah yang dapat dengan mudah anda aplikasikan, dan pakan tersebut berupa larva bsf, cacing tanah, dan kutu air. Dibawah ini akan dibahas mengenai budidaya lalat tentara hitam/maggot BSF untuk pakan lele, budidaya cacing tanah untuk pakan lele, dan budidaya kutu air.

pakan lele 5-7 hari

benih lele

Maggot BSF Pakan Lele

Maggot BSF/ maggot lalat tentara hitam memiliki nama ilmiah hertemia illucens merupakan salah satu jenis lalat yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang banyak terdapat sampah-sampah organik yang berasal dari banyak jenis sayuran yang dibuang oleh para pedagang atau petani, karena tidak memenuhi syarat kualitas untuk penjualan.

maggot BSF pakan lele

bsf

Maggot BSF sangat mudah untuk dibudidayakan karena siklus hidupnya yang terus berputar tidak terputus. Dengan alat dan bahan sederhana, biaya rendah, dan tidak banyak memakan tempat, anda sudah dapat membudidayak maggot bsf untuk pakan ternak anda. Berikut ini adalah cara budidaya maggot lalat tentara hitam dengan mudah.

Cara Mendapatkan Telur BSF

Anda dapat mendapatkan telur BSF dengan cara membuat campuran bahan dari limbah sayuran atau buah yg di cacah kasar. Jangan sampai sayur dan buah tadi tercampur dengan sisa makanan atau kotoran hewan apapun karena bida mengundang lalat hijau atau lalat rumah bertelor di situ. Oleh karena itu anda harus mencuci limbah sayuran dan buahnya terlebih dahulu.

Kemudian campuran bahan tadi di taruh dalam tong yang tidak terkena sinar matahari langsung. Dalam jangka waktu 7-10 hari biasanya maggot bsf sudah ada di media yg kita buat tadi. Bila sudah seperti ini kita bisa menambahkan pakan ayam atau sisa makanan agar supaya maggot bsf bida sehat dan terpenuhi nutrisinya sehingga ketika nanti menjadi lalat  bisa hidup lama, kawin, dan menghasilkan ribuan telur.

Langkah selanjutnya kita membuat kandang untuk budidaya kandang ini bisa terbuat dari jaring paranet atau kawat nyamuk. Atap nya juga harus terbuat dari bahan transparan agar sinar matahari masuk. Untuk ukuran kandang tergantung luas lahan yg ada kita sesuaikan saja. Kandang bsf ini harus terkena sinar matahari minimal 2/3 jam akan lebih bagus sinar mata hari pagi, karena pentingnya sinar matahari ini untuk bsf.

Perawatan Lalat BSF

Lalat bsf tidak makan selama hidupnya hanya minum saja jadi kita bisa menambahkan gula untuk energi bsf, biasanya bsf akan kawin dengan lama 2-3 hari kemudian bertelur setelah bertelur bsf akan mati di hari berikut nya.

Media penetasan telur BSF terbuat dari pakan ikan yang di siram dengan air panas tujuannya supaya matang dan dapat bertahan 3 hari tidak berjamur, buat adonan pelet ikan ini jangan tetlalu encer buat sedang-sedang saja taruh adonan tadi di wadah setelah dingin baru telur bsf tadi letakan di atasnya

Bila telur yang di kardus bisa di taruh langsung sedangkan yang di kerok bisa ditaruh di tutup botol air minetal dulu krmudian baru di taruh di media penetasan tadi.tutup wadah dengan kain kemudian di ikat karet atau tali, telor bsf akan menetas dalam waktu 3 hari.

Setelah berumur satu minggu bida di pindahkan ke media pembesaran yaitu seperti tertulis di atas dari buah sayur dan lain sebagainya. Maggot ini bisa di panen pafa umur betapa saja tergantung kebutuhan. Bila anda mau dijadikan indukan biarkan sampai menghitam dan pergi/migrasi dari media tadi kita kumpulkan dan ditaruh kandang pembibitan untuk selanjutnya bertelur kembali.

Pemberian Pakan Lele Dengan Maggot BSF

Untuk pemberian pakan ikan lele usia 5-7 hari dengan larva maggot BSF, anda dapat mengambil 1kg larva maggot BSF kemudian mencacah atau menghancurkannya dengan cara di blender. Anda juga dapat menambahkan larutan prebiotik perikanan ke dalam larva maggot yang telah hancur. Setelah dihancurkan anda dapat memberikannya pada lele anda yang masih berusia 5-7 hari.

