Ayam Broiler – Jenis Ayam Boiler Kualitas Terbaik

Keunggulan ayam broiler sangat banyak. Ayam ras pedaging atau lebih dikenal dengan ayam broiler, budidaya ayam boiler dengan jenis ayam ras unggulan memperoleh hasil lebih baik. Karena budidaya ayam boiler jenis ini hasil persilangan dengan ayam yang mempunyai daya produktivitas tinggi. khususnya dalam menghasilkan daging ayam. Dan keunggulan ayam broiler yang terbaik adalah konversi pakannya yang sangat kecil.

Ayam pedaging ini berasal dari hasil perkawinan silang dan sistem yang berkelanjutan, sehingga genetiknya cukuplah bermutu dan baik. Mutu genetik yang baik ini dapat timbul dengan sendirinya. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan ayam broiler terbaik di bandingkan ayam lainnya.

Jika ayam tersebut dipelihara dalam lingkungan yang mendukung, misalnya sistem perkandangan yang bagus, pakan yang berkualitas baik, adanya pencegahan penyakit serta perawatan kesehatan.

Perkembangan Bisnis Ayam Pedaging

Ayam pedaging memang berkembang sangat pesat, bahkan sudah bisa dipanen hanya dalam waktu 35 sampai 40 hari. Dengan perkembangan yang pesat ini maka tidak mengherankan jika ayam pedaging ini, mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat terhadap daging ayam.

Ayam broiler ini mempunyai daging yang cukup ampuh, namun jika dalam proses merebusnya terlalu lama maka dapat membuat daging ayamnya menjadi mudah hancur.

ayam-broler

Budidaya Ayam Broiler Di Indonesia

Ayam ras pedaging pertama sekali di budidayakan di Indonesia pada tahun 1950-an, baru populer di awal tahun 1980-an. Munculnya ayam pedaging ini untuk mengatasi permasalahan kebutuhan daging ayam di Indonesia.

Sebelum adanya ayam pedaging ini, kebutuhan daging ayam dipenuhi oleh ayam kuras atau ayam kampung. Akan tetapi, budidaya ayam buras ini tidak bisa mencukupi permintaan pasar daging ayam.

Hal ini dikarenakan produksi ayam buras relatif lama dan bahkan baru dapat dipanen saat ayamnya sudah berumur 8 bulan. Bagaimanapun pertumbuhan yang relatif lambat inilah, yang membuat budidaya ayam kampung tidak bisa memenuhi permintaan daging ayam di Indonesia.

Namun, banyak konsumen yang belum dapat menerima rasa dan tekstur ayam pedaging ini. Oleh karena itu, pada tahun 1982 pemerintah sangat gencar mempromosikan budidaya ayam broiler. Guna membantu masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan daging ayam, dan juga memenuhi kebutuhan protein masyarakat di Indonesia.

Jenis Ayam Broiler Di Indonesia

Kini, ada banyak sekali jenis strain ayam broiler seperti ISA, hyline, vdett, missouri, goto, hubbard, pilch, tatum, hybro, brahma, ross, langshans, euribrid, bromo, sussex serta lainnya. Dengan banyaknya jenis strain ayam pedaging ini, apakah Anda mengetahui jenis strain ayam pedaging yang paling baik dibudidayakan di tanah air atau Indonesia?

Jika Anda tidak mengetahui, maka Anda patut mengetahui beberapa jenis strain ayam ras pedaging yang paling baik dan banyak dibudidayakan di Indonesia.

Jenis Strain Ayam Pedaging

Jenis strain ayam pedaging pertama yang baik dibudidayakan di Indonesia ialah Cobb. Strain cobb ini sangat populer di banyak negara dan bahkan lebih dari 60 negara juga ikut mengembangkan strain cobb.

Strain cobb lebih dibudidaya di Indonesia umumnya dikembangkan untuk memperbaiki hasil rasio food conversion rasio (pemberian pakannya). Strain cobb dikembangkan agar dapat membantu pembentukan daging di dada ayam tersebut.

Jenis strain ayam pedaging ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang mempunyai iklim tropis. Setelahnya ada jenis strain ross yang dikembangkan agar mempunyai Food Convertion Ratio atau FCR yang sangat efisien, dengan pertumbuhan ayamnya yang cepat serta daya tahan tubuh yang baik.

Pengembangan genetik agar ayam boiler untuk memiliki kaki yang lebih kuat lebih banyak pada jenis strain ross, tentu saja agar dapat lebih kuat sebagai penopang badan ayam yang berukuran besar.

