Sebelum belajar kita doa dulu ya…”Bismillaahirrohmaanirrohiim” “Robbizidnii ilmaawwarzuqniifahman” 
“Ya Allah, Tambahkan kepadaku ilmu dan Berilah aku pengertian yang baik”  
Aamiin

 
 
 
 

Belatung BSF

Belatung di tahun 2017 merupakan tahun yang penuh dengan berkah dan peluang. Belatung bagi sebagian orang memang menjijikan, tetapi tidak jika dimanfaatkan sebagai pakan unggas, ikan, dan reptil.

Manfaat Belatung

Manfaat belatung, larva atu maggot bsf, masih sangat banyak, dibeberapa negara belatung bahkan dikonsummsi oleh manusia. Dijadikan alat untuk mengidentifikasikan pembunuhan, Digunakan oleh doketr untuk mengobati penyakit dan dijadikan andalan dalam dunia agro protein.

Sampah Menggunung Dimana Mana

Kemampuan belatung merubah tumpukan sampah menjadi pakan ternak sudah teruji dan dashyat. Kebiasaan membuang sampah dapur tong sampah adalah baik dan kebiasaan tersebut layak di lanjutkan, tetapi jaman sudah berubah, bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan volume sampah terus bertambah.

Akibatnya membuang sampah di tong sampah kini harus lebih di tingkatkan lagi, Pasalnya sampah ditong sampah tersebut tidak di ambil setiap hari lagi oleh tukang sampah keliling. sampah sering dibiarkan selama berhari hari karena menunggu jadwal pengambilan tukang sampah keliling. Bersyukur kehadiran belatung bsf bisa menjadi solusi masalah sampah.

Solusi Pakan Ternak

Memanfaatkan belatung Sebagai solusi pakan ternak. Belatung adalah “anak” dari lalat. Terdapat lebih dari 400 jenis lalat di dunia ini. Dan yang akan kita bahas adalah lalat dari jenis lalat hitam atau black soldier fly. Bukan dari lalat hijau yang membawa wabah penyakit.

BSF ada diman mana. Namun jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan bsf. Anda tidak perlu bingung. Karena sekarang sudah ada peternak yang menjual bibit bsf. Bibit bsf bisa anda dapatkan dengan mudah. Tinggal telpon, pesan dan bibit bsf pun dikirim. Yang terpenting, Bibit bsf yang anda beli harus berkualitas unggul. Lebih detail tentang 8 ciri bibit unggul .

Bibit unggul akan menghasilkan belatung dalam jumlah banyak. Bibit bsf unggul menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha budidaya bsf.

Belatung BSF

Black soldier fly / Lalat Tentara Hitam atau bahasa latinnya Hermetia_illucens terkenal sebagai serangga yang baik. Terkenal baik karena tidak membawa gen penyakit.

Belatung bsf hidup lebih lama di tempat sampah, artinya akan lebih banyak menghabiskan sampah. Dan kemampuan mengkonversi sampah dalam sehari sebanyak dua kali lipat dari berat bobot badannya.Jika kita punya 10kg saja, maka dalam satu bulan akan menghabiskan 10 kg x 30 hari = 300kg sampah ludes di makan belatung bsf.

 

Belatung BSF Solusi Sampah

Sebagian orang melihat belatung menjadi solusi masalah dan peluang besar. Jika dulu orang tidak peduli, dan menyerahkan tanggung jawab penyelesaian masalah sampah ke pemerintah, sekarang tidak lagi.

Masyarkat sudah banyak yang tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi membantu menyelesaikan masalah sampah dengan belatung, Banyak juga program positif yang sudah berjalan baik yang di buat secara terorganisir ataupun secara individu.

Agen Konversi Sampah

Belatung BSF dalam satu hari bisa menghabiskan sampah dua kali lipat dari bobot badannya, Katakanlah Anda saat ini punya satu kilogram artinya bisa menghabiskan dua kg sampah setiap harinya atau 60 kg sampah tiap bulannya!!! WOW ini senjata super canggih yang bisa Anda gunakan untuk di jadikan sumber penghasilan tambahan.

Belatung bsf Canggih

Bagaimana jika Anda memiliki seratus kg? Maka sampah sebanyak 200 kilogram akan ludes di makan setiap hari atau 6.000 kg per bulannya. (Ini sangat luar biasa..dibandingkan cara lama menggunakan bakteri atau secara alami…satu kg sampah tidak akan habis di makan bakteri selama satu bulan.

Potensi Belatung

Sudah Melihat Peluang Bisnisnya? Belum? Ok..Saya akan coba Jelaskan Lebih detail lagi.

Di kampung saya, dalam satu kelurahan ada 10 RW, dan satu RW membayar retribusi sampah ke pengangkut sampah sebesar Rp15.000.000 per bulandengan tonase sebesar kurang dari 1/2 ton sampah perharinya.

Jadi dalam satu kelurahan jika di total 10 RW dan masing masing membayar Rp15.000.000 total potensi pendapatan Anda adalah Rp150.000.000 (seratus lima puluh juta) dan itu skala kelurahan. Bagaimana jika Anda serius dan dipercaya mengelola sampah di lingkungan Anda oleh bapak / ibu camat?? Silahkan hitung sendiri hehehehe

Mudah Di Budidayakan

Untuk memperbanyak belatung atau maggot bsf sebagai pakan alternatif pakan ternak lele terbilang sangat mudah, Anda bisa menggunakan berbagai bahan media yang mudah di jumpai disekitar rumah anda, seperti: ampas tahu, dedak, bekatul, bungkil sawit, kotoran ayam, kotoran burung puyuh, sampah dapur, sampah pasar baik buah dan sayuran, kotoran sapi, kotoran ternak, ampas kelapa, Triple M (Magic Media Maggot)

Media Belatung 

Semua media organik dapat di gunakan sebagai media untuk memperbanyak maggot, Pilihlah media yang murah, mudah didapat, tersedia dalam jumlah banyak, tersedia setiap saat, dan hasil yang maximal baik secara kuantitas maupun kualitas maggot.