Cacing Tanah Pakan Lele

Cacing tanah merupakan jenis hewan yang hidup didalam tanah, dengan tubuh berwarna merah dan memanjang. Cacing tanah hanya memakan makanan organik dalam tanah baik yang hidup maupun yang mati. Saat ini cacing tanah sudah mulai banyak dibudidayakan karena potensi yang dimilikinya.

cacing tanah pakan lele

cacing tanah

Cacing tanah yang berasal dari famili Lumbricidae dan Megascolicidae dan berasal dari genus Perionyx, Diplocardi, Lidrillus, Lumbricus, Eiseinia, dan Pheretima saat ini banyak dikembangkan oleh manusia. Sedangkan, kelompok cacing tanah yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas saat ini adalah jenis Lumbricus Pheretima, dan Periony . Ke-3 jenis cacing tanah yang dibudidayakan oleh para peternak tersebut sangat menyukai bahan organik.

Berikut ini adalah cara budidaya cacing tanah untuk pakan lele.

Persiapan Fasilitas serta Peralatan

Kandang dapat di buat dari beberapa bahan murah serta gampang didapat semacam papan sisa, bambu, ijuk, rumbia dan genteng tanah liat. Untuk kandang permanen peternakan taraf besar misalnya memiliki ukuran 2x18m serta tinggi 0.5m. Didalamnya dibuat wadah-wadah tempat pemeliharaan semacam rak-rak bertingkat, serta kandang bisa terbuka tanpa ada dinding
Jenis-model system budidaya yang dapat diaplikasikan diantaranya : kotak bertumpuk, rack berbaki, pancing berjajar serta pancing bertingkat.

Pembibitan

Persiapan untuk budidaya cacing tanah adalah:

  • Meramu media tumbuh
  • Menyediakan bibit unggul
  • mempersiapkan kandang cacing dan kandang pelindung

Pemilihan bibit:

Carilah bibit yang berasal dari alam atau anda dapat mendapatkannya dibawah kandang ternak yang masih beralaskan tanah.

Pemeliharaan bibit:

  • Wadah berukuran panjang 2.5 m dengan 1 m, dan tinggi 0.5 m, maka dapat menampung cacing tanah sekitar 10.000 ekor.
  • Pemisahan cacing yang berukuran kecil dan besar/ cacing muda dan dewasa
  • Pemeliharaan telur sampai menjadi anakan cacing, setelah dewasa segera pisahkan ke tempat lain.
  • Pisahkan cacing dewasa untuk pembibitan

Pemberian Pakan Lele Dengan Cacing Tanah

Anda dapat memberikan lansung cacing tanah yang masih berumur 0-5 hari, bila ukuran cacing tanahnya terlalu besar untuk larva lele, anda dapat menghancurkannya dengan cara di blender. Berikan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Kutu Air Pakan Lele

kutu air pakan larva lele

kutu air

Kutu air merupakan hewan kecil penghuni air dan termasuk zooplankton. Ukuran tubuhnya sangat kecil mencapai 0.2-6 mm. Kutu air dibudidayakan untuk menyediakan pakan alami lele ketika masih berukuran larva. cara membudidayakannya pun cukup mudah. Berikut ini adalah cara budidaya kutu air.

Alat dan bahan:

  • ragi roti
  • daun kol/ kentang
  • wadah/ aquarium
  • aerator

Cara pembuatan:

  • masukan ragi roti (fermipan) seperempat sendok teh ke dalam air
  • aduk sampai larut
  • campurkan daun kol/kentang yang sudah di hancurkan (Jangan terlalu banyak)
  • biarkan selama 3 hari agar mikroba/protozoa berkembang biak
  • gunakan aerator agar kadar oksigen dalam air tetap terjaga
  • setelah 3 hari dapat di masukan bibit kutu air

Keuntungan menggunakan ragi sebagai pakan yaitu mudah diperoleh dan tidak merepotkan saat mempersiapkannya untuk kultur.

Pemberian Pakan Lele Dengan Kutu Air

Wadah yang telah berisi kutu air dapat langsung anda tuangkan ke dalam kolam larva lele, pemberian pakan kutu air ini disesuaikan dengan kebutuhan pakan larva. Jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.

Itulah ke tiga jenis hewan yang dapat digunakan  untuk pakan lele usia 5-7 hari. Semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This