Sementara itu, jenis strain ayam broiler terakhir yang baik dibudidayakan di Indonesia ialah hybro. Strain hybro mempunyai fokus pengembangan pada daya tahan hidupnya.

Jenis Strain Terbaik

Strain hybro mempunyai performa yang bisa dikatakan cukup baik untuk daerah tropis karena mempunyai ketahanan pada jenis penyakit ascites. Jenis strain hybro ini lebih fokus pada pengembangan genetik di hasil karkasnya.

ayam-broler

Keunggulan Ayam Broiler

Ada banyak sekali keunggulan ayam broiler. Jika Anda penasaran berikut akan diulas beberapa keunggulan ayam broiler yang wajib untuk Anda ketahui:

  • Keunggulan ayam broiler pertumbuhan ayamnya yang sangat cepat, juga dengan bobot badan yang tinggi hanya dalam waktu yang relatif singkat
  • Keunggulan ayam broiler lainnya daging ayam mempunyai kualitas yang berserat lunak
  • Harga daging ayamnya yang relatif murah, dan juga terjangkau untuk konsumen asal Indonesia
  • Kecepatan produksi daging dalam waktu yang cepat, dan singkat yakni sekitar 4 sampai 5 minggu

Keunggulan ayam broiler ayamnya bisa di potong di usia yang masih muda, dan yang menguntungkan keunggulan ayam broiler konversi pakannya yang sangat kecil

Tips Memilih Daging Ayam Broiler Berkualitas

Tidak ada orang yang ingin mengkonsumsi daging ayam yang berformalin ataupun daging ayam tiren. Karena dapat menyebabkan kesehatan tubuh menjadi terganggu atau bahkan dampak yang paling serius, menjadi pemicu sel kanker muncul di dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari daging ayam yang berformalin ataupun daging ayam tiren, maka sebaiknya Anda menyimak tips memilih daging ayam broiler berkualitas berikut ini:

ayam-broler

Membeli Daging Ayam Di Peternakan Langsung

Tips Pertama

Yang harus Anda lakukan, adalah memastikan jika daging ayam broiler berkualitas baik ialah dengan membeli ayam pedagingnya di peternakannya langsung. Di peternakan ayam dapat dipastikan jika semua ayam masih dalam kondisi hidup dan tentunya masih segar.

Andaikata Anda ingin membeli ayam pedaging dalam partai yang lebih besar maka disarankan agar Anda secara langsung untuk berkunjung ke peternakan ayamnya.

Melihat Warna Daging Ayam

Untuk mengetahui daging ayam yang masih segar dan berkualitas baik, sebenarnya cukup mudah, yakni dengan melihat warna kulit daging ayam tersebut.Ayam yang berkualitas baik dan segar mempunyai warna kulit putih cerah dan juga sedikit kekuningan.

Saat membeli daging ayam, sebaiknya hindari membeli daging ayam yang berwarna biru sebab daging ayam tersebut sudah tidak segar lagi.

Memastikan Serat Dagingnya Masih Kenyal

Saat Anda membeli daging ayam, sebaiknya Anda menekan dagingnya terlebih dahulu. Jikalau ayam tersebut masih segar dagingnya maka saat Anda menekan dagingnya akan terasa masih segar.

Hal ini sangat berbeda jika Anda membeli daging ayam suntikan ataupun daging ayam glonggongan, karena saat Anda menyentuh daging ayam tersebut akan sangat mudah hancur atau bahkan menjadi rusak.

Perlu Anda ketahui, daging ayam yang masih dalam kondisi baik akan terlihat cukup lembab dan juga tidak lengket. Sementara daging ayam yang berformalin, mempunyai tekstur yang keras serta cukup sulit untuk dihancurkan.

Tidak Mengeluarkan Bau Yang Menyengat

Tips terakhir memilih daging ayam yang berkualitas, ialah memilih daging ayam yang tidak mempunyai bau yang menyengat.Umumnya jika ayam tiren pasti akan mempunyai bau yang cukup menyengat, seperti bau busuk yang disertakan dengan bau amis.

Namun sebaliknya, jika daging ayam yang masih segar memang mempunyai bau yang amin, akan tetapi tidak disertakan dengan bau busuk.Sementara itu,

Jika daging ayamnya sudah diberikan formalin maka Anda tidak akan mencium bau apapun di daging tersebut. Jika di pasar tradisional, daging yang berformalin akan dikelilingi oleh lalat, hal ini tentunya saja berbeda dengan daging ayam broiler yang masih segar.

Baca Juga

Yurie

Pin It on Pinterest

Share This