Aplikasi pemberian maggot bsf untuk ternak lele khusnya adalah disesuaikan dengan bukaan mulut ikan, atau yang umum yang sudah menjadi prepupa, sedangkan yang sudah menjadi pupa atau kepompong kurang baik dijadikan pakan karena kulit pupa agak keras.

Belatung dapat di budidayakan oleh siapa saja, karena sangat mudah dan hanya memerlukan modal yang sedikit.

Ragam Aplikasi Belatung BSF

Sebagai Pakan Budidaya Ikan Lele
Sebagai Pakan Ternak Ayam
sebagai Agen Biokonversi Sampah
Sebagai Pakan Bearded Dragon
Sebagai Pakan Leopard Gecko
Belatung Jenis Lalat Black Soldier Fly / Lalat Tentara Hitam

Rencanakan dengan Baik

Menjadi awal yang baik dalam produksi maggot bsf untuk ternak lele dengan merencanakan dan mengantisipasi bau yang keluar dari hasil produksi maggot. Jika produksi maggot yang di lakukan menebarkan bau busuk, bau sampah dan mendatangkan lalat hijau artinya ada yang salah dan harus diperbaiki. Karena ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha itu sendiri dan hanya menunggu waktu di demo oleh warga sekitar karena membahayakan lingkungan, terutama keluarga terdekat di rumah.

Budidaya BSF Tanpa Bau

Rencanakan budidaya bsf tanpa bau sampah. Menjadi awal yang baik dalam produksi maggot bsf untuk ternak lele ataupun ternak yang lainnya.

Dengan merencanakan dan mengantisipasi bau yang keluar dari hasil produksi maggot. Jika produksi maggot yang di lakukan menebarkan bau busuk, bau sampah dan mendatangkan lalat hijau artinya ada yang salah dan harus diperbaiki.

Karena ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan usaha itu sendiri dan hanya menunggu waktu di demo oleh warga sekitar karena membahayakan lingkungan, terutama keluarga terdekat di rumah.

Belatung BSF Solusi Sampah

Sebagian orang melihat belatung menjadi solusi masalah dan peluang besar. Jika dulu orang tidak peduli, dan menyerahkan tanggung jawab penyelesaian masalah sampah ke pemerintah, sekarang tidak lagi.

Masyarkat sudah banyak yang tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi membantu menyelesaikan masalah sampah dengan belatung, Banyak juga program positif yang sudah berjalan baik yang di buat secara terorganisir ataupun secara individu.

Gampang khan…

Tips dan triknya untuk bisa hemat biaya pakan ternak lele hingga 61% adalah jeli memilih media produksi maggot. Hitunglah dengan cermat biaya yang dikeluarkandengan hasil maggot yang didapatkan.

Anda sekarang sudah memiliki banyak maggot, lalu apa langkah selanjutnya? Untuk memastikan ternak lele mendapat supply pakan yang cukup sepanjang tahun, dan jika dalam proses produksi maggot masih harus memungutnya satu persatu, atau menyaring media kemudian disiram air, itu bukan cara yang cerdas. Solusinya adalah dibuatkan wadah yang secara ot0matis menampung hasil panen maggot. Silahkan download panduan “Cara Panen Otomatis Ribuan Maggot Black Soldier Fly (BSF)”

 

Apalagi langkah berikutnya?

Langkah berikutnya anda dapat bergabung di Facebook Group Yurie BSF (Black Soldier Fly) untuk bertemu dengan rekan-rekan petani dan ternak lele yang telah bergabung sebelumnya, saat ini ada sekitar lebih dari 2.700 member dari Indonesia, Malaysia, Singapura, UAE, Amerika, Eropa, Philipina dll. 

Terimakasih,
Salam HEMAT dan BERSIHLAH INDOENSIAKU

Yurie BSF & Decky Andrian
0812 2105 2808

 

7  Langkah Memulai Budidaya BSF
7 Langkah Memulai Budidaya BSF
Panduan Membeli Bibit Unggul BSF
Panduan Membeli Bibit Unggul BSF
Quis Q Suka Q Suka

Quis Q Suka Q Suka

Maggot BSF

Maggot BSF, memiliki banyak manfaat. Dua diantaranya sebagai solusi permasalahan sampah organik & sangat baik dijadikan pakan ternak (ikan,unggas dan reptil)
 
Black Soldier Fly
About Us
Produk
Need Help & Support?
Privacy & Terms

Hubungi Yurie BSF

Sudah belajarnya? Doa lagi sesudah kita belajar ya…

“Bismillaahirrohmaanirrohiim”  
“Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnattibaa’ahu.
Wa arinalbaathila Baa-thilan Warzuqnajtinaabahu”.

“Ya Allah, Tambahkan kepadaku ilmu dan Berilah aku pengertian yang baik”
“Ya, Allah, Tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya.
Dan Tunjukkanlah kepada kami kejelekan Sehingga kami dapat menjauhinya”.

Ya Allah Kabulkanlah doa hamba Aamiin. 
Yurie BSF & Decky Andrian