Ayam Tiren sebagai Pakan Alternatif Lele

Cara mengolah ayam tiren – Pakan alternatif lele ayam tiren perlu dipelajari betul cara mengolah ayam tiren. Ayam tiren untuk lele bertujuan untuk mengurangi beban biaya pakan ternak lele. Pakan lele ayam tiren merupakan pakan aternatif lele karena dapat membantu mempercepat perkembangan ternak ikan. Jika disekitar lokasi budidaya ikan lele Anda banyak yang beternak ayam tiren pakan lele menjadi solusi meringankan biaya pakan ternak.

Mahalnya Pelet Pabrik

Selamat Pagi, Kali ini kita akan kupas tuntas cara memanfaatkan ayam tiren sebagai pakan alternatif untuk Lele, Harga pelet pabrik sering kali naik tidak terkendali

Hal ini tentu saja menjadi masalah besar untuk peternak lele yang menggunakan pelet sebagai pakan utama. Sementara harga jual lele cenderung normal dan kadang turun, Hal ini menyebabkan kerugian dan banyak peternak lele yang gulung tikar.

Jika masalah kenaikan harga pelet menjadi penyebab kerugian dan banyak yang gulung tikar, sudah selayaknya sebagai peternak lele mencari solusi dengan memanfaatkan sumber bahan baku selain pelet pabrik sebagai pakan alternatif lele,

Misalnya:

  • Ayam tiren,
  • Usus,
  • Roti bs,
  • Sosis bs
  • Dll

pakan-alternatif lele

Efek Samping

Namun solusi pakan alternatif tersebut kadang menjadi bumerang, mengapa? karena seringkali tanpa disadari saat menggunakan pakan alternatif peternak kurang memperhitungkan kandungan nutrisi dan protein dari pakan alternatif yang di gunakan.

Peternak lele dalam keadaan panik karena harga pelet terus naik, kecenderungan mengambil sikap lebih mementingkan hanya untuk menekan biaya produksi, tanpa memikirkan efek samping nya, seperti:

  • Air menjadi cepat bau,
  • Pertumbuhan lele yang tidak merata
  • Timbulnya berbagai macam penyakit
  • Panen menjadi lebih lama dari waktu yang di harapkan
  • Tingkat kematian lele menjadi tinggi
  • Dan lain-lain.

Perhatikan Kandungan Gizi

Dalam menggunakan pakan alernatif, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh peternak lele, agar keuntungan sesuai yang diharapkan. Peternak lele sebaiknya memperhatikan nutrisi dan kandungan protein bahan baku dari pakan alternatif yang akan di pakai, misal yang dipilih adalah ayam tiren.  Setiap 100 gram daging ayam SEGAR mengandung 22% protein, Cara mengolah ayam tiren yang tepat akan menghasilkan sekitar 15% protein.

Berikut cara mengolah ayam tiren menjadi pakan alternatif ternak lele:

  • Ayam yang mati dapat kita berikan untuk lele dengan cara direbus dan kemudian dibersihkan bulu-bulunyaHal ini bertujuan agar menghindari terjangkitnya penyakit karena bakteri dan kuman jahat akan mati jika direbus.Sedangkan membersihkan bulu-bulu, membuang isi jeroan ayam tiren, tujuannya untuk menjaga kebersihan kolam lele
  • Simpan dalam wadah tertutup, misalnya cooler yang sudah ada es batunya.Dengan cara ini ayam tiren yang sudah bersih bisa tahan sampai tujuh hari.Es batunya harus diganti setiap satu sampai dua hari sekali.Peternak juga dapat memanfaatkan jeroan ayam tiren namun harus terlebih dahulu di bersihkan agar tidak cepat busuk lalu digiling dan bisa langsung dikasih ke lele.

pakan-alternatif lele

Saat memilih ayam tiren sebagai pakan alternatif:

  1. Pilihlah ayam tiren yang mati karena cuaca yang sedang ekstrim, bukan karena penyakit apalagi karena penyakit FLU BURUNG
  2. Jangan terlalu lama disimpan karena menyebabkan bau menyengat dan meresahkan lingkungan atau tetangga sekitar.
  3. Persiapkan wadah yang cukup memadai terutama jika tiba-tiba ada kiriman ayam tiren dalam jumlah yang cukup banyak
  4. Setelah ayam tiren tersebut sudah bersih dan siap diberikan untuk pakan lele, ikatlah dengan tali dari kedua kaki ayam tersebut, lalu celupkan kedalam kolam lele
  5. Pemakaian tali berguna agar setelah beberapa jam daging ayam tiren sisa pakan berupa tulang belulang dapat dengan mudah ditarik dan dan buang.
  6. Yang lebih penting lagi adalah teman-teman sebaiknya tahu persis berapa nilai kandungan protein ayam tiren saat dijadikan pakan alternatif, hal ini sangat diperlukan untuk memastikan pertumbuhan lele dan panen sesuai yang di harapkan.

pakan-alternatif lele

Magot BSF Pakan Alternatif Tinggi Protein

Pakan alternatif lele selain ayam tiren, ada juga magot. magot adalah anak lalat. Nama lain dari magot adalah belatung, larva, maggot, buggs. Kandungan gizi magot untuk ternak ikan dan unggas sangat memadai dan untuk memproduksi magot sangat mudah tidak memerlukan teknologi tinggi.

Magot dibudidayakan dengan menggunakan sampah pasar, kohe ternak atau limbah pabrik. Gunakan bahan organik apa saja yang banyak tersedia disekitar kita. Prinsipnya jangan sampai membeli agar biaya produksi maggot BSF nya murah. Berikut panduan memproduksi magot dari awal hingga pemasaran maggot

Dan yang perlu diketahui adalah jenis  lalat yang di budidayakan adalah lalat bsf (black soldier fly) bukan lalat hijau atau lalat rumah.

pakan-alternatif lele

Kualitas Pakan

Untuk menghitung jumlah protein yang terkandung di dalam pakan alternatif di perlukan perhitungan formula yang pasti. Sehingga kualitas pakan lele yang diberikan selalu terjamin mutu dan kualitasnya, dan panenpun tiba sesuai yang diharapkan kinring kinring kincring.

Sudahkan teman-teman tahu bagaimana cara membuat pakan alternatif dengan kandungan protein 40% dan biaya hanya Rp3.100,- per kg?

Jika belum hubungi
Yurie BSF
di 0812 – 2105 – 2808

Terimakasih

Salam Hemat dan BERSIHLAH INDONESIAKU

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This